Lakukan Search Engine Marketing (SEM) untuk Meningkatkan Konversi Profit Bisnismu

Lakukan Search Engine Marketing (SEM) untuk Meningkatkan Konversi Profit Bisnismu

Tahukah kamu bahwa Search Engine Marketing (SEM) bisa meningkatkan trafik website dan membesarkan bisnismu dengan cepat? Salah satu keunggulan SEM adalah strategi ini cenderung cepat memberikan hasil konversi campaign ketimbang SEO yang konversinya lama. 

Tertarik ingin tahu lebih banyak tentang SEM? Mulai dari pengertian Search Engine Marketing, apa bedanya SEM dan SEO, Manfaat Menggunakan SEM untuk bisnismu, kelebihan dan kekurangan dari strategi SEM akan kami ulas melalui artikel ini. Selamat membaca. 🙂 

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

search engine marketing SEM

Penjelasan mudahnya, Search Engine Marketing adalah strategi memasarkan website melalui iklan di halaman mesin pencari. Bila kamu teliti, saat mengetik keyword pada kotak bar pencarian google, jasa digital marketing misalnya. 

Coba cek posisi teratas dengan mengklik kata kunci berikut; jasa digital marketing. Bagaimana? Kamu pasti melihat list website dengan tagline: “ads atau iklan” – Itulah yang kita kenal dengan strategi search engine marketing.

Sebagai tambahan informasi, kadang, ada beberapa kata kunci yang tingkat kesulitannya tinggi dimana halaman top 1 google didominasi oleh media besar, perusahaan besar, dan eCommerce. Kalau kamu berniat mendirikan digital marketing agency, misalnya Namanya Marketz.id. Nah, kamu bisa melakukan strategi SEM agency milikmu agar tampil di halaman teratas google, begitu kira-kira ilustrasi penjelasan terkait SEM. Semoga membantu ya. Yuk kita belajar lebih banyak lagi tentang strategi digital marketing satu ini.

Cara Kerja Search Engine Marketing Dalam Memasarkan Bisnismu di Halaman Mesin Pencari

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentang SEM adalah strategi ini mengharuskan pengguna untuk berinvestasi pada iklan di halaman penelusuran berbayar, google ads misalnya. Dalam strategi search engine marketing, model periklanannya adalah PPC (pay per click). 

Tentunya yang mengincar kata kunci “jasa digital marketing” tidak hanya kamu seorang, tapi digital marketing agency lainnya juga bersaing untuk memperebutkan posisi halaman pertama dengan strategi search engine marketing. Untuk itu, kami sudah menyediakan panduan ringkas step by step bagaimana kamu bisa menerapkan search engine marketing dengan mudah. Yuk ikuti langkah mudahnya dibawah ini;

4 Langkah Mudah Memahami Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM) untuk Bisnis Kamu

Gimana sih cara kerja kampanye SEM? Well, asalkan kamu mengikuti panduan ini, kamu pasti bisa berhasil membuat kampanye iklan ppc ads pertamamu di halaman iklan berbayar di google. Yuk langsung saja, begini cara kampanye search engine marketing bekerja;

 1. Daftar dan Buat Akun Google Ads

Step pertama, kunjungi halaman website google ads, kemudian daftar untuk pembuatan akun google ads. Begitu kamu sudah memiliki akun, maka kampanye digital sudah mulai bisa dibuat, sebelumnya, kamu bisa mengatur setting kampanye digital yang kamu inginkan mulai dari bujet iklan, target audience iklan, demografi audience, umur, interest, copy iklan, dan masih banyak lagi.

2. Menargetkan Kata Kunci Pada Google Ads

Langkah selanjutnya, kamu harus menentukan sebuah keyword yang akan kamu gunakan untuk kampanye iklan di google ads. Biasanya, kata kunci yang kamu targetkan, misalnya; jasa seo, pengiklan lain pun akan menargetkan kata kunci yang sama saat melakukan kampanye search engine marketing dengan sistem lelang.

3. Hasil Keyword yang Ditargetkan Akan Ditampilkan Pada Halaman Mesin Pencari

Pada tahap ketiga, seperti yang kita ketahui bahwa layanan kampanye iklan melalui strategi search engine marketing menggunakan sistem lelang. Biasanya, pengiklan yang memiliki anggaran budget ads yang banyak lebih berpeluang lebih besar dalam menggaet pelanggan melalui konversi strategi SEM di mesin pencari. Jadi, pastikan anggaranmu cukup besar ya supaya bila kata kunci yang kamu targetkan lolos lelang dan masuk ke halaman 1 pencarian lewat SEM, pastikan untuk mempertahankan campaign ads tersebut agar tidak direbut oleh pengiklan lain.

4. Kampanye Iklan Bisnismu Tampil di Halaman Mesin Pencari

Terakhir, iklan kamu akan tampil di halaman pencarian dengan durasi yang sudah kamu atur sesuai bujet yang diinvestasikan. Ketika iklan sudah tayang di mesin pencari, kamu bisa mengecek laporan kinerja iklan kamu. Strategi search engine marketing mudah, bukan?

3 Manfaat Strategi SEM untuk Bisnis Kamu

Sekalipun kamu sudah tahu cara kerja strategi search engine marketing, tapi masih ada sebagian pebisnis yang masih ragu untuk apa sih repot-repot mengiklankan produk atau jasa milikmu di halaman mesin pencari, untuk itu, kami berikan 3 manfaat yang akan kamu dapatkan bila menerapkan SEM untuk bisnismu.

1. Meningkatkan Brand Awareness & Konversi Penjualan

Manfaat pertama yang akan berdampak baik pada bisnismu adalah meningkatnya brand awareness di kalangan pengguna yang menggunakan mesin pencari google. Kenapa demikian? Karena posisi website teratas ditempati oleh web yang mengiklankan bisnisnya melalui strategi SEM via google ads. Begitu ada pengunjung yang mengklik, maka mereka akan diarahkan ke halaman landing page atau halaman jasa dan produk milikmu, bila mereka tertarik untuk membeli, disitulah konversi strategi SEM berhasil.

2. Biaya Iklan Ramah Pengguna & Cukup Bayar Sesuai Jumlah Klik

Bagian terbaik dari strategi SEM adalah bujet kampanye iklan yang kamu lakukan di mesin pencari bisa kamu sesuaikan, nggak mesti menggelontorkan puluhan juta perhari untuk sekali campaign, invest 600 ribu saja sudah bisa mulai mengiklankan bisnis di google ads kok.

Meski sebagian orang mengklaim bahwa semakin besar bujetnya, semakin berpeluang mendapatkan return of investment (ROI) yang tinggi, tapi ini kasuistis sekali. Karena efektifitas iklan konversi tinggi ada banyak factor mulai dari copywriting iklan, kebutuhan pelanggan, harga produk dan jasa serta masih banyak lagi, kalau nggak mau pusing, kamu bisa sih sewa jasa digital marketing agency, marketz.id misalnya.

Hebatnya lagi, saldo ads kamu hanya akan berkurang jika ada pengguna yang mengklik iklan SEM tersebut di halaman mesin pencari. Jadi lebih hemat dan bebas khawatir deh kalau sistemnya begini.

3. Bisa Menjangkau Pelanggan Tertarget yang Lokasinya Dekat Dengan Bisnismu

Kehebatan SEM, kamu bisa mengatur market yang kamu targetkan. Misalnya kantor digital marketing agency milikmu, Marketz.id, lokasinya ada di Jakarta, nah, kamu bisa atur demografi target iklannya untuk wilayah Jakarta supaya calon pelanggan yang masuk ke funnel website yang diiklankan juga berasal dari Jakarta.

Kelebihan & Kekurangan Strategi Search Engine Marketing

Terakhir, sebagai penutup, kami ingin memberikan data komparasi terkait kelebihan dan kekurangan strategi search engine marketing agar kamu bisa membuat keputusan kapan waktu yang tepat untuk menjalankan SEM.

NoKelebihanKekurangan
1Menjangkau Banyak PelangganKompetitif – Banyak Pebisnis Mengiklankan Bisnisnya
2Bisa Menentukan Target Kata Kunci Sesuai Bisnis MilikmuMembutuhkan Budget Lebih Bila Ingin Bersaing dengan Kompetitor yang Mendominasi SERP posisi teratas
3Meningkatkan Jumlah Kunjungan Website untuk Meningkatkan Konversi PenjualanTidak Ada Visual Menarik Layaknya Iklan Banner
4Estimasi Bujet Bisa Disesuaikan dengan Keuangan Bisnismu 
5Campaign Iklan Bisa Diukur Efektivitasnya Lewat Analytics dengan Mudah 

Nah itu dia penjelasan tentang strategi search engine marketing yang bisa kamu praktekkan untuk campaign bisnismu. Semoga artikel ini membantu ya. Kalau ada kendala, kami siap membantu campaign ads kamu di mesin pencari google dengan jasa digital advertising terbaik dari kami.

Leave a Reply