Marketz.id – Ada banyak dari kita yang belum mengerti tentang apa itu SEO. Kebanyakan mengira SEO merupakan suatu cara supaya sebuah website menempati ranking paling atas di Google. Padahal lebih dari itu, pernyataan di atas hanya sebagian kecil dari kulit luar SEO sendiri.
Definisi SEO Bagi Sebuah Artikel
SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Satu upaya untuk mengoptimalkan sebuah website supaya menduduki ranking paling atas di sebuah hasil pencarian Google. Berbekal SEO ini, maka sebuah situs website akan mudah orang menemukan dan memiliki potensi menarik banyak traffic.
Lebih dalam lagi, SEO tidak hanya terbatas mengenai ranking di Google saja, melainkan mampu meningkatkan sebuah kualitas serta kuantitas traffic kunjungan ke website Anda.
Maksudnya, para pengunjung situs tersebut tidak hanya sekedar mampir ke website Anda, namun juga turut melancarkan usaha Anda untuk meraih target dalam tujuan website yang Anda bangun. Seperti meningkatkan branding usaha Anda dan mendongkrak nilai transaksi.
Mengapa dari banyaknya mesin pencarian seperti Yahoo, Amazon, Bing, dan sejenisnya tapi yang diutamakan malah SEO Google? Jawaban dari pertanyaan di atas simpel, jelas karena Google adalah search engine yang paling banyak digunakan dan favorit banyak pengguna internet. Hampir 3,5 miliar pencarian menggunakan Google dalam sehari. Angka tersebut menjadikan Google mampu menguasai 90% pasar search engine di dunia.
Dengan banyaknya pengguna dari search engine ini, SEO Google mampu menentukan keberhasilan dari suatu situs website. Berbekal SEO yang bagus, sebuah website dapat menjaring lebih banyak traffic kunjungan. Sekitar 53% traffic website berasal dari hasil pencarian organik (SEO).
Lalu yang dimaksud pencarian organik ini adalah hasil dari aktivitas pencarian sebuah informasi dengan mengetikkan keyword di Google. Tidak hanya sebatas traffic, jangkauan audiens yang Anda targetkan juga tepat sesuai tujuan.
Perbedaan Apa Itu SEO dan SEM
Kedua istilah di atas terdengar mirip, namun keduanya memiliki definisi yang berbeda. Perbedaan seo dan sem tersebut terletak pada fokus cara kerja keduanya. SEO berfokus pada peningkatan performa suatu website.
Sedangkan SEM menitik beratkan untuk menjaring traffic secara instan. SEM (Search Engine Marketing) adalah suatu strategi marketing yang bertujuan untuk menempatkan sebuah website di hasil paling atas di laman pencarian.
Berbeda dengan SEO yang gratis (berbayar sesuai tools yang dipakai). SEM cenderung harus membayar mulai dari nominal tertentu supaya iklan tetap berada di posisi teratas. Website dengan SEO bagus akan tampil di posisi teratas laman Google tanpa embel-embel iklan. Sedangkan SEM menampilkan tulisan “iklan” atau “ad” pada web penggunanya.
Soal waktu, untuk SEO, sebuah website membutuhkan waktu yang tergolong lama supaya menduduki peringkat teratas. Berbeda dengan SEM, website yang menggunakan SEM cenderung lebih instan untuk tampil di posisi paling atas.
Perbedan dari apa itu SEO dan SEM yaitu SEO lebih organic traffic, sedangkan SEM bersifat organic traffic dan paid search yang berarti kunjungan berasal dari iklan yang berbayar.
Untuk performa, SEO lebih berjangka panjang, rangking tidak turun dengan mudah, seiring dengan optimasi SEO yang rutin. Sedangkan SEM berjangka pendek, tergantung durasi iklan yang dibayar. Ketika durasi iklan tersebut habis, maka otomatis ranking website akan turun kembali seperti semula.
Meski SEM dapat menghasilkan secara instan, tidak berarti SEO tidak mampu bekerja efektif lagi. Terbukti dengan 70-80% pengguna mengabaikan hasil pencarian yang berbayar dan cenderung memilih konten web yang naik secara organik. Kebanyakan juga malas untuk mengklik suatu konten dengan embel-embel iklan.
Manfaat SEO Untuk Website dan Bisnis
Pertanyaan tentang mengapa harus repot-repot menerapkan SEO pada sebuah website? Sedangkan semua orang kini bisa promosi melalui channel marketing yang lain seperti fitur swipe up dan link bio di Instagram.
Perlu untuk Anda perhatikan, sebagian besar dari traffic tersebut, terutama web bisnis, total traffic terbanyak datang dari hasil pencarian di sebuah search engine (Google). Entah apapun itu bidang industrinya. Berikut beberapa manfaat dari apa itu SEO yang perlu Anda ketahui:
Membantu Audiens Untuk Menemukan Website yang Tepat
SEO merupakan satu dari sekian strategi untuk membantu target audiens menemukan website Anda. Dengan SEO ini memungkinkan website Anda muncul di posisi paling atas halaman pertama Google.
Tidak dapat dipungkiri, posisi rangking ini berpengaruh dengan traffic audiens terhadap website Anda. Karena hampir 75% lebih orang malas untuk scrolling dan berpindah ke halaman kedua bahkan seterusnya.
Menjaring Audiens yang Banyak dan Tepat
Tidak berhenti sampai membantu audiens menemukan website saja. Apa itu SEO juga mampu membantu Anda menjaring audiens lebih banyak dan tepat? Tentu saja iya.
Anda dapat menggunakan kata kunci (keyword) menyesuaikan dengan tujuan audiens dalam menelusuri suatu keyword. Perlu Anda tahu, algoritma Google juga mengutamakan sebuah pengalaman pencarian yang unik.
Maksudnya yaitu algoritma Google akan merekomendasikan sebuah konten yang akan tampil di laman hasil pencarian tersebut dengan mempertimbangkan berbagai karakteristik dari audiens tersebut. Seperti mempertimbangkan lokasi, gender, usia, histori pencarian, dan lain sebagainya.
Berguna Sebagai Investasi Jangka Panjang
SEO juga bisa dapat berguna sebagai investasi jangka panjang bagi seorang pengusaha maupun konten kreator. SEO Google dapat memperbesar peluang dan kesempatan dalam berbisnis. Hasil pencarian yang relevan mampu berpengaruh sebesar 39% keputusan audiens dan calon pembeli.
Membangun Suatu Top of Mind Brand
Top of mind brand yaitu suatu brand produk yang audiens ingat-ingat kali pertama ketika memikirkan sebuah kategori produk. Ketika website Anda berhasil menguasai ranking teratas di halaman pertama Google, tentu situs website Anda memiliki pondasi yang kuat sehingga sulit untuk digeser.
Saat website Anda punya traffic yang bagus, maka Google akan sering merekomendasikan kembali web Anda kepada audiens yang pernah mengunjungi sebelumnya. Sehingga para audiens tersebut tidak akan mudah melupakan produk yang Anda tawarkan. Setelah memahami apa itu SEO dan berbagai manfaatnya, simak jenis-jenis dari SEO di bawah.
Berbagai Jenis SEO
Search Engine Optimization sendiri ada beberapa jenisnya, seperti SEO On Page, Off Page, dan Technical SEO.
Apa Itu SEO On Page
SEO On Page merupakan upaya mengoptimalkan SEO pada bagian terdepan sebuah website. Hal-hal yang perlu dimaksimalkan antara lain permalink, struktur konten, judul, gambar konten, kualitas konten, sebaran keyword, dan elemen SEO. Dengan SEO On Page ini konten yang Anda buat akan mudah muncul di Google.
Semakin relevan konten dan keyword yang Anda bidik, semakin cepat pula audiens menemukan apa yang mereka butuhkan, sehingga Google akan menaikkan dan mempertahankan ranking Anda.
Apa Itu SEO Off Page
SEO ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan SEO di luar website Anda. Hal yang perlu ditingkatkan antara lain link building, peningkatan domain authority, page authority, guest log, dan promosi.
Technical SEO
Adalah upaya optimasi SEO di bagian dalam sebuah website, secara umum beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam SEO jenis ini antara lain: kecepatan akses website, XML sitemap, keamanan website, theme responsive, layout website, navigasi, dan struktur website.
Dengan memahami apa itu SEO, penerapan dan penggunaannya yang tepat, maka traffic website Anda akan meningkat. Meski sudah memahami beberapa hal mengenai SEO, namun untuk mempertahankan ranking dan pamor website tersebut, Anda juga perlu meningkatkan pengelolaan SEO di website Anda secara berkala. Untuk itu marketz.id sebagai SEO Marketing Agency dan SEM Agency hadir untuk menjawab segala kebutuhan Anda mengenai SEO dan Strategi Promosi Secara Online produk impian Anda.