SEO Marketing

SEO Marketing Dari Mulai Cara Kerja Hingga Cara Mengoptimalkannya

Marketz.idBanyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan traffic kunjungan dalam sebuah website, sebagaimana yang diketahui bahwa website ini merupakan sebuah ‘rumah’ bahkan juga dijadikan sebagai identitas sebuah bisnis secarah digital, karena dengan punya website maka lebih mudah juga bagi khalayak atau masyarakat secara luas untuk mengetahui tentang bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkannya adalah dengan SEO marketing.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Pengertian SEO Marketing

Istilah SEO sendiri mungkin masih cukup asing di telinga Anda, namun bagi kalangan yang bergerak di bidang digital marketing pastinya populer dengan istilah yang satu ini. Dimana SEO marketing adalah singkatan dari search engine optimization, sebuah teknik yang dipakai untuk mengoptimalisasi website, sehingga nantinya bisa berada di halaman pertama sebuah mesin pencari, jika ada user yang mencarinya lewat Google dengan mengandalkan keyword atau kata kunci tertentu.

Pada dasarnya SEO ini lebih fokus pada kata kunci, sehingga jika konten yang dibuat tidak dibekali dengan kata kunci, secara otomatis akan sulit untuk ditemukan dalam sebuah mesin pencari. Pastinya kehadiran dari SEO ini juga memberikan banyak manfaat dalam bisnis, mulai dari membantu untuk meningkatkan traffic website, membantu untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan berguna untuk menggenjot atau mendongkrak penjualan barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand.

Cara Kerja SEO Marketing

Mungkin masih banyak juga diantaranya yang bertanya-tanya mengenai cara kerja dari SEO marketing ini, pada dasarnya bukan secara otomatis nantinya website akan langsung muncul di halaman pertama mesin pencari hanya dengan membuat konten berkeyword, apalagi jika dilihat kompetitornya juga banyak dengan konten yang memakai keyword sama. Berikut ini setidaknya ada beberapa hal yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Crawling, ini merupakan sebuah proses yang pertama kali dilakukan oleh mesin pencari, dimana crawling akan dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan mengenai informasi detail terkait dengan sebuah website. Proses yang satu ini akan dilakukan oleh sebuah bot yang secara terus-menerus akan mengumpulkan informasi detail mengenai website tersebut.
  2. Indexing, setelah mesin pencari tersebut melakukan crawling, maka dalam tahapan yang selanjutnya akan dilakukan indexing, yaitu data yang didapatkan akan disimpan dalam sebuah database search engine dengan menggunakan kata kunci tertentu. Tentunya halaman yang belum terindeks nantinya tidak akan ditampilkan dalam sebuah mesin pencari.
  3. Processing, dalam tahapan yang satu ini nantinya mesin pencari akan menerima permintaan dari user yang diinputkan kata kunci dan diketikkan dalam mesin pencari, sehingga akan dilakukan pembandingan keyword atau kata kunci dan membandingkannya dengan website yang telah terindeks oleh database.
  4. Calculating relevancy, ini merupakan perbandingan halaman-halaman website yang sudah di indeks untuk menemukan manakah yang paling relevan serta layak untuk dimunculkan, jadi semakin relevan sebuah website maka kemungkinan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari akan jauh lebih tinggi.
  5. Retrieval, ini merupakan langkah yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menampilkan website atau halaman yang relevan sesuai dengan yang diminta oleh user, setiap search engine pada dasarnya punya algoritmanya sendiri-sendiri, karena itulah hasil dari pencariannya pun berbeda-beda pula.
  6. Ranking, dalam tahap akhir akan dilakukan perankingan, mesin pencari tidak akan sembarangan dalam memposisikan perankingan ini, melainkan melalui proses yang panjang sebelumnya sehingga mendapatkan hasil yang paling relevan untuk ditampilkan kepada pengguna.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Tips Mengoptimalkan SEO Marketing

Guna mendapatkan hasil maksimal dari SEO marketing yang Anda terapkan dalam sebuah website, pastinya tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan ada serangkaian strategi yang bisa diterapkan disini, diantaranya adalah:

  1. Menargetkan long tail keyword, riset kata kunci merupakan hal utama dan wajib dilakukan dalam penerapan teknik SEO ini, dimana nantinya Anda akan lebih mudah mengetahui tentang istilah-istilah apa saja yang paling banyak digunakan oleh user di mesin pencari. Jadi Anda harus memahami berbagai jenis kata kunci dalam SEO, seperti diantaranya adalah seed, sinonim, long tail keyword dan terkait secara semantik. Paling tidak dalam hal ini Anda juga harus mempertimbangkan mengenai volume pencarian dan tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut. Disini tujuan Anda adalah untuk mengalahkan kompetitor yang sudah dulu ada di halaman pertama, sehingga harus lebih berhati-hati dalam memilih kata kunci yang akan digunakan.
  2. Menyesuaikan konten dengan maksud atau istilah pencarian, jangan hanya membuat konten yang sekedar bombatis di bagian judulnya, namun ternyata konten yang ada didalamnya tidak sesuai. Hal ini juga akan mempengaruhi SEO dalam website Anda, apalagi dengan algoritma mesin pencari yang selalu update, sehingga akan membantu user untuk menemukan yang paling sesuai atau relevan dengan apa yang diinginkan. Sehingga penting untuk tidak asal-asalan dalam membuat kontennya, pastikan bahwa konten yang dibuat dapat menjawab berbagai jenis maksud pencarian layaknya informasi, navigasi, komersial maupun transaksi.
  3. Sertakan kata kunci target didalam tag judul, tag judul ini pada dasarnya juga punya peranan penting dalam SEO, karena dalam tag judul ini akan membantu menunjukkan mengenai isi yang ada dalam konten tersebut kepada user. Tentunya user ingin agar diarahkan kedalam sebuah laman atau website, dimana didalamnya terdapat konten yang sesuai dengan apa yang diinginkan bukan, sehingga penting untuk menyertakan pula kata kunci tersebut dalam tag judul. Karena dengan menstimulasi tag judul ini nantinya mesin pencari bisa menemukan website Anda secara lebih mudah serta akan memberikannya peringkat yang lebih tinggi.
  4. Mendapatkan backlink yang resmi, maksud dari backlink resmi ini adalah backlink yang didapatkan dari website-website yang sudah besar atau terkemuka. Karena algoritma yang ada dalam Google ini nantinya akan melihat backlink tersebut sebagai dukungan atau bentuk kepercayaan bagi website Anda sekaligus juga akan mempertimbangkan otoritas dari domain sumber guna memvalidasi. Backlink yang Anda dapatkan dari satu website terpercaya lebih diperhitungkan dibandingkan yang berasal dari beberapa website yang kurang terpercaya karena akan dihitung sebagai spam. Jadi dengan adanya backlink yang berasal dari satu website terpercaya akan membantu untuk meningkatkan traffic website tersebut.

Jika terasa terlalu sulit untuk dilakukan sendiri, cukup percayakan kegiatan SEO marketing ini kepada digital agency yang tepat seperti Marketz. Justru akan jauh lebih hemat bagi bisnis atau perusahaan Anda dengan menggunakan jasa dari digital agency dibandingkan menghire tenaga khusus untuk SEO website. Apalagi sebenarnya Marketz ini tidak sekedar menawarkan teknik digital marketing dalam bentuk SEO saja, melainkan juga dengan beberapa teknik yang lain, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bukan termasuk pemain baru lagi, karena Marketz sudah hadir cukup lama, sejauh ini juga telah ada lebih dari 100 klien dari berbagai perusahaan yang sudah ditangani oleh Marketz.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Similar Posts