You are currently viewing Pengertian CRM, Pembahasan Seputar Manajemen Hubungan Pelanggan

Pengertian CRM, Pembahasan Seputar Manajemen Hubungan Pelanggan

Marketz.id – CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan yang merupakan suatu hal terkait dengan bisnis dan masih erat hubungannya akan pengelolaan pelanggan.

Sekarang ini sudah mulai marak macam-macam sistem informasi yang berkembang sejalan dengan keperluan bisni di tengah zaman teknologi canggih ini. CRM ini menjadi salah satunya. Namun apakah Anda benar-benar telah memahami definisi dan fungsi dari CRM ini?

Banyak yang sudah tidak asing di telinga, namun masih awam di pembahasannya. Maka dari itu, untuk menjelaskan CRM dan seluk beluknya, kali ini kami akan mengupasnya untuk Anda, terutama yang tengah bergelut di bidang bisnis digital.

CRM adalah Customer Relationship, Apa Itu?

Sebagai seorang pebisnis, tentunya jika hanya sekedar pengertian CRM saja Anda sudah paham. Akan tetapi, kebanyakan tidak terlalu mendalami.

Saat ini CRM sudah menjadi bagian dari bisnis dan sangat membantu jalannya sebuah perusahaan. Ya, Customer Relationship Management ini adalah jenis sistem informasi yang berfungsi untuk menangani para pelanggan, termasuk dalam hal komplain dan terkait consumer behaviour adalah salah satunya.

CRM nantinya akan menjadi sebuah sistem yang berfungsi untuk mempermudah proses penjualan menjadi lebih simpel  serta membangun komunikasi antar pelanggan dengan lebih baik lagi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan terkait CRM di bawah ini.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Pengertian CRM

Customer Relationship Management atau CRM adalah sistem atau proses apapun yang membantu perusahaan dan bisnis untuk mengakses serta mengelola data pelanggan sehingga lebih baik. Dengan kata lain, Customer Relationship Management merupakan teknologi digital yang mempermudah hubungan antara perusahaan bisnis dengan pelanggan.

Untuk pengertian yang lebih luas, CRM bisa kita definisikan sebagai strategi manajemen yang mengatur tentang hubungan pelanggan dengan perusahaan agar terjalin lebih baik. Strategi ini meliputi hubungan kepada pelanggan dan konsumen itu sendiri, mengakses dan mengumpulkan data para pelanggan, merekam aktivitas tenaga penjual, serta paling utama adalah menjaga hubungan dengan calon pelanggan atau yang sudah menjadi pelanggan tetap.

Mulanya, CRM ini hanya mengandalkan Rootex dan tulisan tangan, namun seiring berkembangnya teknologi digital, CRM ikut bertransformasi menjadi database yang kemudian diinput ke dalam komputer. Di tahun 2020 lalu, CRM sudah diimplementasikan ke dalam software dan berbasis aplikasi CRM. Katakanlah, dengan perubahan ini yang menjadikan definisi CRM menjadi lebih luas.

CRM adalah sistem yang berhubungan dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Kemudian bertindak layaknya repository, menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, serta dukungan pelanggan. CRM juga menyederhanakan proses dan pengelolaan akan tenaga penjualan dengan menjadikannya ke dalam satu sistem.

Hingga sekarang, CRM sudah melekat dan menjadi kebutuhan yang semestinya terpenuhi dalam dunia bisnis. Bahkan dengan adanya Customer Relationship Management ini, bisa menjembatani kesenjangan dan tetap bisa terlibat dengan klien dengan tanggapan yang lebih responsif terhadap apa yang menjadi kebutuhan klien.

Manfaat CRM dalam Dunia Bisnis

Karena sudah menjadi satu keharusan untuk kelancaran suatu bisnis, maka CRM adalah sistem yang menghadirkan banyak manfaat di dalamnya. Lantas apa saja manfaat itu?

1. Dapat Meningkatkan Kesetiaan Customer

Menggunakan CRM nantinya akan mengumpulkan data semua pelanggan, termasuk SMS, Website, Telepon, hingga sosial media, maka perusahaan akan lebih mudah memahami pelanggan. Secara konsisten, perusahaan akan semaksimal mungkin untuk menanggapi dan menjawab soal serta keluhan pelanggan.

Dengan perhatian yang seperti itu, pelanggan akan merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan yang sesuai harapan. Maka tidak menutup kemungkinan mereka akan setia terhadap produk atau brand Anda kedepannya.

2. Mempermudah untuk Memantau Kinerja Tenaga Penjualan

Kegunaan selanjutnya terkait Customer Relationship Management atau CRM adalah mempermudah Anda dalam monitoring kinerja tim penjualan. Melalui CRM, Anda bisa mengetahui status masing-masing prospek yang ditangani setiap salesperson.

3. Ajang Memperkuat Bisnis

Kerja sendiri-sendiri tentu adalah halangan untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Maka dari itu dengan memanfaatkan CRM pengelolaan data dalam satu sistem akan terlaksana. 

4. Berguna Untuk Meningkatkan Income Perusahaan

Fungsi dari CRM adalah bisa meningkatkan pendapatan perusahaan. Hal ini lantaran dengan menggunakan CRM, Anda akan menemukan pandangan yang lebih lengkap mengenai prospek pelanggan Anda kapan saja. Dengan demikian, Anda bisa melakukan up selling atau cross selling di waktu yang tepat.

Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak besar bagi pendapatan Anda menjadi lebih tinggi. Selain itu Anda juga bisa meningkatkan renuve dengan tambahnya kualitas dan layanan produk yang Anda sesuaikan seperti apa yang pelanggan butuhkan.

5. Meningkatkan Efektivitas Operasional Pekerjaan

Dengan adanya aplikasi CRM atau Manajemen Hubungan Pelanggan ini, tentunya juga akan memberikan dampak yang besar terhadap aktivitas dan operasional perusahan Anda. Terutama dalam hal menangani keluhan dan pertanyaan dari pelanggan.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Fitur yang Terdapat dalam CRM

Masing-masing CRM memiliki fitur yang berbeda, namun ada fitur-fitur yang semestinya ada dalam CRM, seperti:

1. Email Marketing

Fitur pertama yang selalu ada dalam CRM adalah fitur Email Marketing. Fitur ini nantinya akan memberikan akses kepada Anda untuk mengkustomisasi campaign Anda dengan memakai template-template yang sudah tersedia di dalam sistem. Kemudian Anda bisa mengirimkannya ke pelanggan atau prospek berdasarkan segmentasinya.

2. Manajemen Prospek

Melalui CRM, Anda bisa memantau informasi secara menyeluruh terkait prospek. Contohnya, riwayat pertemuan kebutuhan produk dan layanan, hingga data para pelanggan. Selanjutnya, Anda juga bisa menyaring data dengan klasifikasi yang sudah tersedia di sistem.

3. Manajemen Tenaga Penjualan

Fitur yang satu ini akan membantu Anda dalam memantau kinerja tim penjualan. Tidak hanya itu, namun juga terkait keberhasilan penjualan mereka, jumlah prospek yang mereka konversi menjadi pelanggan, hingga bagaimana interaksi mereka dengan para klien.

Dengan demikian, Anda bisa mengetahui tim mana yang sudah bagus dan kinerjanya, atau manakah yang perlu ditingkatkan kinerjanya.

4. Manajemen Saluran Penjualan

Fitur selanjutnya yang terdapat dalam CRM adalah manajemen saluran penjualan. Fitur yang satu ini akan memudahkan Anda untuk melacak status prospek serta bagaimana peluang terbaik bisa Anda temukan melalui satu layar.

Selebihnya, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk memanfaatkan drag and drop sehingga prospek bisa berpindah dari satu tahap ke tahap lainnya.

Pengguna CRM untuk Siapa Saja?

Nah, jika pertanyaan seperti ini muncul di hadapan Anda, maka Anda kali Anda akan menemukan jawabannya. CRM adalah sistem yang bisa memudahkan siapa saja untuk setiap kebutuhan bisnisnya.

Dari ukuran UKM (Usaha Kecil Menengah) sudah bisa memanfaatkan adanya aplikasi CRM ini. Kehadiran CRM akan membantu UKM untuk mendapatkan tingkat kemampuan yang setara dengan pebisnis kelas besar dalam sebuah industri.

Pengguna selanjutnya ada sekelas Enterprise yakni perusahaan berskala besar. CRM menjadi software yang mempermudah perusahaan besar untuk meningkatkan efisiensi dengan cara menyederhanakan varian pekerjaan yang lebih kompleks.

Selain itu, CRM juga dapat diimplementasikan oleh B2B atau Business to Business guna mengelola informasi dari klien sera mengikuti perkembangan pembayaran, transaksi, serta laporan bisnis. CRM juga telah diaplikasikan dalam operasional Busines to Customer (B2C) yang mana berguna untuk memanajemen pelanggan yang lebih simpel dan cepat.

Pada intinya CRM adalah solusi untuk kemudahan dalam dunia bisnis berbasis teknologi canggih. Ketika Anda terjun di dunia bisni, maka akan ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Terlebih tentang konsep pemasaran, digital marketing, dan Customer Acquisition Cost Adalah salah satunya. Temukan banyak pengetahuan lebih dari ini di Agency Marketing Marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id