Mengenal Search Engine Optimization (SEO), Cara Kerja dan 3 Jenisnya

Marketz.id Untuk Anda yang tertarik di dunia digital marketing tentunya sudah mengenal salah satu bagian dari digital marketing itu sendiri yakni SEO atau Search Engine Optimization. Strategi yang satu ini menjadi salah satu hal yang penting dan wajib diketahui karena dapat membantu Anda untuk meningkatkan situs web milik Anda untuk muncul di mesin pencarian dan mudah untuk ditemui oleh para pelanggan.

Selain itu,, metode digital marketing yang satu ini juga dapat meningkatkan kualitas upaya pemasaran yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Terlebih lagi, strategi yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. 

Oleh sebab itu kepopuleran saat ini membuat banyak perusahaan yang menggunakan strategi yang satu ini. Nah untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai SEO atau Search Engine Optimization simak ulasan berikut ini.

Daftar Isi

Mengenal Lebih Jauh Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web atau halaman web di mesin pencari. SEO menargetkan lalu lintas yang tidak dibayar yang umum dikenal sebagai hasil “alami” atau “organik” dan berbeda dengan traffic berbayar. Lalu lintas tidak berbayar atau organic dapat berasal dari berbagai jenis penelusuran, termasuk penelusuran gambar, penelusuran video, penelusuran akademik, penelusuran berita, dan mesin telusur vertikal khusus industri. 

Secara sederhana strategi yang satu ini dapat diartikan sebagai serangkaian praktik yang dirancang untuk meningkatkan tampilan dan posisi halaman web dalam mesin pencarian secara organik. Karena pencarian organik adalah cara paling efektif bagi orang untuk menemukan dan mengakses konten online, strategi Search Engine Optimization yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web Anda.

Strategi ini akan membuat situs web Anda memiliki peringkat tinggi di berbagai mesin pencari, seperti Google dan Bing. Tentunya dengan menduduki peringkat tertinggi di mesin pencarian berarti situs web Anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mengubah audience menjadi pelanggan, tetapi bagaimana SEO bekerja? Simak ulasannya dibawah ini.

Bagaimana SEO Bekerja?

Saat ini orang menggunakan mesin pencari untuk menjawab hampir semua pertanyaan mereka. Apapun yang perlu Anda ketahui jawabannya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetik di Google yang akan mengarahkan Anda menuju ribuan daftar hasil pencarian yang tak ada habisnya. Sebenarnya bagaimana SEO itu sendiri bekerja?

Strategi digital marketing yang satu ini bekerja dengan membuat perubahan tertentu pada desain dan konten situs web Anda yang membuat situs Anda lebih menarik untuk mesin pencari. Tentunya Anda melakukan ini dengan harapan mesin pencari akan menampilkan situs web Anda sebagai hasil teratas di halaman hasil mesin pencari.

Seperti yang baru saja dijelaskan, algoritma Google melihat ratusan faktor untuk memutuskan situs web mana yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian dan dalam urutan berapa. Lalu bagaimana mesin pencari menetapkan peringkat sebuah situs web? 

Crawling

Mesin pencari seperti Google dan Bing memiliki sejumlah faktor untuk menentukan dan menyediakan konten yang paling relevan untuk istilah pencarian tertentu. Tetapi sebelum mereka dapat melakukan itu, mesin pencari harus terlebih dahulu melakukan proses crawling dan mengindeks situs web. Inilah yang dimaksud dengan crawling dan pengindeksan. Crawling adalah proses penemuan dan terjadi ketika mesin telusur menjelajahi mesin telusur untuk menemukan konten yang telah diperbarui dan baru.

Menurut Google, mereka menggunakan perangkat lunak yang dikenal sebagai crawling web untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum dan kemudian melihat halaman web dan mengikuti tautan di halaman tersebut, seperti yang Anda lakukan jika Anda menjelajahi konten di web.

Proses ini akan beralih dari tautan ke tautan dan membawa data tentang halaman web tersebut dan kemudian kembali ke server Google. Selain halaman web, konten juga bisa berupa gambar, video, file PDF, posting blog, dll. Tapi apapun formatnya, konten selalu ditemukan bersama dengan tautan. Jadi agar situs web Anda dapat ditemukan di hasil pencarian secara organik, pastikan setiap halaman situs web Anda ter-crawling dengan baik.

Pengindeksan

Pengindeksan adalah proses di mana mesin pencari seperti Google mengatur informasi sebelum pencarian untuk memberikan tanggapan cepat terhadap pertanyaan pengguna. Secara umum, Google dan mesin pencari lainnya memiliki data terstruktur dari halaman web dan konten lain yang mereka ketahui. Dan setelah halaman-halaman ini di indeks, mesin pencari dapat menggunakan informasi yang dimilikinya mengenai halaman-halaman ini dan kontennya dan akan memutuskan apakah akan menampilkan konten tersebut di hasil penelusuran mereka.

Setelah proses crawling dan pengindeksan terjadi, mesin pencari akan menganalisis halaman web berdasarkan faktor peringkatnya, seperti kecepatan, backlink profile, penggunaan kata kunci, ramah seluler dan banyak lagi. Perlu diingat bahwa mesin pencari tidak mempublikasikan faktor penentu peringkat mereka.

Jenis-Jenis SEO

Sebagai digital marketer, mengetahui cara mengelola merek, situs web, atau perusahaan Anda untuk ditemukan oleh mesin pencari dan memahami bagaimana SEO berkembang akan membuat bisnis Anda tetap berada di peringkat teratas. Meskipun strategi yang satu ini sering mengalami perubahan dalam hal-hal kecil, akan tetapi prinsip utamanya tidak mengalami perubahan. Berikut ini tiga komponen inti atau pilar yang perlu Anda ketahui mengenai SEO yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi website Anda.

Technical SEO – Technical SEO adalah proses menyelesaikan aktivitas di situs Anda yang dirancang untuk meningkatkan SEO yang tidak berkaitan dengan konten yang umumnya  terjadi di belakang layar.

On-page SEO –  On-page SEO adalah proses memastikan konten di situs web Anda sudah relevan dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Ini termasuk menargetkan kata kunci yang tepat dalam konten Anda dan dapat dilakukan melalui sistem manajemen konten. Contoh umum sistem manajemen konten termasuk WordPress, Wix, Drupal, Joomla, Magento, Shopify, dan Expression Engine.

Off-Page SEO –  Optimasi Off-Page adalah proses meningkatkan peringkat mesin pencari situs Anda melalui aktivitas di luar situs itu sendiri. Teknik yang satu ini sebagian besar didorong oleh penggunaan backlink yang dapat membantu membangun reputasi situs Anda. 

Macam-Macam Strategi SEO

Setiap panduan tentang cara kerja SEO harus menjelaskan jenis-jenis strategi SEO, antara lain:

White-hat SEO – Strategi white-hat SEO menggunakan praktik terbaik yang direkomendasikan dan taktik yang berfokus pada pengguna untuk mengoptimalkan situs Anda. Misalnya, strategi yang satu ini meliputi konten yang bermanfaat, meningkatkan kecepatan halaman, dan memasukkan kata kunci secara alami.

Black-hat SEO   Strategi black-hat SEO menggunakan taktik yang tidak disetujui dan berisi spam untuk mengoptimalkan situs Anda, seperti membeli backlink, menyalin konten dari situs lain, atau bahkan memasukkan kata kunci pada halaman melalui teks yang tidak terlihat.

Jika Anda ingin membuat strategi digital marketing yang satu ini berfungsi untuk bisnis Anda dalam jangka panjang, berinvestasilah dalam strategi white-hat SEO. Nah itu dia penjelasan seputar Search Engine Optimization yang perlu Anda ketahui. 

Mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari tentunya membutuhkan usaha jika mengalami kesulitan dalam mengoptimasi website bisnis Anda segera temukan jasa SEO untuk membantu Anda.

Marketz adalah digital marketing yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mengoptimalkan situs web klien agar lebih menarik di mesin pencarian. Kunjungi websitenya di https://marketz.id/ dan temui pakar SEO terbaik untuk mendiskusikan berbagai strategi untuk mengoptimalkan situs web bisnis Anda!