You are currently viewing 6 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Ranking dan Traffic Website

6 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Ranking dan Traffic Website

Marketz.id – Impian semua pemilik website adalah punya web dengan jumlah pengunjung berlimpah dalam jangka panjang. Ingin mewujudkan goals ini? Kalau begitu, kamu wajib mempelajari teknik SEO.

Apa itu SEO? SEO adalah teknik optimasi yang dilakukan oleh pemilik website untuk meraih peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari. Banyak pemula biasanya tidak memanfaatkan optimasi SEO karena bagi mereka SEO itu rumit dan hasilnya nggak bisa diraih dengan instan.

Dalam artikel ini, kami buatkan panduan gratis yang bisa diikuti oleh pemula sekalpun bisa mempraktekkan ilmu SEO dasar ini, dijamin deh, kalau kamu konsisten menerapkan optimasi SEO ini pada website milikmu, peringkat dan trafik website akan naik drastis. Silahkan dinikmati konten edukasi tentang teknik SEO-nya dibawah ini ya.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

6 Teknik SEO untuk Pemula dan Ampuh Meningkatkan Ranking dan Trafik Website

Teknik SEO sebenarnya ada lebih dari 7 dan masih banyak lagi, namun, dalam artikel ini, kami hanya akan mengenalkan tujuh teknik saja yang kami rasa cocok untuk pemula seperti kamu karena mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Berikut teknik SEO yang kami maksud;

1. Kuasai Dasar-dasar Teknik SEO

Hal paling pertama yang harus kamu kuasai adalah ilmu dasar tentang teknik SEO. Yuk kita mulai dari konsep dasar SEO terlebih dahulu.

Konsep dasar SEO, hal pertama yang perlu kamu ingat dalam pikiranmu tentang SEO adalah strategi ini bukan cara instan atau trik sulap yang bisa meng-hack proses crawling sampai serp result di mesin pencari agar artikel atau halaman web milikmu jadi auto page 1. Nope, it’s not like that.

Nggak begitu ya cara mainnya, SEO itu strategi jangka panjang yang melibatkan content marketing, audit performa website kamu, optimasi on-page website, off-page dan teknik SEO lainnya serta evaluasi audit pencapaian optimasi, barulah didapat hasil apakah halaman atau artikel yang kamu optimasi bisa memenangkan persaingan menuju halaman teratas google atau tidak pada kata kunci yang kamu targetkan.

Ada yang berpendapat kalau tanpa optimasi SEO, website bisa tetap bisa berhasil mendapatkan trafik pengunjung tuh. Well, iya sih dapet trafik pengunjung, tapi hasilnya nggak se-maksimal dengan tambahan optimasi SEO. 

Dengan melibatkan optimasi SEO, artikel kamu kaya akan kata kunci yang punya jumlah pencarian tinggi perbulannya.

Sedangkan bila tanpa optimasi SEO, bisa saja kata kunci yang kamu tulis pada judul hingga keseluruhan konten tidak ada pencarinya, alhasil usahamu membuat konten jadi sia-sia. Tentunya kamu nggak mau hal ini terjadi, bukan? Makanya, yuk terapin teknik SEO pada konten yang kamu tulis. 

2. Gunakan Teknik Optimasi SEO On-Page pada Konten Website Milikmu

Langsung saja, inti dari optimasi On-Page SEO sebenarnya sangat sederhana, asalkan kamu memperhatikan dan menerapkan 10 poin ini, konten artikel yang kamu buat sudah teroptimasi dengan baik. Apa saja? Yuk disimak;

  • Pastikan Konten Milikmu Berkualitas & Bisa Menyelesaikan Masalah Pengunjung
  • Menempatkan keyword di paragraf pertama, akhir, heading, dan pastikan kata kunci tersebut memiliki jumlah pencarian yang tinggi perbulannya
  • Masukkan Kata Kunci pada judul & gunakan judul artikel yang menarik perhatian pengunjung 
  • Masukkan kata kunci pada url link artikel dan gunakan url pendek yang mendeskripsikan isi konten
  • Meski sekarang google lebih sering menampilkan isi konten ketimbang meta description, tak ada salahnya mengoptimasi bagian ini, siapa tahu meta description buatanmu bisa mempengaruhi pengunjung untuk mengklik konten milikmu
  • Gunakan media gambar yang telah dikompresi ukurannya jadi kecil dan sematkan keyword pada alt
  • Outbound link; berikan link referensi yang merujuk ke website besar dan terpercaya yang sesuai dengan isi konten yang kamu bahas. 
  • Gunakan internal link pada kontenmu agar pengunjung lebih mudah mengakses konten sejenis dan bisa merampingkan skor bounce rate website milikmu 
  • Install social plugin pada konten artikelmu agar pengunjung bisa membagikan konten milikmu ke sosial media. Begitu pengguna sosial media mengenal website milikmu, mereka akan mencarinya melalui google dan terciptalah kunjungan organik.
  • Optimasi kecepatan website, semua orang paling sebel kalo ada web yang waktu load halamannya lama, alhasil mereka akan pergi dari web milikmu, maka dari itu meningkatkan kecepatan website menjadi pilihan tepat yang bisa kamu lakukan.

3. Riset Kata Kunci dengan Pencarian Tinggi Perbulannya

Teknik SEO ketiga yang tak kalah penting dan menjadi instrument mesin pencari dalam menentukan posisi sebuah konten web adalah keyword. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu setiap kali hendak membuat konten artikel.

Saran kami, gunakan tools riset keyword seperti ubersuggest, google keyword planner, dan ahref untuk menemukan kata kunci dengan pencarian tinggi supaya artikelmu berpotensi naik ke posisi teratas mesin pencari.

Untuk website yang belum berumur, ada baiknya memilih kata kunci dengan tingkat persaingan rendah. Pelajari juga tentang search intent, intensi atau maksud seseorang mengetik sebuah kata kunci di bar pencarian google. Misal;

  • Beli Nintendo Switch
  • Tips membeli Nintendo switch

Keyword intent pertama kita menyebutnya sebagai kata kunci transaksional / kw buyer. Kata kunci ini digunakan seseorang yang punya keinginan membeli Nintendo Switch. Berbeda dengan keyword kedua, kw ini masuk kategori informational, mereka hanya ingin mencari informasi,tidak membeli konsol gamenya langsung.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

4. SEO Content Marketing

SEO Content marketing adalah usaha-usaha pemasaran dengan cara menyediakan konten terbaik, bermanfaat, bisa menyelesaikan masalah, dan dioptimasi seo agar target market mengenal bisnis milik kita.

Dalam upaya seo content marketing, konten milikmu harus dioptimasi seo berdasarkan search intent ya. Meskipun konten bermanfaat adalah kunci utama tapi google adalah robot. Maka dari itu, google butuh social signal dari kepuasan pengunjung, konten mana yang paling disukai, sering dikunjungi, dan bisa menyelesaikan permasalahan pengunjung. Begini ilustrasinya;

  • Pengunjung ingin beli Nintendo switch
  • Pemilik website toko online ingin mendapat kunjungan agar produk Nintendo switch miliknya dibeli
  • Google ingin memberikan rekomendasi toko online terbaik yang menjual konsol game Nintendo switch.

Dari uraian diatas, kami harap cara berpikirmu dalam membuat konten bisa lebih baik lagi ya supaya strategi seo content marketing yang kamu upayakan bisa berhasil.

5. SEO Content Marketing

Off-page SEO adalah upaya optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar website. Mengoptimasi on-page SEO saja tidak cukup untuk membuat website mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Khususnya untuk website baru yang belum punya visitor sama sekali. Untuk itu, off-page SEO jadi jawabannya.

Bagaimana cara mengoptimasi seo off-page sebuah website? Mudah saja, lakukan link building! Tapi pastikan kamu menghindari teknik link-building yang tidak disarankan seperti komentar di blog / forum, tukar backlink, beli backlink dari pemilik jasa di bidang ini, menggunakan software, atau bahkan PBN.

Link building yang disarankan adalah cari backlink berkualitas dari website bereputasi baik, memiliki kesamaan topik, keaktifan website, umur backlink, dan fokuslah pada kualitas, bukan pada kuantitas banyaknya backlink.

6. SEO Audit: Evaluasi Kinerja Optimasi SEO Website

Bagian terakhir yang tak kalah penting, yaitu SEO Audit. Kenapa hal ini penting? Well, alasannya karena hampir 80% halaman yang ada dalam website adalah konten!

Maka dari itu, audit seo bisa difokuskan pada bagaimana performa konten artikel yang kamu buat, bila belum maksimal, lakukan peningkatan dari segi riset kata kunci lebih lanjut, cek Kesehatan website seperti apakah ada broken link, kecepatan website menurun, bounce rate tinggi, dan akhir semua audit seo-nya dengan mengecek hasil performa konten di google search console atau analytics.

Nah itu dia rangkuman 6 teknik seo yang harus kamu terapkan pada website bisnis milikmu. Kamu bisa menerapkannya sendiri, tapi kalau bingung harus mulai dari mana dan nggak mau buang-buang waktu, kamu bisa mengajak seo specialist berpengalaman untuk membantu optimasi websitemu, kamu bisa memesan jasa digital agency di Marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)