You are currently viewing 5 Rahasia Internet Marketing untuk Melejitkan Kesuksesan Bisnis Kamu

5 Rahasia Internet Marketing untuk Melejitkan Kesuksesan Bisnis Kamu

Rahasia Internet Marketing

Marketz.id – Di musim pandemi seperti sekarang ini, semua bisnis nyaris tutup atau bahkan bangkrut dikarenakan musibah covid-19. Dan akhirnya sebagai solusinya, banyak pebisnis yang menggunakan digital marketing untuk menjual produk atau jasanya secara online. Agar mendapatkan banyak pelanggan potensial yang bisa dikonversi menjadi penjualan, kamu butuh belajar internet marketing. Ada yang kursus digital marketing, ada juga yang belajar internet marketing secara mandiri dengan membaca artikel di internet.

Apa Itu Internet Marketing?

Mudahnya, internet marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform digital baik itu website, social media, email, dan lainnya.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

5 Strategi Internet Marketing yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Bisnis

1. Tentukan Tujuan Marketing Strategy Dalam Bisnis

Tanpa tujuan, bisnismu nggak bisa maju, begitu juga penerapan strategi internet marketing juga punya end goal-nya sendiri. Dalam bisnis, ada beberapa tujuan yang akan kamu capai melalui Internet marketing. Ada apa saja? Yuk disimak;

a. Internet Marketing Bisa Kamu Gunakan untuk Menggaet Calon Konsumen Tertarget

Pertama, salah satu goals dari email marketing adalah mendapatkan calon konsumen tertarget. Kenapa harus tertarget dan spesifik? Karena mereka memang membutuhkan jasa atau produk yang kamu jual, hanya saja, karena mereka belum tahu tentang kamu, makanya internet marketing ini bisa jadi strategi tepat untuk mengenalkan bisnismu pada mereka.

b. Internet Marketing Bisa Kamu Gunakan untuk Mempertahankan Pelanggan & Menawarkan Jasa / Produk Milikmu Agar Terjadi Pembelian Berulang.

Kedua, dengan menggunakan internet marketing, kamu bisa mempertahankan pelanggan lama. Bagian terbaiknya, kamu bisa memanfaatkan data pelanggan ini untuk menawarkan jasa / produk dengan harga yang lebih besar lagi dengan cara repeat order. Menarik, bukan?

2. Lakukan Riset Niche Market Sesuai dengan Produk atau Jasa Milikmu

Pada tahap kedua ini, kami anggap kamu sudah memiliki bisnis sendiri entah itu produk atau jasa. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset market atau pasar. Karena kamu nggak bisa menjual kepada sembarang orang, maka dari itu, kamu harus menentukan market bisnismu, produk atau jasanya mau dijual pada siapa. Misalnya kamu bisnis toko konsol game Nintendo Switch, Playstation, dan permainan lainnya, maka market kamu adalah anak kecil, remaja, dan dewasa yang punya hobi bermain game, youtuber gaming, pemilik website tema gaming, dan market sejenis.

3. Lakukan Riset Kompetitor di Bidang Bisnismu

Setelah melakukan riset market terkait produk dan jasa milikmu. Strategi selanjutnya adalah melakukan analisis kompetitor. Kompetitor adalah orang  yang menjalankan usaha yang sama denganmu. Paling mudah, kamu bisa melakukan riset lewat marketplace.

Instrumen apa saja yang harus kamu riset? Well, nggak banyak tapi cukup penting sih seperti menganalisis kelebihan, kekurangan, harga, dan peluang untuk mengguli bisnismu atau tidak. Dengan mengetahui produk, jasa, dan strategi marketing bisnis milik pesaing, kamu bisa bertarung agar bisa stand-out dari segi apa. kualitas, kuantitas, pelayanan yang memuaskan, atau harga yang lebih terjangkau.

4. Bangun Database Konsumen untuk Meraup Profit Lebih Besar Lagi

Salah satu kesalahan pebisnis pemula adalah tidak membangun database konsumen. Apa itu database? Mudahnya, database adalah kumpulan data yang dihimpun demi tujuan tertentu. Dalam bisnis, contoh database konsumen yang bagus bisa berisi email list dari pelanggan yang telah membeli dan menggunakan produk atau jasa miliknya. Biasanya seller jenis ini hanya berfokus bagaimana caranya menjual lebih banyak lagi ke klien baru dan melupakan klien lama. Sumpah, kalau kamu melakukan action seperti ini, langkah tersebut fatal banget.

Fatal kenapa? Ya, kamu menyia-nyiakan klien yang telah mengenal bisnismu, membeli produk dan jasanya, terus dicuekin begitu aja, yang ada mereka diakuisisi kompetitor lain di bidang bisnis yang sama dimana mereka sangat peduli dengan konsumennya. 

Maka dari itu, yuk move on ganti strategi internet marketing untuk bisnismu dengan membangun database berisi list email, kontak, dan informasi penting lainnya dari konsumen yang sudah membeli jasamu. Biar apa? Memang apa fungsi database? Ya biar bisa kamu prospekin ulang lah. Emangnya mereka mau rela keluarin uang lagi? Ya, itu faktanya karena mereka sudah tahu kualitas kerja kamu, jasa kamu bagus, dan produknya bagus, so, mulai sekarang buat database konsumen ya supaya semua strategi fondasi dari langkah 1 hingga langkah 4 bisa kamu terapkan melalui media internet marketing di poin kelima dibawah ini.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

5. Gunakan Strategi Omni-Channel Internet Marketing

Semua langkah yang telah kamu bangun sebelumnya bisa kamu praktekkan melalui berbagai media atau platform internet marketing karena melakukan campaign di banyak platform bisa memberikan dampak lebih besar ketimbang menggunakan 1 platform saja. Yuk kita bahas platform apa aja yang bisa kamu pakai dalam strategi omni-channel internet marketing, berikut ulasannya:

1. Manfaatkan Facebook untuk Internet Marketing

Kamu bisa menggunakan Facebook sebagai platform internet marketing. Sebagai media sosial pertama, platform ini punya pengguna yang banyak yang tentunya punya segmentasi market yang bisa jadi cocok dengan bisnis milikmu. Kamu bisa menggunakan promosi gratis / organik, atau bisa juga menggunakan campaign facebook ads untuk meningkatkan brand awareness dan tingkat konversi penjualan.

2. Buat Channel di YouTube untuk Menggaet Konsumen di Platform ini

Kamu bisa membuat channel youtube yang berisi video ulasan tentang jasa atau produk milikmu. Semakin sering kamu mengupload video, kualitas video meningkat, subscriber meningkat, dan metrik lainnya semakin naik, dan pada akhirnya channel tersebut bisa membuat para subscriber mengenal tentang bisnis kamu. Bukan tidak mungkin, banyak subscriber kamu membeli jasa atau produk milikmu.

3. Branding Bisnismu Dengan Membangun Website yang Kredibel

Kelebihan platform website, kamu bisa menggunakannya sebagai media untuk menjual produk atau jasa milikmu, brand awareness meningkat, konversi pengunjung menjadi pembeli, dan masih banyak lagi.

4. Raup Kunjungan Berlimpah dengan SEO Marketing

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik marketing di mana Anda mampu mengoptimalkan mesin pencarian sebagai media cakupan bisnis Anda. Semakin bisnis Anda berada di halaman pertama dan peringkat satu dalam mesin pencarian, maka Semakin besar kesempatan Audiens dapat mengenal bisnis Anda. Ada tiga komponen utama dalam SEO yaitu riset keywordon-page, dan off-page optimization.

5. Rubah Cold Market Menjadi Hot Market lewat Content Marketing

Banyak yang meyakini bahwa; Content is a king. Dalam content marketing, kita bisa menyediakan dua jenis konten dengan tujuan berbeda. 

Pertama, ada konten edukasi untuk mengenalkan brand kita lewat artikel informatif dengan ulasan soft-selling. Konten pertama ini adalah fase awal dimana orang baru mengenal produk atau jasa milikmu, di tahap ini, mereka belum bisa diprospek karena masih cold market. Seiring jalannya waktu, mereka yang mengkonsumsi konten artikel tersebut, akan mulai tertarik dan mencari tahu lebih tentang produk atau jasa milikmu, tahap ini mereka sudah menjadi warm market yang bisa dikonversi menjadi hot market pada konten tahap kedua di bawah ini.

Kedua, konten tentang review rekomendasi produk atau jasa dari brand milikmu berisi call to action untuk membeli produk yang ada dalam list artikel content marketing. Mostly, orang yang membaca konten jenis ini adalah mereka yang sudah tahu, kenal, dan punya ketertarikan dengan bisnismu. Dengan mengenalkan rekomendasi produk yang dikemas dalam bentuk konten artikel, warm market ini bisa saja membeli produk atau jasa yang kamu ulas di dalam konten tersebut.

That’s all, semoga konten artkel ini bisa bermanfaat buatmu ya, khususnya kamu yang sedang bingung harus memulai strategi internet marketing dari mana, coba praktekkan tips di artikel yang sudah kami buat ini aja ya, dijamin, kalau rajin take action pasti ada hasil baik dan progressnya. Kalau ditengah jalan kamu stuck atau ketemu problem yang nggak bisa diselesaikan sendiri, kami dari digital creative agency Marketz.id siap membantu menyelesaikan masalahmu.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)