You are currently viewing Customer Acquisition Cost Adalah Bagian Penting Dalam Sebuah Usaha

Customer Acquisition Cost Adalah Bagian Penting Dalam Sebuah Usaha

Menerapkan customer acquisition cost adalah sangat penting dalam strategi mengembangkan suatu bisnis. Dalam sebuah bisnis, sangat penting untuk mengetahui seberapa berkembangnya pertumbuhan bisnis tersebut. Ada beberapa upaya untuk mengembangkan sebuah bisnis, contohnya campaign dan Ads.

Pertumbuhan sebuah bisnis perlu diketahui efektivitasnya, maka dari itu seorang pebisnis wajib mengetahui customer acquisition cost (CAC) dari usahanya tersebut. Dengan mengetahui tentang CAC tersebut, Anda dapat menyusun dan merencanakan strategi marketing dari usaha yang dijalankan secara efektif dan Anda pun dapat menghemat pengeluaran.

Pengertian Customer Acquisition Cost

Customer Acquisition Cost adalah biaya yang dibutuhkan perusahaan untuk meyakinkan calon pembeli supaya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Bisa juga diartikan sebagai keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen baru dengan membayar dalam periode waktu tertentu. Biaya tersebut meliputi biaya marketing (pemasaran) serta gaji yang dibayarkan ke karyawan.

Maka dari hal itu, suatu perusahaan perlu menghitungnya dan menjelaskan performanya.

Pentingnya Customer Acquisition Cost Bagi Sebuah Usaha

Perhitungan customer acquisition cost adalah sangat penting bagi sebuah usaha dan investor. Hal ini karena peran dari nilai ini akan menunjukkan bagaimana dan seberapa jauh perusahaan telah mengoptimalkan pengeluarannya untuk mendatangkan calon pembeli.

Selain itu, nilai tersebut berperan penting dalam mengukur kinerja marketing. Itu artinya, jika biaya yang Anda perlukan lebih besar dari revenue, itu artinya ada hal yang bermasalah dalam sebuah bisnis dan metode pemasaran Anda.

Fungsinya Pada Sebuah Bisnis

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan konsumen adalah metrik terpenting bagi sebuah bisnis dan investor.

Fungsi Pada Sudut Pandang Pengusaha

Menyampaikan kelayakan sebuah model bisnis yang bagaimana dan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Customer acquisition cost yang tinggi dan customer lifetime value yang rendah berarti dalam proses akuisisi perlu diperbaiki, sedangkan customer acquisition rendah memiliki arti bahwa usaha yang dijalankan menghabiskan uang secara efisien dan akan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

Fungsi dari Sudut Pandang Investor

Metrik ini sangat penting untuk menghitung seberapa banyak sebuah investasi yang diperlukan suatu bisnis atau usaha untuk bisa tetap bertahan. Selain itu, juga berfungsi untuk menyampaikan layak atau tidaknya sebuah investasi bagi seorang investor.

Cara Mengukur Customer Acquisition Cost

Perhitungan ini mencakup beberapa hal, seperti biaya iklan, upah pengiklan, jasa pembuatan iklan dan hal-hal lainnya, dibagi dengan jumlah konsumen yang didapatkan.

Dengan mengetahui customer acquisition cost, pelaku usaha akan dapat memperkirakan dan menghitung besarnya semua keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan konsumen.

Oleh sebab itu, anda perlu memperhitungkan berbagai hal yang diperlukan pada pembuatan iklan untuk membuat konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhitungkan adalah biaya iklan pada tiap platform. Sebagai contoh adalah biaya iklan di Youtube berbeda dengan biaya iklan di Instagram atau Facebook.

Cara Meningkatkan Customer Acquisition Cost

Sama seperti halnya dengan marketing pada umumnya, hampir tidak ada rumus pasti yang paling efektif untuk menarik dan mendatangkan konsumen banyak. Harus dilakukan berbagai upaya percobaan hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memodifikasi copywriting, volume iklan, komposisi dalam beriklan, dan waktu beriklan. Selain hal di atas, ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk mengoptimalkan customer acquisition cost adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan User Value

Dengan upaya meningkatkan user value, secara tidak langsung hal ini akan menarik konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

2. Meningkatkan Konversi pada Website

Upaya untuk meningkatkan konversi pada sebuah website adalah dengan cara memperbaiki tampilan atau user interface supaya user friendly dan tidak membosankan.

Selain itu, usahakan mempercepat waktu loading, dan mengoptimalisasi pengalaman dalam penggunaan mobile. Hal ini dikarenakan sebagian besar penggunaan era ini hampir semua dilakukan secara mobile dengan perangkat yang serba mobile pula.

3. Menerapkan Customer Relationship Management

Dengan upaya menerapkan customer relationship management ini, calon pelanggan akan merasa dihargai dan merasa dekat dengan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga pada akhirnya akan memilih dan membeli produk tersebut.

Upaya yang bisa diambil untuk menerapkan strategi customer acquisition cost adalah dengan memberikan konten yang menarik dan informatif di website ataupun timeline media sosial Anda.

Cara Mengoptimalkan Customer Acquisition Cost

Selain itu, ada beberapa cara mengoptimalkan customer acquisition cost.

1. Fokuskan akuisisi Anda pada segmen pelanggan secara spesifik

Semakin tertarget Anda mengidentifikasi, semakin mudah juga untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Dapat diartikan juga, semakin spesifik target market Anda, semakin efisien pula cost yang dikeluarkan.

2. Menjadi rujukan suatu kompetensi tertentu dengan konten digital

Hal ini memudahkan Anda untuk meningkatkan jumlah potensi konsumen baru tanpa memerlukan biaya khusus pada marketing tradisional (iklan cetak dan acara tertentu). Itulah customer acquisition cost adalah memiliki peran yang cukup penting.

3. Bagi tim marketing ke unit spesialis

Dengan spesialisasi, menjadikan sebuah bisnis untuk fokus dan dengan mudah meningkatkan kemampuan. Dalam berbagai kasus, sebuah perusahaan berkembang memerlukan tim khusus seperti halnya sales counter, tim bis customer sales, tim angoutbond sales, tim account representative untuk aktivitas penjualan.

4. Investasi untuk peningkatan kualitas produk atau jasa

Dengan fokus pada pengembangan sebuah produk, didukung dengan desain yang mengacu dengan kebutuhan spesifik beberapa segmen menurut targeting Anda. Catatannya adalah, bukan tentang apa yang dimiliki produk Anda, tetapi tentang bagaimana konsumen menggunakan produk tersebut.

5. Jadikanlah pelanggan Anda fans dari bisnis yang dijalankan.

Mengapa demikian? Karena pelanggan seperti ini mau dan dengan senang hati akan merekomendasikan produk Anda ke orang-orang di sekitarnya.

Jika memungkinkan, adakan gathering sesekali, atau tahunan lebih bagus, yang dihadiri beberapa customer. Tujuannya adalah dalam event tersebut, mereka dapat menceritakan pengalaman, memberikan testimoni dari produk maupun layanan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk mendukung berkembangnya bisnis Anda, coba buat video atau konten menarik dari event yang dibuat tersebut, setelah itu share ke media sosial guna menjangkau lebih banyak pelanggan.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan untuk meningkatkan customer acquisition cost, Anda dapat meningkatkan customer value atau sesuatu yang sekiranya mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Cara ini bisa Anda lakukan untuk perkembangan dunia bisnis di era modernn saat ini.

Sudah jelas, menentukan dan mempelajari customer acquisition cost adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Bukan hanya bagi para pelaku usaha, namun juga bagi para investor.

Investor akan melihat, apakah sebuah bisnis mampu menghasilkan keuntungan atau hanya sekedar pemborosan tanpa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Anda bisa menggunakan jasa digital agency Marketz untuk bisa mempelajarinya lebih dalam.