You are currently viewing Pengertian Impression Adalah? Tujuan, Beserta Fungsi

Pengertian Impression Adalah? Tujuan, Beserta Fungsi

Marketz.id – Impression adalah salah satu istilah yang kerap muncul ketika kita melakukan pencarian ulang kata kunci (keyword) sehingga bisa mendapatkan kata kunci yang tepat untuk iklan maupun website. Berbicara masalah impression ini, memang tidak banyak orang yang memahaminya, bahkan beberapa masih ada yang tidak mengerti sepenuhnya.

Lain lagi jika bagi social media manager atau para marketer, istilah ini sudah menjadi santapan hari-harinya. Ketika mereka mengunjungi dashboard analitik social media perusahaan atau brand yang mereka miliki, kata impression ini akan muncul berulang kali. Kemunculannya akan bersamaan dengan kata reach.

Kedua istilah tersebut memang tidak bisa kita pisahkan kehadirannya. Namun sebenarnya apa yang membedakan antara impression dan reach ini? Lalu bagaimanakah pengaruhnya dalam strategi digital marketing? Manakah yang harus mendapatkan perhatian lebih?

Definisi Impression Tujuan, Serta Fungsi

Kemajuan teknologi nyatanya membawa aktivitas masyarakat ke dalam lingkup digital. Pebisnis jaman sekarang memanfaatkan berbagai channel untuk kelancaran marketing mereka, diantaranya dengan menggunakan sosial media.

Media sosial, selain menghadirkan jaringan yang lebih luas, juga bisa menampilkan ukuran yang jelas untuk hasil suatu marketing bisnis. Hal ini lah yang Anda kenal sebagai impression dan reach. Berbeda dengan strategi marketing secara offline. Tidak ada cara yang konkret untuk mengetahui berapa kali tayangan yang telah diberikan platform kepada pengiklan.

Sehubungan dengan hal itu, maka kali ini kami akan membahasnya secara glambang, terutama persoalan impression. 

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Definisi Impression

Impression adalah tayangan atau sering dikenal dengan view-through, kesan, merupakan jumlah berapa kali konten atau iklan Anda ditayangkan, tanpa peduli apakah konten iklan tersebut diklik atau tidak. Impression ini beracuan pada berapa kali iklan atau konten Anda muncul ke audiens secara keseluruhan, bukan pada jumlah berapa orang yang melihat.

Tampilan impression ini berdampingan dengan reach. Istilah reach ini mengacu pada jumlah orang yang melihat iklan atau konten Anda. Artinya jumlah tersebut menggambarkan banyaknya orang yang telah melihat. Maka dari itu, jumlah reach akan selalu lebih sedikit daripada jumlah impression.

Kehadiran impression adalah sebagai metrik pelengkap yang sangat membantu untuk membaca beberapa jenis metrik lain. Impression bisa Anda temukan di berbagai channel digital marketing seperti website, facebook ads, google ads, instagram, dan media sosial lainnya.

Google sendiri menjelaskan jika setiap kali iklan atau konten Anda muncul di sebuah website yang masih selingkuh dengan jaringan Google atau pencarian Google maka impression untuk iklan tersebut akan bertambah jumlahnya.

Fungsi atau Kegunaan Impression

Tidak jauh dari definisinya, fungsi impression adalah untuk mengetahui jumlah tayangan iklan atau konten Anda, apakah sudah menuai target berdasarkan keyword yang sudah diterapkan. Utamanya, impression akan sangat membantu untuk mengukur jumlah orang yang telah melihat iklan, konten, postingan, atau halaman web, bahkan ketika mereka tidak mengkliknya.

Untuk fungsi yang lebih luas, tayangan atau impression ini memiliki berguna untuk memberikan gambaran simpel mengenai jumlah orang yang melihat iklan atau konten dalam channel dan saluran tertentu. Hal ini juga menjadi upaya sederhana untuk mengetahui sejauh mana saluran periklanan telah tercapai.

Dengan adanya jumlah tayangan ini, para pebisnis atau marketer akan sangat terbantu dalam mendatangkan sejumlah metrik lainnya, termasuk Click-Through Rate (CTR) atau Rasio Klik-Tayang (RKT). Nantinya, metrik tersebut berguna untuk menghitung efektivitas kampanye (pemasaran/periklanan), dimana jumlah impression yang akurat akan dibutuhkan untuk memenuhi target yang sesuai.

Sedangkan bagi para pengiklan, kegunaan impression adalah untuk melihat seberapa banyak tayangan yang dihasilkan oleh CPM. Hal ini akan sangat membantu untuk penghitungan biaya penayangan iklan atau campaign.

Selain itu, impression juga bisa membantu untuk membantu mengetahui adakah kesalahan di dalam sebuah iklan, konten, atau postingan yang Anda tayangkan. Artinya begini, apabila Anda lihat telah banyak orang yang sudah menjangkau konten, iklan, atau postingan Anda, namun belum ada konversi yang terjadi seperti peningkatan likes, followers, dan yang lainnya.

Maka kemungkinan masih ada kesalahan dalam iklan, konten, atau postingan, dan Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu.

Tujuan Impression

Perlu Anda ketahui bahwasanya impression adalah konten, iklan, atau postingan yang termuat di halaman website dan pencarian Google lainnya. Impression ini kemungkinan memiliki makna yang sama dengan views (tampilan).

Seperti pada tampilan iklan, tampilan halaman, atau tampilan postingan mempunyai tujuan untuk mengetahui berapa kali mereka ditayangkan. Dalam dunia digital marketing, iklan dijual berdasarkan Cost Per Thousand Impression (CPM) dan dibayar berdasarkan Revenue Per Thousand Impression (RPM).

Artinya, biaya iklan adalah per seribu tayangan dan penghasilan juga didapat per seribu tayangan. Perbedaannya, RPM selalu lebih rendah karena biaya penayangan iklan akan dikenakan biaya jaringan iklan.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Jenis-Jenis Impression

Impression ini mempunyai beberapa jenis, dimana masing-masing jenis tersebut mempunyai perbedaan sesuai dengan kondisi penayangannya. Jenis-jenis tersebut antara lain adalah:

  1. Ads Impression adalah tampilan atau tayangan yang terjadi ketika sebuah iklan termuat di halaman website.
  2. Jenis Impression yang selanjutnya adalah Page Impression atau tayangan halaman yang merupakan tampilan yang dihitung setelah proses pemuatan halaman itu sendiri.
  3. Impression jenis ketiga yakni, Social Media Impression. Artinya, tayangan yang terjadi ketika sebuah postingan diunggah oleh pengguna sosial media yang lainnya.
  4. Advertising Impression adalah tampilan pengiklanan dimana terjadi dalam iklan online. Kebanyakan digunakan untuk menjawab istilah dari impression itu sendiri.
  5. Jenis Impression yang terakhir adalah General Impression. Merupakan tampilan iklan dari tampilan yang dilihat pada umumnya dari atas flip.

Seberapa Pentingkah Impression Itu?

Sekarang kita akan melihat seberapa pentingnya Impression ini. Mari kita membandingkan Impression dan Reach. Reach dan impression adalah salah satu matrik namun mempunyai acuan dan aktivitas yang berbeda. Sebenarnya, seberapa penting kedua hal ini akan sangat bergantung pada sasaran atau target Anda.

Anda bisa lebih mengutamakan dan memilih fokus ke Impression jika Anda ingin melakukan pelacakan iklan Anda dengan seiring berjalannya waktu. Sebab apabila Anda telah melakukan iklan akan tetapi hanya mendapatkan tampilan atau tayangan yang sedikit, bahkan ada yang yang mendapatkan tayangan sama sekali.

Hal itu bisa menjadi peringatan untuk Anda bahwa kemungkinan ada kesalahan dalam iklan, konten, atau postingan Anda, entah dari segi isi atau sudut pandang.

Sedangkan untuk Reach, Anda lebih bisa menautkan fokus Anda ke Reach apabila Anda ingin mengetahui adakah yang salah dari iklan, konten, atau postingan Anda. Itu artinya, Anda harus segera melakukan perbaikan. Sisi positifnya, jika jumlah Reach Anda sudah banyak, artinya, Anda sukses membuka jalan ke banyak audiens baru dan kemungkinan besarnya juga akan melahirkan konversi dalam bentuk lain.

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan tentang pembahasan Impression ini? Reach dan Impression adalah matrik pemasaran digital yang harus Anda pahami sehingga Anda bisa mencari upaya untuk meningkatkan penayangan iklan serta mencapai target bisnis sesuai harapan Anda. Untuk pembahasan yang lainnya terkait digital marketing, SEO, atau konsep pemasaran dan lainnya, Anda bisa kunjungi Digital Advertising Jakarta Marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id