Marketz.id – Strategi pemasaran di masa pandemi yang akan kita bahas berikut ini cukup menarik. Menghadapi berbagai adaptasi baru terkait dengan inovasi dan kreasi untuk tetap bertahan pada masa ini.
Kita telah menghadapi pandemi hampir dua tahun dan masih bertahan hingga kini. Maka saya ucapkan selamat dan syukur untuk bisa terus berjuang dalam jalan bisnis yang kita rintis sejak awal.
Berbagai aktivitas yang harus mendapatkan aturan dan pembatasan khusus. Dari skala kecil hingga dengan skala besar-besaran cukup memberikan dampak bagi warga seluruh dunia.
Indonesia sendiri sangat terdampak karena berbagai kegiatan pemasaran yang masih menggunakan cara langsung. Hingga pada akhirnya sedikit demi sedikit kita juga mendapatkan dampak positif, dengan berbenah dan menerapkan pola baru. Nah berikut ini akan kami berikan beberapa tips mengenai bisnis.
Strategi Pemasaran di Masa Pandemi Untuk Anda Coba
Menilik dari perkembangan zaman digital yang selama masa pandemi justru semakin kita gunakan, coba mari kita kupas tuntas. Karena pada dasarnya kita sedang berada di masa perpindahan menuju era modernisasi.
Daripada berlarut-larut untuk merasakan kesedihan dari dampak pandemi ini. Bukankah akan lebih baik jika kita mempertimbangkan untuk beberapa dampak positifnya.
Kita menjadi lebih sadar akan kesehatan dan kebersihan lebih daripada sebelumnya. Selain itu ketika menghabiskan waktu lebih banyak dirumah untuk bertemu keluarga akan membangun komunikasi lebih baik.
Bahkan kita juga menjadi lebih produktif untuk terus bangkit dari masalah. Bisnis yang kita jalankan akan menjadi lebih baik jika kita memikirkan solusi bukan justru berlarut-larut. Berikut ini tips jitu untuk Anda para pebisnis yang sedang berjuang.
Memaksimalkan Sosial Media
Strategi pemasaran di masa pandemi yang pertama ini sangat basic namun penting sekali. Karena orang yang terbatas dan semakin luang untuk bermain sosial media yang memiliki banyak jenisnya.
Maka kita sebagai orang yang menawarkan produk atau jasa harus mengikuti tren ini. Caranya ya dengan ikut mengaktifkan sosial media untuk promosi.
Banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan untuk menunjukan produk atau jasa milik kita. Hal ini akan menjadi daya tarik, maka gunakan aplikasi dengan tren yang sedang jadi sorotan.
Dengan cara ini orang akan lebih mudah tertarik dan menjadi ikut mengamati. Tonjolkan berbagai keunggulan dari yang akan kita iklankan tersebut.
Interaksi Dengan Pengguna Lain
Strategi pemasaran di masa pandemi yang selanjutnya ini menarik audiens. Caranya apabila ada pengguna yang memberikan review atau komen kita sebagai admin harus bersikap ramah.
Orang akan lebih nyaman jika kita melakukan hal seperti ini. Selain itu tindakan seperti ini menjadi bukti apabila akun kita bukan palsu dan memiliki profesionalisme yang baik.
Coba adakan interaksi secara rutin, seperti tanya jawab. Bisa juga dengan memberikan giveaway dengan hadiah produk dan memberikan syarat yang menguntungkan namun tidak ribet.
Misalnya dengan merepost ulang postingan lalu tag beberapa teman. Audiens akan semakin meluas dan hal seperti ini akan menguntungkan akun bisnis Anda bukan?
Tingkatkan Kualitas Konten
Strategi pemasaran di masa pandemi yang ini harus Anda coba dengan serius. Karena dengan menyuguhkan konten berkualitas akan membuat toko terlihat lebih profesional.
Misalnya untuk foto berikan detail produk dengan real agar orang lebih percaya. Untuk video buat semenarik mungkin agar orang lebih tertarik untuk menyaksikan secara langsung.
Hingga pada akhirnya mereka membeli untuk membuktikannya. Tidak sedikit orang yang mudah tergiur dengan konten menarik dan mengikuti perkembangan zaman.
Mereka biasanya memiliki prinsip bahwa tidak akan ketinggalan jaman. Maka dengan adanya trending ia harus memilikinya juga. Oleh karena itu manfaatkan peluang yang satu ini untuk mengoptimalkan penjualan.
Inovasi pada Produk
Strategi pemasaran di masa pandemi yang satu ini sebaiknya kita perhatikan. Ketika masa pandemi seperti ini tentu kita lebih membutuhkan berbagai kebutuhan utama daripada sebelumnya.
Maka dari itu kita harus menyediakan produk yang jauh lebih fungsional pada masa seperti ini. Misalnya seperti masker yang jelas kita gunakan sehari-hari dan harus.
Kita harus menambahkan produk ramah pandemi seperti itu untuk mengoptimalkan pemasaran. Jangan hanya mengejar keuntungan saja, kita harus peduli pada sekitar yang terdampak.
Gunakan sedikit kelebihan dan membaginya pada yang membutuhkan. Maka akan membuat lebih berkah dan bermanfaat untuk sesama.
Selain itu kita bisa mempertimbangkan usulan dari pada konsumen yang biasanya akan muncul jadi ide. Mereka akan memberikan ide untuk produk yang sering mereka butuhkan pada pandemi seperti ini.
Digital Marketing
Strategi pemasaran di masa pandemi yang satu ini menjadi yang cukup penting. Pasalnya jika hal seperti ini kita optimalkan akan mendapatkan kestabilan.
Menggunakan berbagai Digital Marketing Campaign Adalah cara terbaik seperti ini maka seperti pada pembahas sejak awal tadi. Memaksimalkan sosial media dan konten berkualitas untuk menarik konsumen. Lebih lengkap nya mengenai Apa itu Digital Marketing? Bisa dilihat dalam artikel marketz.id.
Namun jangan lupa bahwa kita sebenarnya perlu untuk belajar kembali pada yang lebih ahlinya. Coba kiat-kiat yang akan bisa kita praktekkan pada bisnis yang sedang kita rintis.
Berbagai ecommerce atau marketplace bisa kita coba. Karena pembelian secara online kini semakin dipilih dan kegemaran, apalagi para generasi milenial. Maka mari kita manfaatkan momen seperti untuk memajukan pemasaran.
Podcast
Strategi pemasaran di masa pandemi dengan platform yang bisa kita coba dan menjadi kegemaran anak muda masa kini yang satu ini bernama Podcast. Kita akan memberikan rekaman bincang-bincang tentang apapun lalu mengunggahnya dalam aplikasi Spotify.
Platform ini menarik perhatian cukup efektif bahkan kini menjadi pilihan kawula muda untuk memilah konten. Nah untuk bisnis tertentu kita bisa membangun obrolan terkait, misalnya untuk bisnis baju kita bisa memberikan tips untuk mix and match berbusana.
Untuk makanan kita bisa memberikan edukasi terkait dengan kandungan makanan dalam produk kita. Lalu jangan lupa kita sisipkan iklan terkait dengan produk kita dan keunggulannya.
Gunakan bahasa komunikatif yang menarik dan responsif. Cocok untuk pemuat konten yang tidak percaya diri untuk tampil secara langsung, hal seperti ini akan jadi solusi.
Blogger
Strategi pemasaran di masa pandemi yang satu ini bisa Anda coba juga. Dengan memberikan edukasi dan tips trik yang akan mengarahkan kepada produk Anda tentu saja.
Apapun yang akan Anda coba pastikan jika akan memberikan iklan yang akan bertujuan untuk memajukan pemasaran. Untuk ilmu dan pengalaman Anda bisa juga bergabung ke dalam sebuah website secara online untuk referensi.
Mereka sudah terpercaya membantu para pebisnis tanah air dari segi marketing digitalnya. Cukup klik digital marketing agencies Marketz.id untuk mengetahuinya lebih lanjut terkait dengan berbagai industri bisnis.
Akan terdapat kontak atau mempelajarinya lebih lanjut terlebih dahulu. Jaminan untuk ide berkreasi, inovasi dan hal baru yang segar untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda.
Strategi pemasaran di masa pandemi yang kita bahas tersebut bisa jadi referensi. Untuk ilmu yang lebih dalam pelajari lewat website Marketz.