You are currently viewing Perbedaan SEO dan SEM yang Paling Mendasar, Berikut Penjelasannya!

Perbedaan SEO dan SEM yang Paling Mendasar, Berikut Penjelasannya!

Marketz.idJika Anda memiliki website supaya bisa memperoleh posisi paling atas dalam mesin pencarian, sebaiknya ketahui dulu apa saja perbedaan SEO dan SEM. Pasalnya keduanya ini adalah strategi optimasi website yang berguna untuk memperoleh posisi teratas di mesin pencarian atau Google.

Meski demikian, ternyata keduanya memiliki banyak perbedaan yang mana banyak orang yang belum mengetahuinya. Jika Anda adalah salah satunya, maka sangat penting untuk memahami dan mengetahui apa saja perbedaannya tersebut.

Apalagi ketika terjun ke dunia pemasaran, terutama digital marketing, tentunya akan ada banyak strategi yang akan diterapkan di saja. Salah satu tujuannya adalah untuk menunjang hasil kerja dari marketer.

Karena selain hanya memanfaatkan platform berupa media sosial, ada banyak lagi strategi lain yang sering diterapkan. Misalnya saja adalah SEO dan SEM, lalu apa yang dimaksud kedua kata itu?

Berikut Ini Beberapa Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Anda Ketahui

Di dalam digital marketing, untuk memahami SEO maupun SEM merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan, terutama bagi seorang pemula. Pasalnya keduanya ini sangat berguna untuk meningkatkan traffic dalam pemasaran penjualan atau promosi.

Sementara itu website sendiri merupakan tool yang sering digunakan untuk mengarahkan trafik yang lebih relevan lagi. Dengan tujuan untuk menarik calon pelanggan yang kemungkinan akan tertarik dengan layanan atau produk yang ditawarkan itu.

Jika semakin meningkat trafik di website, itu artinya Anda akan memiliki banyak peluang untuk bisa menempatkan perusahaan Anda di depan konsumen. Namun untuk bisa mendapatkan trafik banyak memanglah bukan suatu perkara yang mudah.

Seperti yang kita ketahui tadi, bahwa untuk bisa memiliki trafik lebih banyak, maka website Anda harus berada dalam posisi teratas di mesin pencarian. Tentunya hal ini sangat menyangkut SEO maupun SEM.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Tentang SEO dan SEM

Sebelum lebih lanjut mengetahui perbedaan SEO dan SEM sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertiannya masing-masing. SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi marketing yang berguna untuk mengoptimalkan sebuah website.

SEO sangat berfungsi sebagai meningkatkan traffic organic website pada search result pages. Indikator utama atas keberhasilan SEO itu adalah jika semakin tinggi posisi website, maka akan semakin tinggi pengunjung yang sering mengunjungi website tersebut.

Sementara itu, SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi marketing yang berguna untuk menaikkan website ke peringkat paling atas. Tujuannya adalah untuk bisa meningkatkan kembali jangkauan suatu perusahaan dengan berbayar.

Pasalnya SEM akan menggunakan Google Ads guna menawarkan atau mengiklankan jasa atau produk. Biasanya SEM sering digunakan untuk online shop maupun e-commerce. Antara SEO dan SEM memang memiliki perbedaan, berikut ini penjelasannya!

Tampilan Hasil Pencarian

Perbedaan SEO dan SEM yang pertama adalah mengenai tampilan pada hasil di mesin pencarian Google maupun yang lain. Untuk hasil pencarian SEO pastinya akan muncul sebuah featured snippets pada mesin pencarian.

Smenetara di hasil pencarian SEM akan berisikan komponen ekstensi iklan seperti nomor telepon, links maupun keterangan yang lain.

Penempatan di Hasil Pencarian

Jika tadi mengenai penampilan pada mesin pencarian, kini berbeda lagi yaitu pada penempatan pada hasil pencarian. Pasalnya SEM dengan menggunakan taktik yang berbayar biasanya akan dianggap sebagai iklan.

Sementara itu pada hasil pencarian dengan menggunakan teknik SEO biasanya akan muncul pada hasil pencarian yang organik.

Mengenai Biaya

Perbedaan SEO dan SEM selanjutnya yaitu terletak pada biayanya. Nah, untuk bisa menggunakan SEO, maka Anda tidak harus membayar sebesar satu persen untuk melakukannya.

Sebab, Anda cukup melakukan langkah khusus saja supaya SEO bisa berjalan lebih efektif lagi. Sementara itu pada SEM Anda memang perlu membayar dengan tujuan supaya bisa memaksimalkan lebih baik.

Seperti yang kita ketahui, bahwa SEM sangat terkenal dengan sebutan Paid Traffic yang artinya Anda wajib membayar uang. Dengan tujuan supaya website yang Anda promosikan itu bisa berada pada posisi paling teratas di mesin pencarian Google.

Secara spesifik, SEM adalah bentuk dari SEO yang memiliki sifat untuk selalu menggunakan sistem periklanan dengan tujuan memperoleh Clicks atau Impressions. Nah, Anda bisa juga menggunakan SEM sebagai meningkatkan awareness usaha atau bisnis Anda.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Target Audiens

Pada bagian ini Anda akan bisa mengetahui apa saja perbedaan SEO dan SEM. Sebab jika dengan menggunakan SEM, maka Anda bisa dengan mudah untuk memiliki target audiens yang Anda inginkan sendiri.

Mulai dari kategori jenis kelamin, umur, wilayah maupun yang lainnya dan ini lebih baik lagi daripada dengan menggunakan SEO. Tidak hanya itu saja, melainkan target audien yang akan digunakan pada SEM juga lebih terukur dan dapat dilakukan ketika awal melakukan pengaturan iklan.

Sementara itu pada penerapan SEO, Anda akan lebih sulit untuk melakukan target audiens seperti pada SEM. Pasalnya Anda harus bisa menaikkan konten dahulu di website Anda dan nanti baru dapat menganalisis konten tersebut sudah sesuai dengan target atau belum. Apabila tidak, maka Anda harus melakukan optimasi lagi sampai berhasil.

Proses Maupun Hasil

Ketika Anda akan mengampanyekan brand milik Anda dengan SEM, maka iklannya akan langsung muncul pada mesin pencarian Google. Begitu sebaliknya, jika menggunakan SEO maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama supaya brand Anda bisa memperoleh ranking teratas.

Biasanya SEO akan menghasilkan sekitar 6 hingga 12 bulan lamanya. Bahkan itu semua juga tergantung dari tingkat kesulitan keyword maupun keahlian Anda ketika melakukannya.

Potensi Click Through Rate (CTR)

Perbedaan SEO dan SEM mengenai potensi Click Through Rate dan biasanya CTR SEO akan lebih besar daripada SEM. Meskipun keduanya akan digunakan serta hasil SEO maupun SEM akan tampil pada halaman pertama secara bersamaan.

Kemungkinan besar pula, seseorang akan melakukan klik pada bagian iklan yang berbayar justru lebih kecil daripada optimasi SEO. Hal ini karena seseorang cenderung kurang senang terhadap tanda Iklan yang sering muncul bersamaan pada barisan teratas di mesin pencarian.

Selain itu mereka juga akan berpikir bahwa link yang sering muncul sebagai tanda iklan itu biasanya hanya iklan biasa saja . Belum tentu juga mempunyai konten yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagaimana Jika untuk Testing?

Anda dapat secara langsung untuk mematikan maupun menghidupkan sebuah iklan pada SEM. Sehingga ini dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan testing mengenai strategi marketing milik Anda sudah diterima audiens atau belum.

Sebab, dengan menggunakan SEM anda juga bisa untuk selalu merevisi judul iklan, merubah konten, maupun untuk mengganti target audiens. Namun Anda tidak dapat melakukan hal yang serupa dengan SEO, sebab membutuhkan waktu cukup lama untuk memperoleh hasilnya.

Perbedaan SEO dan SEM memang cukup berbeda, namun keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menggunakan jasa seo jakarta Martketz untuk mendapatkan panduan SEO Marketing untuk mengembangkan bisnis Anda agar lebih maju.

Jasa Digital Marketing Marketz.id