You are currently viewing Kenali Apa Itu Consumer Behaviour

Kenali Apa Itu Consumer Behaviour

Consumer behaviour adalah segala kegiatan oleh konsumen yang berhubungan dengan mencari sampai mengevaluasi barang yang digunakan. Artinya pihak konsumen akan menjadi salah satu pihak yang mau membeli jasa atau barang tersebut.

Istilah consumer behaviour sendiri artinya perilaku konsumen yang fokusnya hanya untuk membeli serta menggunakan barang dan jasa itu. Untuk lebih jelasnya mengenai perilaku konsumen, anda bisa membaca artikel kali ini sampai selesai.


Apa Itu Consumer Behaviour?

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam dunia bisnis pasti akan ada dua pihak yang memiliki posisi berbeda. Pertama adalah pihak produsen atau penjual dan yang kedua adalah pihak konsumen, dan keduanya memiliki tugas yang berbeda.

Untuk pihak produsen, mereka bertugas untuk memproduksi barang maupun jasa yang sering dibutuhkan oleh pasar. Sementara konsumen adalah mereka yang akan menjadi orang atau pihak yang bertugas membeli barang dan atau jasa tersebut.

Perilaku konsumen atau consumer behavior merupakan studi mengenai organisasi dan individu tentang cara memilih dan menggunakan produk. Sementara bagian dari riset pasar sendiri berguna untuk memotivasi serta perilaku seseorang sebagai pelanggan atau konsumen.


Pahami Lebih Dalam Soal Consumer Behaviour

Seperti tadi, bahwa consumer behaviour adalah studi yang sering dilakukan pada konsumen dan bagaimana caranya mereka akan melakukan pembelian. Pasalnya perilaku konsumen seperti ini akan berkembang secara dinamis, terutama di zaman seperti sekarang ini, perilakunya dapat berubah.

Jadi dengan memahami pengertian consumer behavior ini, Anda sebagai serang bisnis dapat mengertia kebutuhan mereka. Sehingga produk atau layanan Anda bisa diterima dengan baik oleh perilaku konsumen tersebut.

Tidak hanya itu saja, melainkan pengertian consumer behaviour sendiri itu memang sangat penting untuk Anda ketahui. Dari segi produsen sendiri, pasalnya juga perlu tahu mengenai hal tersebut. Jadi dengan consumer behavior, maka semua konsumen bisa tahu mengenai kualitas barang dari seorang produsen.

Seperti tadi, bahwa consumer behaviour adalah suatu proses saat konsumen sedang berusaha mencari hingga menggunakan barang tersebut. Mulai dari proses mencari barang, memilih barang, lalu membelinya sampai dengan menggunakan dan mengevaluasinya.

Sementara di dalam konsumen memang terbagi menjadi dua yaitu Organizational Consumer dan personal Consumer. Organization Consumer yaitu kegiatan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa dalam kebutuhan organisasi. Sementara personal Consumer adalah konsumen yang akan dibeli sampai menggunakan barang/jasa untuk mereka gunakan sendiri.


Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen

Pasalnya banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi consumer behavior untuk menentukan pilihan produk mereka. Mulai dari pengaruh konsumen itu sendiri sampai dengan pengaruh yang berasal dari luar. Apa saja faktor tersebut?


1. Faktor Personal

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi consumer behaviour adalah dari diri mereka sendiri. Biasanya faktor personal seperti ini melibatkan antara satu orang bersama orang yang lainya.

Misalnya saja dari usia yang akan menjadi faktor untuk menentukan pilihan para konsumen tersebut. Tidak hanya itu saja, melainkan seseorang yang memiliki latar belakang pekerjaan berbeda juga menjadi faktor.

Ada juga faktor gaya hidup seperti seseorang yang mempunyai gaya hidup hidup sehat tentunya juga akan lebih menyukai makanan sehat pula. Sementara untuk seseorang yang suka nongkrong juga memiliki karakter yang berbeda.


2. Faktor Sosial

Consumer behaviour adalah seorang konsumen yang bisa menjadi pengaruh besar pada keputusan pembelian. Salah satunya adalah dari faktor keluarga yang merupakan faktor paling kecil.

Pasalnya keluarga dapat memberi pengaruh yang lebih besar sebab akan ada ikatan diantara keduanya. Sehingga apapun yang dibicarakan maka dapat menjadi untuk melakukan pembelian atau tidak.

Selain itu status sosial juga akan menjadi faktor untuk mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan barang atau jasa. Sebab, seseorang yang mempunyai status sosial tinggi tentu keputusan dalam membeli dapat berbeda pula.


Tipe Consumer Behaviour

Tentu akan ada banyak mengenai tipe consumer behaviour adalah yang bisa menjadi konsumen anda meskipun hanya satu produk saja. Oleh sebab itu, Anda harus tahu apa saja tipe-tipe tersebut dalam bisnis.


1. Habitual Buying Behaviour

Merupakan perilaku membeli yang telah terbiasa dan tidak akan berpikir panjang untuk menentukan pilihannya. jadi konsumen ini akan lebih cenderung pada kebiasaannya sebab barang yang mereka beli meliputi kebutuhan pokok.


2. Complex Buying Behaviour

Tipe konsumen yang satu ini adalah perilaku konsumen yang akan membeli barang yang komplek. Sehingga perilaku konsumen yang satu ini akan terjadi ketika konsumen yang ingin membeli barang namun tidak jadi karena sudah tahu harganya mahal.


3. Variety Seeking Behaviour

Atau perilaku saat ingin mencari berbagai macam produk. Biasanya konsumen seperti ini akan membeli produk yang sejenis namun dengan merek berbeda-beda. Artinya konsumen seperti ini akan mencari variasi dari produk merek lain.


Manfaat Consumer Behaviour untuk Bisnis

Consumer behaviour adalah memiliki peran yang sangat penting, terutama bagi bisnis karena mampu mendatangkan keuntungan. Lalu apa saja manfaat dari perilaku konsumen terhadap usaha atau bisnis? Berikut ulasannya!


1. Mampu Memahami Perbedaan Karakter dari Setiap Konsumen

Pasalnya konsumen akan memiliki karakter yang berbeda-beda dari satu konsumen ke konsumen lain. Oleh sebab itu, Anda dapat merancang sebuah program campaign yang terpisah saja dan sesuai karakter konsumen itu.


2. Mampu Mempertahankan Konsumen

Apabila konsumen telah suka pada produk, maka mereka akan melakukan pembelian secara terus-menerus pada produk itu sendiri. Sehingga Anda harus mempertahankannya supaya konsumen lebih loyal pada produk Anda.


3. Meningkatkan Daya Saing

Consumer behaviour adalah tindak perilaku seorang konsumen. Sementara setiap kompetitor produk tentu sangat banyak jumlahnya.

Ada yang menawarkan kelebihannya dari segi kualitas, harga sampai dengan pelayanannya. Namun perlu Anda ingat, bahwa kesadaran pada suatu merek jauh lebih berpengaruh pada harga.


4. Memprediksi Tren Pasar dengan Mudah

Manfaat consumer behavior atau perilaku konsumen yaitu mampu untuk memprediksi tren pasar. Sehingga Anda dapat melakukan analisis pada perilaku konsumen itu guna melihat pergeseran tren pasar dari waktu ke waktu.


Pentingnya Mengenal Konsumen di Era Digital

Untuk melakukan riset pasar, biasanya banyak studi yang harus Anda lakukan yakni dengan mengetahui perilaku konsumen. Pasalnya consumer behaviour inilah yang akan mendasari seorang konsumen agar membuat sebuat keputusan dalam membeli produk.

Sehingga memahami dan mempelajari lebih jauh mengenai consumer behaviour merupakan hal yang sangat penting dan berguna. Terlebih dari masa pandemi seperti sekarang ini, seolah-olah konsumen dipaksa agar melakukan perubahan hingga 5 tahun ke depan.

Sehingga perubahan ini akan membuat consumer behavior akan berubah total, sehingga sangat perlu untuk Anda mengetahuinya. Anda masih bingung? Sebaiknya segera kunjungi website di Marketz.id yang menyediakan berbagai macam pembahasan seputar bisnis dan lain-lain.

Setelah tahu bahwa consumer behaviour adalah tidak hanya untuk pengembangan suatu produk baru saja. melainkan juga untuk bisa melakukan perbaikan terhadap produk yang sudah ada sebelumnya.