You are currently viewing Cara Membuat Facebook Ads yang Sangat Mudah dan Cepat

Cara Membuat Facebook Ads yang Sangat Mudah dan Cepat

Marketz.id – Facebook memiliki lebih dari 2,6 miliar pengguna bulanan per perkiraan terbaru. Facebook  merupakan platform media sosial tunggal terbesar, jauh di depan platform top lainnya. Hal ini merupakan peluang unik bagi pemasar untuk menggunakannya sebagai platform pemasaran dan periklanan. 

Dengan potensi untuk menjangkau miliaran orang, Facebook benar-benar tempat yang bagus untuk beriklan. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat dan menjalankan iklan Facebook. Untungnya, Facebook menawarkan alat canggih yang disebut “Facebook Ads Manager” yang memudahkan untuk membuat dan menjalankan kampanye iklan. 

Di dalam artikel ini, kita akan membahas proses terperinci menggunakan Facebook Ads untuk membuat kampanye iklan. Yuk mari kita simak bagaimana cara membuat Facebook Ads yang sangat mudah dan cepat:

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Apa itu Facebook Ads Manager dan Bagaimana Cara Mengaksesnya?

Facebook Ads Manager adalah alat yang ditawarkan oleh Facebook untuk memungkinkan pengguna merancang dan menjalankan kampanye iklan di platform. Hal ini memiliki serangkaian fitur lengkap yang dapat kalian gunakan untuk membuat kampanye iklan dari awal.

Tools ini juga memiliki beberapa opsi penargetan lanjutan untuk memastikan bahwa iklan  kamu ditampilkan kepada audiens yang paling relevan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan menggunakan Facebook Ads Manager:

  • Desain iklan dan set iklan
  • Buat dan jalankan kampanye iklan Facebook dan Instagram (baca juga Cara Pasang Iklan di Instagram)
  • Kelola dan optimalkan tawaran iklan
  • Buat audiens yang mirip
  • Menargetkan audiens yang berbeda secara tepat dengan set iklan yang berbeda
  • Optimalkan kampanye kamu
  • Lacak kinerja kampanye iklan kamu
  • Uji A/B iklan kamu

Hal tersebut hanya gambaran umum tentang apa yang bisa dilakukan tools yang sangat brilian ini. Namun, begitu kalian mulai menggunakannya, kalian akan memahami banyak fitur dan fungsi yang ditawarkannya juga loh.

Sekarang, mari kita lihat aspek praktis di mana tepatnya kamu bisa menemukannya. Berikut adalah tiga cara untuk mengakses alat ini:

Pertama, kalian cukup mengklik tautan ini.

Kedua, kalian dapat pergi ke halaman Facebook kalian dan klik pada ikon +. Pilih Iklan, lalu kalian akan dibawa langsung ke Facebook Ads Manager.

Ketiga, kalian  dapat mengunduh aplikasi seluler Facebook untuk Android atau iOS.

Untuk pengguna baru, sebaiknya gunakan Pengelola Iklan di desktop agar terbiasa dengan interfacgnya. Setelah kamu cukup mahir dengan alat untuk membuat dan mengelola iklan saat bepergian, kalian dapat menggunakannya di aplikasi seluler.

Sekarang setelah kalian mengetahui dasar-dasarnya, mari kita mulai dengan proses sebenarnya membuat iklan menggunakan Facebook Ads Manager.

Cara Membuat Iklan Menggunakan Facebook Ads Manager

Setelah kalian membuka Pengelola Iklan, kalian  akan melihat empat tab yaitu Overview, Kampanye, Set Iklan, dan Iklan. Tab Overview memberikan kamu ringkasan data kinerja untuk kampanye aktif kamu. Tab Kampanye menampilkan semua kampanye yang telah kamu buat.

Set iklan adalah bagian dari kampanye dan kalian dapat memiliki beberapa set iklan untuk setiap kampanye. Hal ini dapat dilihat dari tab Set Iklan. Demikian pula, satu set iklan dapat memiliki beberapa iklan dan setiap iklan individual dapat dilihat dari tab Iklan.

Jadi, jika kamu memiliki kampanye aktif dan ingin membuat iklan atau set iklan baru, kamu dapat membuka tab masing-masing untuk melakukannya. Namun, untuk ruang lingkup artikel ini, kami akan fokus untuk mezbahas cara membuat kampanye iklan baru dari awal.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Panduan Step by Step untuk Membuat Kampanye Iklan Facebook Baru

Berikut adalah proses yang perlu kalian ikuti untuk membuat dan menjalankan kampanye iklan Facebook:

Langkah 1

Buka tab Kampanye dan klik Buat.

Langkah 2

Langkah pertama adalah memilih tujuan kampanye. Kalian akan melihat daftar tujuan yang dikategorikan dalam berbagai tahapan saluran pemasaran, kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Pilih salah satu yang sesuai dengan tujuan kamu dan klik Lanjutkan.

Langkah 3

Isi nama kampanye. Kalian juga akan melihat opsi pengujian A/B, tetapi lewati hal tersebut untuk saat ini.

Langkah 4

Kalian juga akan melihat opsi Pengoptimalan Anggaran Kampanye, geser ke atas. Pilih jenis anggaran, yaitu anggaran harian atau seumur hidup.

Jika kalian memilih anggaran harian, Pengelola Iklan akan memastikan bahwa pembelanjaan harian rata-rata kalian tidak melebihi anggaran kalian. Hal ini mungkin berbeda dari hari ke hari, tetapi rata-rata akan tetap sesuai dengan anggaran kalian.

Jika kalian memilih opsi anggaran seumur hidup, maka total pembelanjaan iklan kalian selama kampanye kalian akan berada di bawah jumlah yang ditentukan. Ada opsi untuk memilih strategi penawaran, penjadwalan iklan, dll. Untuk saat ini, kalian dapat menggunakan setelan default dan dapat mengeditnya nanti.

Langkah 5

Langkah selanjutnya adalah membuat set iklan untuk kampanye kamu. Isi nama untuk set iklan dan tetapkan tanggal mulai dan berakhir untuk kampanye kamu.

Langkah 6

Jika kalian ingin bantuan membuat materi iklan, kalian dapat mencoba opsi Dynamic Creative. Jika tidak, scroll ke bawah untuk opsi lainnya.

Langkah 7

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih atau membuat audiens kamu. Facebook menyediakan opsi penargetan audiens tingkat lanjut, jadi, lakukan riset dan sesuaikan penargetan audiens kamu.

Langkah 8

Kamu dapat memilih dari daftar filter penargetan demografis dan perilaku, lalu menyimpan audiens kamu.

Langkah 9

Pilih opsi penempatan kamu dari otomatis dan manual. Untuk pengguna baru, sebaiknya penempatan otomatis.

Langkah 10

Pilih dari opsi pengoptimalan dan pengiriman dan klik Berikutnya.

Langkah 11

Sekarang sampai pada tahap terakhir di mana kamu benar-benar membuat iklan untuk kampanye dan set iklan kamu. Tulis nama iklan dan scroll ke bawah ke tab Buat Iklan.

Langkah 12

Pilih format iklan. Pilihannya mencakup satu gambar, satu video, dan iklan carousel.

Langkah 13

Unggah file media dan tambahkan teks utama kamu.

Langkah 14

Pilih bahasa yang kamu gunakan dan siapkan opsi pelacakan iklan.

Langkah 15

Jika kamu ingin menggunakan postingan yang ada sebagai iklan, kamu dapat melewati langkah 11-13 dan langsung memilih postingan tersebut di bawah tab Use Existing Post.

Langkah 16

Pratinjau iklan Facebook kamu, buat perubahan apa pun jika perlu, dan publikasikan.

Proses ini mungkin tampak rumit bagi pengguna pertama kali, tetapi sebenarnya tidak sulit loh. Interfacenya sangat mudah digunakan dan cukup jelas. Setelah kamu membuat kampanye, kamu dapat membuat set iklan dan iklan sebanyak yang kamu inginkan menggunakan proses yang sama ini. Kamu dapat menargetkan set iklan yang berbeda untuk audiens yang berbeda.

Untuk kalian yang tertarik dengan penggunaan Facebook Ads, sebagai rekomendasi, kalian bisa menggunakan digital marketing agency yang memiliki service seputar digital marketing, advertising, SEO optimization dan social media management dari PT. Akselerasi Bisnis Digital Nusantara atau yang biasa disebut marketz.id. Perusahaan ini berlokasi di Ruko Cordoba, Jl. Green Lake City Boulevard Jl. Australia I Blok A, No.06, RT.001/RW002, Petir, Cipondoh, Tangerang City, Banten 15147.

Bagaimana, sangat mudah kan untuk mengetahui tentang cara membuat Facebook Ads yang mudah dan cepat? Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan memberikan gambaran jika kalian ingin memulai untuk membuat Facebook Ads ya!

Jasa Digital Marketing Marketz.id