Marketz.id – Pengertian pemasaran online merupakan strategi mempromosikan produk secara digital. Saat ini bisnis online memang tengah naik daun. Kepopulerannya yang tidak pernah pudar. Sehingga semakin banyak orang yang menggunakan teknologi internet. Maka akan semakin berkembang pula dalam dunia bisnis.
Pemasaran online termasuk hal yang krusial dalam konsep marketing saat ini. Bagi banyak bisnis, memilih menggunakan pemasaran yang sesuai. Hal tersebut sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena pemasaran memiliki pengaruh besar kepada perkembangan bisnis.
Oleh karena itu, melakukan pemasaran perlu sebaik mungkin. Pada dunia era digital seperti halnya saat ini. Internet sebagai pusat kegiatan banyak orang. Terlebih pemasaran online dianggap sebagai metode paling efektif. Pemasaran online yang dapat mengembangkan bisnis secara optimal. Pastinya juga dengan biaya lebih ringan dibandingkan secara offline.
Pengertian Pemasaran Online
Secara sederhana pemasaran online juga sering disebut sebagai pemasaran digital. Hal itu yang berarti sebagai strategi mempromosikan produk. Nantinya yang akan berpengaruh pada penjualannya. Menjalankan pemasaran online dapat melalui platform-platform di internet.
Kegiatan pemasaran untuk memperoleh perhatian konsumen. Caranya dengan menggunakan penjualan melalui media sosial, website, email, dan augmented reality. Hal ini dapat dilakukan dengan iklan berbayar. Selain itu konten berkualitas atau hanya postingan sederhana melalui media online.
Dengan banyaknya aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia internet. Hal itu menjadikan para pemilik bisnis memilih menggunakan cara ini. Untuk meningkatkan nilai jual akan produknya.
Satu postingan di internet dapat diakses oleh banyak sekali pengguna internet. Sehingga saat menjalankan berbisnis, akan tetap memperoleh perhatian secara global. Apabila telah memasuki dunia internet.
Tujuan pemasaran online tentunya agar dapat mengenalkan produk online. Selain itu juga meningkatkan minat belinya. Dengan membuat proses marketing ini nantinya agar lebih efektif. Baik dari segi waktu, tenaga, dan juga biayanya.
Pemasaran Online Menurut Para Ahli
Tidak hanya dengan pengertian secara umum. Namun ada beberapa definisi dari para ahli mengenai pengertian pemasaran online. Untuk itu ketahui beberapa pendapat para ahli dengan pemasaran online berikut ini.
Marwan (1991)
Menurut Marwan, pemasaran online merupakan usaha perencanaan kiat-kiat. Untuk melakukan penjualan produk secara online. Strategi tersebut nantinya akan memberikan keuntungan apabila dilakukan dengan baik. Hal yang paling penting mengenai kepuasan konsumen. Hal itu karena promosi online hanya menggunakan visual.
Chaffey (2000)
Pemasaran online menurut Chaffey merupakan segala bentuk promosi. Baik produk atau jasa dengan menggunakan internet. Untuk melakukan penjualan online ini dengan menggunakan jasa iklan online. Selain itu juga membuat toko pada platform online.
Strauss dan Frost (2001)
Strauss dan Frost mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran online. Dengan berpendapat bahwa pemasaran online merupakan penggunaan data dan aplikasi. Untuk merencanakan pelaksanaan konsep distribusi, promosi, dan penetapan harganya.
Konsep tersebut tujuannya menciptakan jual beli atau pertukaran. Dengan nilai kepuasan tersendiri bagi individu dan organisasi. Sehingga pada pendapat Strauss dan Frost mengenai pemasaran online. Hal itu lebih kepada penggunaan aplikasi elektronik untuk perencanaan konsep pemasaran online.
Kotler (2002)
Menurut Kotler pemasaran merupakan sebuah proses untuk melakukan penjualan online. Proses tersebut terdiri dari pembuatan, penawaran, dan penjualan produknya. Baik secara online atau offline, artinya pemasaran sama saja. Namun yang membedakannya hanya pada medianya.
Armstrong dan Kottler (2004)
Armstrong dan Kottler memiliki pendapat mengenai pemasaran online. Dengan menyatakan bahwa pengertian pemasaran online adalah bagian dari e-commerce. Dari pendapat keduanya juga mengemukakan bahwa pemasaran online sebagai bentuk kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan tersebut seperti halnya promosi serta penjualan barang atau jasa. Selain itu dengan mengkomunikasikannya melalui internet.
Boone dan Kurtz (2005)
Menurut pendapat Boone dan Kurtz mengenai pemasaran online serupa dengan Armstrong dan Kottler. Pemasaran online adalah komponen dalam e-commerce. Pada e-commerce termasuk sistem jual beli online. Pemasaran online sebagai komponen dalam e-commerce seperti sebagai strategi produksi. Selain itu distribusi, penetapan harga, dan promosi melalui media digital. Hal itu yang berarti bahwa segala proses pemasaran dari sebuah produk atau jasa sampai ke pembeli. Semuanya dengan menggunakan media digital.
Philip dan Duncan
Pengertian pemasaran online menurut para ahli lainnya oleh Philip dan Duncan. Keduanya berpendapat bahwa pemasaran online sebagai langkah atau usaha yang dilakukan. Tentunya untuk mengatur barang sebelum proses jual beli. Langkah tersebut sebagai upaya dalam penggunaan media internet. Hal itu sebagai media promosi produk atau jasa sampai ke tangan konsumen.
Keuntungan Pemasaran Online
Tentunya keuntungan pemasaran online juga cukup banyak. Hal ini yang akan menjadikan keuntungan tersendiri bagi yang menjalankan bisnis online. Untuk itu ketahui beberapa keuntungan pemasaran online berikut ini.
Jangkauan yang Lebih Luas
Dengan adanya internet dan teknologi canggih, saat ini bukanlah hal sulit. Untuk menghubungkan dari satu orang dengan orang lain. Bahkan mengenai jarak dan waktunya bukan menjadi masalah besar. Tentu saja akan memudahkan jangkauan pasar akan lebih luas.
Menghemat Waktu, Tenaga dan Biaya
Setiap orang pastinya menginginkan semua hal dapat dilakukan secara efektif. Baik dalam segi waktu, tenaga, dan juga biayanya. Dengan pengertian proses pemasaran yang dilakukan online. Nantinya akan lebih menghemat banyak waktu, tenaga, dan biayanya. Hal ini yang menjadikan alasan banyak pemilik bisnis. Sehingga lebih memilih menjalankan pemasaran online dibandingkan dengan pemasaran offline.
Dapat Diukur Real Time
Pemasaran secara online akan memudahkan pengukuran melalui alat analisis. Seperti halnya dengan Google Analytics. Sehingga memperoleh informasi mengenai klik dan kunjungan. Memperoleh informasi penjualan dari SEO, AdWords, media sosial, konten, dan pemasaran email.
Meskipun prosesnya cukup panjang namun Anda dapat mengetahui hasilnya secara real time. Sehingga dapat mengukur efisiensi strategi dan perubahan dapat segera diimplementasikan.
Proses Lebih Mudah
Dengan mengetahui pengertian pemasaran online Anda tidak perlu merasa repot lagi. Untuk dapat memperkenalkan dan mempromosikan produk dan jasa. Hal itu karena cukup melakukan promosi online. Sehingga tidak lagi kerepotan mengurus segala sesuatunya sendiri.
Mudah Untuk Dipantau
Memilih menggunakan metode online, maka perkembangan bisnisnya mudah dipantau. Baik kapan saja dan dimana saja Anda inginkan, bahkan prosesnya juga tidak sulit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.
Target Cepat Diperoleh
Menemukan target pasar menjadi tidak sulit apabila Anda mengetahui pemasaran online. Hal itu karena cepatnya teknologi internet. Sehingga akan membantu Anda menentukan target pasarnya yang sesuai.
Paparan Jangka Panjang
Melakukan promosi yang dilakukan dengan pemasaran offline. Umumnya tidak bertahan lama atau hanya bertahan selama 1-4 minggu. Hal ini tampak berbeda dengan pemasaran online. Pada situs pencarian, konten promosi Anda akan tetap tampak oleh konsumen. Tentunya untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun hanya perlu melakukan sedikit pembaruan. Hal itu agar konten tersebut tampak lebih menarik.
Pengertian pemasaran online dengan mengenalkan produk secara online. Sehingga akan lebih menghemat waktu, tenaga, dan biayanya. Digital Advertising Jakarta Marketz.id yang akan membantu Anda untuk mengintegrasikan Social Media. Tidak hanya itu mengintegrasikan Search Engine Google, Youtube, hingga After-Sales Bisnis Anda.