Bentuk-Bentuk Media Promosi Dari Konvensional Hingga Online
Marketz.id – Promosi merupakan hal yang penting dilakukan di dalam bisnis sehingga membuat usaha akan bisa lebih dikenal. Bisnis perlu untuk melakukan promosi produk yang dapat digunakan untuk memasarkan produk dan jasa, sehingga akan dapat untuk meningkatkan mengenai awareness produk dan jasa. Ada banyak bentuk-bentuk media promosi yang dapat dipilih dengan menggunakan metode konvensional, digital, dan juga pemasaran secara online yang membutuhkan jaringan internet.
Fungsi dari melakukan berbagai bentuk-bentuk media promosi sendiri beragam yang bisa didapatkan, yaitu meliputi:
- Dengan melakukan promosi akan membantu untuk menarik target konsumen sehingga bisa membuat konsumen yang diincar atau target pasar untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
- Dengan melakukan promosi dapat membantu untuk melakukan edukasi dan juga pemberian informasi mengenai produk.
- Promosi dapat dilakukan untuk menawarkan produk dengan menggunakan metode pemasaran yang efektif.
- Promosi akan membantu untuk bisa meningkatkan penjualan dan efektif dalam meningkatkan brand awareness agar produk bisa menjadi top of mind yang dipunyai konsumen.
- Promosi juga sangat membantu untuk tidak kalah saing dan bisa berhasil untuk memenangkan kompetisi yang ada di pasar.
Bentuk-Bentuk Media Promosi Konvensional
Ketika akan melakukan promosi ada banyak sekali bentuk-bentuk media promosi yang dipilih, mulai yang paling umum adalah menggunakan media konvensional. Ada banyak sekali pilihan jenis media konvensional yang digunakan untuk promosi dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Promosi konvensional dapat dilakukan dengan menggunakan media yang masih banyak dilihat oleh banyak orang dengan target pasar yang belum diketahui dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan juga biasanya kurang maksimal. Contoh jenis media promosi konvensional yang bisa dipilih untuk pemasaran, meliputi media berikut ini:
- Baliho merupakan jenis media promosi pertama yang bisa dipilih untuk melakukan promosi secara konvensional. Baliho merupakan gambar yang sering dilihat di tepi jalan dengan ukuran yang besar dengan keunggulan yang didapatkan adalah akan bisa menarik bagi konsumen dan bisa menarik untuk konsumen baru. Baliho bisa menjadi pilihan terbaik untuk media promosi karena memberikan keunggulan merupakan visual atau gambar yang diletakkan di luar ruangan. Dapat dikenali oleh masyarakat yang berlalu lalang di jalan raya, bisa ditempatkan di lokasi fleksibel sehingga lebih banyak yang melihatnya, dan juga bisa sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Akan tetapi kekurangan dari cara promosi ini adalah tidak bisa mempunyai target pasar yang khusus dan mempunyai harga sewa yang tinggi untuk mendapatkan tempat baliho yang strategis.
- Spanduk merupakan bentuk media promosi selanjutnya yang bisa dipilih apabila ingin memilih cara konvensional. Promosi menggunakan spanduk akan mempunyai gambar dengan hasil yang lebih kecil dan juga bisa ditempatkan di tempat lebih fleksibel seperti di tiang listrik, bambu, pohon, ditempelkan di dinding, dan juga masih banyak lainnya. Spanduk mempunyai harga sewa untuk promosi konvensional yang lebih murah, bisa dipasang dengan mudah, dan pemasangannya di tempat fleksibel.
- Brosur merupakan pilihan promosi konvensional selanjutnya yang bisa dipilih dengan memberikan informasi yang jelas dan bisa dibagi-bagikan dengan mudah. Brosur memberikan keunggulan karena dapat mempunyai informasi yang lengkap, sehingga membuat konsumen akan bisa tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Selain itu keunggulan dari brosur juga dapat untuk lebih efektif ketika dibagikan, dan mempunyai biaya lebih murah yang perlu dikeluarkan oleh bisnis. Tetapi kekurangannya menggunakan media promosi ini adalah bisa dibuang sembarangan apabila diberikan pada bukan target konsumen, mempunyai jangkauan yang terbatas, dan perlu untuk diberikan pada orang yang tepat.
- Banner merupakan bentuk-bentuk media promosi konvensional selanjutnya yang bisa dipilih untuk melakukan pemasaran yang bisa dipasang dengan mudah di tempat yang strategis seperti di tempat wisata. Kelebihan dari banner adalah bisa untuk memberikan iklan yang mempunyai tampilan lebih efektif untuk memberikan informasi dan promosi yang dipunyai produk.
Banner juga membutuhkan biaya yang lebih terjangkau, sehingga bisa digunakan dan dilakukan secara berulang untuk media promosi yang dilakukan. Tetapi kekurangan dari banner mempunyai media promosi dengan jangkauan terbatas, memilih lokasi banner yang tepat, dan juga harus diperhatikan pemasangannya agar tidak mengganggu pemandangan.
Bentuk-Bentuk Media Promosi Digital
Promosi digital menggunakan banyak jenis yang bisa dipilih seperti dengan tv, ebook, company profil, dan juga bisa memanfaatkan radio. Contoh promosi menggunakan media digital yang bisa dilakukan adalah bisa memanfaatkan dua media berikut ini:
- TV merupakan jenis media marketing yang bisa dipilih untuk pemasaran secara digital. Digital marketing merupakan pemasaran yang masih bisa dipilih karena banyak orang yang masih setia untuk menonton tv. Promosi dapat dilakukan dengan membuat iklan yang dapat dipasang ketika ada iklan dari program, atau sekarang ini juga dapat dilakukan di dalam program dengan iklan yang disisipkan. Iklan tv bisa memberikan hasil lebih optimal karena merupakan promosi yang dilihat oleh banyak orang yang menyaksikan tayangan televisi. Akan tetapi perlu diperhatikan iklan yang dipasang di tv juga mempunyai biaya yang tidak murah dan juga sulit untuk diukur hasilnya.
- Radio merupakan jenis iklan yang bisa efektif untuk menarik audience untuk berbagai usia. Di mana ungkapan bahwa selama masih ada macet, maka industri radio tetap akan bertahan. Radio mempunyai banyak acara yang juga bisa menjadi langkah untuk melakukan promosi yang dibutuhkan. Radio masih banyak didengarkan utamanya di tempat umum hingga juga kendaraan pribadi dengan keuntungan karena hanya perlu untuk mendengarkan tanpa perlu melihat visual. Iklan di radio bisa memberikan informasi yang menarik mengenai produk yang ditawarkan.
Bentuk-Bentuk Media Promosi Online
Jenis terakhir promosi yang dilakukan adalah yang menggunakan jaringan internet untuk bisa melakukan pemasaran bisnis. Internet digital marketing bisa menggunakan banyak cara dan juga mempunyai keunggulan karena bisa lebih hemat, mempunyai hasil yang akurat, pengukuran yang mudah, dan juga masih banyak keunggulan lainnya. Jenis dari bentuk-bentuk media promosi internet meliputi:
- Penggunaan sosial media marketing dengan banyak platform online dapat membantu untuk melakukan promosi yang memberikan hasil lebih optimal.
- Penggunaan content marketing dapat digunakan untuk membuat konten video dan tulisan yang menarik konsumen.
- Penggunaan email marketing juga digunakan untuk bisa memberikan informasi dan diskon bagi konsumen.
- SEO dan SEM bisa digunakan untuk memberikan promosi layanan dan produk yang dipunyai.
Gunakan jenis iklan yang bisa memberikan manfaat terbaik untuk bisnis Anda, seperti iklan dengan internet digital marketing. Bantuan dari layanan Marketz sangat membantu untuk membuat promosi yang Anda butuhkan akan memberikan hasil lebih baik. Kami memberikan layanan pemasaran digital yang lengkap, berpengalaman, dan juga tim yang kreatif sehingga membantu untuk membuat promosi terbaik bagi bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan Marketz yang didapatkan secara gratis lewat website dengan keamanan bisnis yang terjamin.