You are currently viewing Pengertian Lead Magnet, Unsur dan Jenisnya

Pengertian Lead Magnet, Unsur dan Jenisnya

Marketz.id – Tahukah Anda apa yang dimaksud lead magnet? Istilah lead magnet baru digunakan setelah ada zaman digital, namun sebenarnya, prakteknya sudah ada sejak zaman nenek moyang Anda. Lead magnet adalah sebuah metode pemasaran dengan memberikan layanan gratis yang dibuat sedemikian sehingga untuk menarik para konsumen sebanyak mungkin.

Pada zaman dahulu, jika seseorang ingin memperoleh banyak pengikut harus melakukan kerja keras bahkan berperang atau bertarung. Berbeda dengan jaman sekarang dengan teknologi modern, di era digital ini, seseorang cukup menggunakan sebuah strategi saja untuk mendapatkan banyak follower.

Ketahui Pengertian Lead Magnet Beserta Info Menarik Lainnya

Pada dasarnya, lead magnet adalah sebuah strategi yang bertujuan untuk memperoleh sebanyak mungkin konsumen yang mau membeli produk yang ditawarkan. Strategi yang digunakan pun bermacam-macam, tidak cukup hanya menawarkan, namun bagaimana caranya konsumen tersebut benar-benar mau membeli produknya.

Sistem Penjualan pada Lead magnet

Ciri khas penjualan pada lead magnet adalah adanya sebuah komunitas. Komunitas yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki kebutuhan atau ketertarikan yang sama pada sebuah produk. Strategi membangun komunitas itulah yang dinamakan lead magnet dan auto fanatik.

Perbedaan Antara Penjualan Konvensional dengan Lead Magnet

Ada perbedaan antara penjualan konvensional dengan lead magnet. Jika dalam penjualan konvensional, Anda harus mencari-cari dan menyeleksi berbagai macam konsumen, mana yang tertarik dan mana yang tidak. sedangkan untuk lead magnet, Anda akan lebih tepat mengenai sasaran tanpa harus bersusah payah mencari pelanggan maupun konsumen.

Kemudian untuk pemasaran, dalam penjualan konvensional, Anda harus banyak memasang iklan dan belum tentu terbaca apa lagi terbeli. Sedangkan strategi lead magnet adalah cukup dengan mempromosikan produk Anda kepada mereka di komunitas. Namun tentu saja produk yang ditawarkan harus sesuai dengan komunitasnya, misalkan pada komunitas muslim, yang Anda tawarkan juga harus produk muslim.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Membangun Lead Magnet dengan Sistem Corong (Funneling System)

Ada empat tahapan yang terjadi saat melakukan lead magnet yang mana pada tahapan ini akan terjadi proses penyaringan calon pembeli/konsumen. Pada akhir tahapan, konsumen yang Anda peroleh akan semakin sedikit namun justru berkualitas. empat tahapan funneling system atau biasa dikenal dengan sales funnel tersebut antara lain sebagai berikut:

Awareness

Pada tahap awal pembuatan lead magnet adalah tahap awareness, Anda harus mampu membuat para konsumen sadar bahwa Anda ada dan mempunyai produk yang mereka butuhkan. Tidak hanya ikut-ikutan menjual atau mempromosikan produk Anda tanpa menyadari keberadaan Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melewati tahap ini.

Salah satu contohnya adalah sensational offer, adalah melakukan hal unik yang berbeda dengan kompetitor. Anda bisa melakukan model pemasaran yang lebih heboh daripada yang lain. Misalnya dengan memberikan diskon dan promosi atau bahkan bonus.

Interest

Jika di tahap awal Anda sudah menyadarkan konsumen tentang keberadaan Anda dengan produk yang mereka butuhkan, maka tahap lanjut lead magnet adalah membuat mereka tertarik. Pada tahap ini Anda membuat konsumen tertarik pada produk Anda. Karena sadar saja tidak cukup dan belum tentu tertarik, maka dari itu Anda harus memutar otak membuat strategi berikutnya.

Hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah mengarahkan mereka untuk memasukkan identitas diri dan email mereka termasuk no HP/WA ke dalam sebuah form responder. Anda bisa menggunakan berbagai cara, misalnya dengan menawarkan sebuah kursus gratis, seminar gratis, pop-up atau juga bisa sales letter. Setelah tahap interest selesai, Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap decision.

Decision

Tahap ketiga lead magnet adalah decision, tahap di mana Anda membuat para responder mau membeli produk Anda. Tugas Anda adalah menjelaskan alasan-alasan mengapa mereka membutuhkan produk Anda. Anda perlu mengingat bahwa orang tertarik membeli produk bukan hanya karena melihat fitur-fitur yang bagus, namun karena mereka juga membutuhkan produk itu.

Dari itu Anda harus membuat mereka merasa membutuhkan produk-produk Anda, tanpa harus Anda tawari, mereka akan berbondong-bondong membeli. Melalui plat form responder, Anda cantumkan penjelasan tentang pentingnya atau bagaimana produk Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Action

Pada tahap terakhir lead magnet adalah Anda fokus ke fitur-fitur yang ada pada produk yang Anda tawarkan. Anda buat fitur semenarik mungkin agar mereka benar-benar mau membeli dan kalau langsung merogoh kocek. Semisal dengan menyajikan tampilan diskon, promo, atau pemberian bonus bagi yang mau membeli atau bagi pembeli tercepat.

Hal ini bahkan bisa memicu para konsumen yang sebelumnya tidak tertarik pun menjadi mendadak tertarik, gimana coba, sangat menarik bukan? Pastikan Anda sudah menerapkan tahap-tahap dari awal sampai akhir dengan melakukan percobaan terus menerus sampai Anda berhasil memperoleh buyer yang cocok.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Data-Data yang Harus Dikumpulkan

Dalam pengumpulan data, sebaiknya Anda buat sesederhana mungkin agar tidak mempersulit para responder dalam mengisi data pada plat form responder. Dengan begitu, responder yang kita suguhi platform tersebut tidak akan enggan dan akan segera mengisi dengan data diri mereka. Beberapa data tersebut antara lain nama, alamat email, nomor Hp dan Nomor WA.

Platform Pengumpulan Data Melalui Email

Berbeda dengan zaman dulu, cara berhubungan dengan calon pembeli adalah dengan mengontak langsung mereka sesering mungkin. Namun pada zaman sekarang, untuk follow up disediakan fasilitas email autoresponder. Autoresponder adalah fasilitas otomatis yang menghubungkan dengan konsumen atau calon pembeli.

Menentukan Jenis Lead Magnet yang Akan Digunakan

Sebelum Anda menggunakan membuat lead magnet, yang pertama Anda lakukan adalah menentukan jenis yang akan Anda gunakan. Banyak sekali jenis lead magnet, namun mereka memiliki satu kesamaan, kesamaan lead magnet adalah memberikan pelayanan gratis kepada konsumen. Maka dari itu lead magnet dibuat mudah dan bermanfaat bagi orang lain.

Namun jika itu masih banyak ditemukan di banyak pemasaran, Anda bisa melakukan hal yang lebih unik dan heboh lagi. Misalnya dengan mengadakan seminar gratis dan memberikan reward untuk para konsumen yang berhasil melakukan tugasnya. Ini akan menjadi hal yang sangat menarik dan tentunya akan membuat mereka akan membeli produk Anda.

Beberapa Jenis Lead Magnet yang Paling Sering Digunakan

Jenis-jenis lead magnet tersebut antara lain ebook, artikel yang dijadikan PDF, kupon diskon, free trial, seri panduan via email, dan seri panduan dalam bentuk video. Ada juga swipe file, checklist atau cheat sheet, webinar atau rekaman webinar, komunitas eksklusif, template, kontes berhadiah, dan banyak lead magnet lainnya.

Karena sudah banyak pemasar yang menggunakan lead magnet di atas, maka sebaiknya Anda mengemasnya semenarik mungkin dan beda dengan yang lain. Cara mengemas lead magnet adalah dengan menggunakan topik yang bermanfaat dan design yang lebih indah. Untuk informasi lebih lanjut dan lengkap, silahkan kunjungi laman web SEM Agency Marketz.id, baca juga artikel tentang apa itu CPA Marketing? hanya di marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id