Apa itu Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu?

Apa itu Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu?

Ungkapan “Digital Marketing” sedang hype dan populer di kalangan pebisnis. Sebenarnya, apa itu digital marketing? Mudahnya, pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran jasa dan produk melalui internet. Tidak heran sih, strategi pemasaran digital sangat menggiurkan untuk diterapkan dalam bisnis, karena strategi ini bisa menjangkau market yang lebih besar. 

Kalau kompetitor sudah menerapkan digital marketing pada bisnisnya, dan kamu belum menerapkannya, yuk mulai jadikan digital marketing sebagai strategi meningkatkan jumlah penjualan supaya bisnis Anda bisa bersaing dan bertahan di masa yang sulit ini.

Stigma Orang Awam Tentang Apa Itu Digital Marketing

Banyak orang salah kaprah bila disuruh menerapkan pemasaran digital atau digital marketing. Pasalnya, mereka berpikiran bahwa strategi ini hanya buang-buang waktu karena hasilnya tidak bisa diukur secara pasti, harga campaign yang mahal, dan ribet.

Well, satu kata untuk kamu yang belum move on dari stigma diatas; salah! Pemasaran digital ada kok yang gratis seperti SEO, social media marketing, dan strategi lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri. 

Ribet? Biasanya mindset ini muncul karena tidak mau capek untuk belajar lagi tapi pengen hasil instan, well, sayangnya, nggak ada jalan lain untuk mahir digital marketing dan meraih omset berlipat ganda tanpa melalui proses belajar.

Buang-buang waktu? Kalimat ini hanya diucapkan oleh mereka yang nggak berani mencoba tapi sudah sok mengomentari. Bahkan strategi SEO yang tidak mengeluarkan uang sepeserpun bisa memberikan dampak peningkatan profit pada sebuah bisnis untuk jangka panjang. 

Sudah tertarik dengan digital marketing? Oke, kamu ada di artikel yang tepat. Panduan ini kami buat untuk para pebisnis pemula yang ingin tahu apa itu digital marketing, strateginya, dan panduan lanjutannya lengkap kami bahas dalam 1 artikel ringkas ini.  

Sudah nggak sabar pengen langsung nerapin strategi digital marketing? Well, boleh sih langsug mulai tapi kalau nggak punya business digital marketing plan yang terstruktur, jangan salahin ya kalau income yang kamu hasilkan stuck gitu-gitu aja setiap bulannya atau bahkan bangkrut di kemudian hari.

Lantas, digital marketing plan apa yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu? Nggak usah khawatir ya, kamu sudah siapkan beberapa poin strategi digital marketing yang siapa tahu cocok dengan bisnismu. Yuk disimak panduan lengkap digital marketing untuk pemula dibawah ini.

Bisakah Menerapkan Satu Strategi Digital Marketing yang Di Dalamnya Mencakup Keseluruhan Optimasi Bisnis Secara Digital?

Jawabannya; Bisa! Pastikan bisnis milikmu memiliki website resmi yang sudah terindeks di mesin pencari google. Kenapa mesti punya website? Karena website bisa dijadikan media yang mencakup keseluruhan penerapan digital marketing seperti;

1. Optimasi Website agar Halaman Jasa Milikmu Tampil pada Urutan Teratas di Mesin Pencari Dengan SEO (Search Engine Optimization)

Dengan memiliki website, kamu bisa menerapkan digital marketing mulai dari optimasi SEO agar muncul di hasil pencarian teratas google, bisa mengaplikasikan content marketing untuk mengubah cold market menjadi hot market yang berpotensi menjadi konversi penjualan.

2. Lejitkan Penjualan dengan Kombinasi Strategi Content Marketing dan Copywriting

Cuma itu aja? Ya jelas nggak, dong! Masih ada strategi digital marketing lainnya yang bisa diterapkan pada media website ini. Seperti apa? Copywriting misalnya. Di dalam sebuat artikel untuk content marketing, sebuah copy yang tepat bisa jadi kombinasi senjata powerful untuk mempengaruhi pembaca menjadi pembeli lewat call to action; “beli sekarang, download ebook, coba kelas gratis” yang pada akhirnya berubah jadi leads potensial untuk bisnismu.

3. Tingkatkan Jumlah Pelanggan Dengan Email Marketing

Masih kurang puas? Kita tingkatkan lagi jumlah akuisisi konsumen dengan email marketing dengan goals mendapatkan database pelanggan. Agar lebih maksimal, gunakan email resmi dengan nama domain website milikmu agar terlihat kredibel dan profesional, agency@marketz.id misalnya.

Apa manfaat melakukan email marketing untuk website bisnismu? Ya jelaslah, meningkatkan jumlah pelanggan dan profit untuk bisnis, apa lagi memangnya? Strategi ini memungkinkan kamu untuk menganalisis berapa jumlah email yang dibaca, direspon positif oleh calon buyer, sekaligus menawarkan jasa atau produk secara langsung bisa dilakukan lewat email marketing.

4: Hasil Optimasi SEO Lama? Gabungkan dengan Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Mau dapet pengunjung organik dan ads dari mesin pencari? Gabungkan SEO dan SEM. Kedua strategi ini bisa mendongkrak brand awareness bisnis di halaman pencarian google. SEM memungkinkan iklan bisnis milikmu tampil di halaman teratas mesin pencari dengan goals konversi jangka pendek ditambah strategi SEO untuk optimasi peningkatan kunjungan organik dengan hasil jangka panjang. Hasilnya? Calon buyer potensial bisa kamu dapatkan!

5. Tingkatkan Kepercayaan dan Reputasi Bisnis di Mata Pelanggan Dengan Google Bisnisku

Strategi lainnya yang tak kalah penting untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu adalah google bisnisku. Daftarkan usaha milikmu di google bisnis sehingga pelanggan bisa tahu lokasi kantor, jam operasional kerja, dan review klien yang sudah memakai jasa milikmu.

6. Tingkatkan Brand Awareness Pelanggan Lewat Social Media dan Influencer Marketing

Terakhir, kamu bisa menggunakan social media marketing dan influencer spesifik sesuai bidang jasa atau produk milikmu. Pertama, kita bahas social media marketing dulu ya, strategi ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan visibilitas dan awareness brand milikmu di mata orang-orang.

Berikut beberapa parameter penting yang bisa kamu gunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan social media marketing. Tanya pada diri sendiri pertanyaan ini; apakah akun sosial media brand milikmu banyak dikunjungi orang-orang, jumlah followers naik, banyak interaksi, engagement like, share, dan save tinggi. Kalau hasil indikatornya bagus, lakukan konversi dengan cara menawarkan para followers untuk membeli jasa atau produk milikmu.

Kedua, influencer. Well, pandangan kita terkait influencer nggak sebatas orang terkenal di sosmed aja, bukannya nggak penting tapi jumlah jangkauannya nggak sebesar bila kamu melakukan omni channel influencer marketing. Gimana nih maksudnya?    

Maksud kami, gunakan jasa social media influencer, blogger, youtuber, dan content creator platform lainnya. Semakin banyak influencer lintas platform yang kamu pekerjakan untuk melakukan campaign, semakin banyak pula calon konsumen yang bisa kamu jangkau dari hasil pengaruh para influencer.

Perlukah Menyewa Jasa Digital Marketer Specialist untuk Bisnismu?

Kamu sudah mengenal pengertian digital marketing, tahu jenis-jenis strategi digital marketing hingga punya website pertamamu sebagai modal awal melejitkan omset bisnis berkali-kali lipat melalui internet. Apakah benar semudah itu menghasilkan profit lewat digital marketing apalagi dilakukan secara otodidak?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Membingungkan? Nggak juga sih, kami cukup realistis kok, kami meyakini bahwa tidak ada percobaan pertama yang bisa langsung membuatmu sukses tajir melintir, gagal sudah pasti, tapi ada pembelajaran mahal yang bisa meningkatkan skill pemasaran digital mu asalkan kamu mau dan siap berproses, kalau mau instan bisa aja sih, sewa jasa digital marketer specialist aja, semua campaign bisnismu akan di handle oleh mereka.

Dari dua pilihan ini, opsi paling rasional adalah menyewa ahli di bidang pemasaran digital dengan rekam jejak portofolio bagus dan teruji hasilnya. Dengan menyewa jasa digital marketing professional, kamu bisa menyingkat proses akuisisi segmentasi market yang tepat, menentukan dan menerapkan strategi digital marketing yang terukur, dan ada laporan berkala terkait hasil kinerjanya, kamu pasti puas dengan hasilnya, dapat profit banyak misalnya.

Leave a Reply