Panduan SEO Marketing untuk Meningkatkan Trafik dan Omzet Penjualan Bisnismu

Panduan SEO Marketing untuk Meningkatkan Trafik dan Omzet Penjualan Bisnismu

Sudah melakukan strategi digital lewat iklan tapi hasilnya selalu boncos tanpa imbal balik yang memuaskan dan sekalipun ada pembelian, jumlahnya terbatas dan sangat bergantung dengan durasi campaign ads. Kalau kampanye berakhir, pembelian pun berakhir. Berbeda dengan SEO marketing yang impact kampanye jangka Panjang bahkan bila ditekuni bisa mendatangkan omset seumur hidup. Tertarik ingin tahu lebih dalam tentang SEO? Berikut ulasannya.

Tahap 1 SEO Marketing 101: Kenali Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah strategi optimasi sebuah website atau blog agar tampil di halaman teratas, biasanya halaman 1 posisi 1 – 10, di mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll).

Tahap 2 SEO Marketing 101: Pahami Cara Kerja SEO

Hampir semua mesin pencari memiliki cara kerjanya tersendiri dalam optimasi website baik itu Google, Yahoo, dan Bing. Menyoal cara kerja SEO mesin pencari biasanya akan merujuk ke sistem algoritma. 

Sistem algoritma akan menganalisis laman web dan menampilkannya di halaman pencarian berdasarkan optimasi SEO, kualitas konten, dan pengalaman terbaik untuk pengguna. Semakin baik seo-nya, maka ranking website akan semakin bagus.

Kenapa harus memahami cara kerja SEO? Ya, kalau nggak mau juga nggak apa-apa sih tapi jangan salahkan kami kalau website kamu nggak pernah goal masuk halaman 1 google. Sebagai studi kasus, di tahun 2011, ketika Google menggunakan algoritma versi Panda, optimasi keyword stuffing; menyebar semua kata kunci berulang kali, semakin banyak semakin bagus dan berkesempatan masuk page 1 google, di tahun tersebut, taktik lama ini mungkin berhasil, tapi sekarang? Well, big no

Google itu pintar, update algoritma page experience algorithm update 2021 mampu mengenali frase, kalimat, dan konteks sebuah artikel atau laman di dalam website secara akurat. Dan bagian terpentingnya adalah pemilik website harus memberikan pengalaman konten terbaik untuk pengguna.Kalau begitu, langkah optimasi SEO seperti apa yang bisa kamu terapkan agar bisa sesuai aturan algoritma Google terbaru di tahun 2021 ini? Well, setidaknya ada delapan teknik SEO yang bisa kamu coba lakukan, praktek sendiri bisa kok, tenang saja, pastikan kamu membaca poin-poin dibawah ini dengan teliti tanpa terlewat satu katapun ya, why? Soalnya ilmunya daging banget, diluar sana bayar, disini kami bagikan gratis, special for our reader. 🙂

8 Cara Kerja SEO Marketing Terbaru 2021 untuk Optimasi Website Kamu

Meskipun algoritma Google memang selalu berubah secara berkala, namun asal kamu tahu dasar-dasar teknik seo apa saja yang harus dioptimasi, bisa dibilang website kamu aman dan berpeluang masuk page 1 google. Sudah siap dapetin bocoran tips optimasi seo dari kami, berikut panduannya. 

1. Gunakan Struktur URL SEO Friendly untuk Semua Konten Website Kamu

Pernah melihat url website dengan struktur angka atau nomor urut halaman seperti ini;

https://www.namawebsiteanda.com/p2343

https://www.namawebsiteanda.com/74636/judulkonten

Gimana perasaan kamu ketika baca struktur url konten web diatas? Nggak paham pasti. Begitu juga bot google. Untuk itu, kamu harus membuat struktur url yang seo friendly seperti ini;

https://www.namawebsiteanda.com/judulkonten

Pada bagian judul konten, masukkan kata kunci yang kamu targetkan. Ini tips pertama, masih ada 7 lagi, yuk dilanjut.

2. Gunakan Enkripsi SSL pada Website Milikmu

Google saat ini lebih menyukai website yang sudah menerapkan sistem protokol ssl karena dinilai lebih aman karena data pengguna telah dienkripsi sehingga keamanan data dan privasi lebih terjaga. Bagaimana mengetahui sebuah web yang telah menerapkan ssl dan yang belum?

Mudah kok, website yang telah di enkripsi ssl menggunakan protocol url dengan awalan https, sedangkan web non-enkripsi menggunakan http.

3. Buat Segmentasi Topik Konten yang Spesifik + Kombinasi Micro-Niche

Oke, kalau di tahun 2010, buat website atau blog gado-gado dengan belasan topik berbeda di 1 website mungkin masih berpeluang sukses, tapi kalau sekarang. jangan harap, tingkat persaingan memperebutkan posisi 1 di halaman google nyatanya didominasi oleh website yang fokus pada 1 topik / niche, traveling misalnya.

Dari topik utama traveling ini, kamu masih bisa explore micro-niche ke sub terkecilnya yang masih relevan dengan traveling semisal membahas kuliner di tempat wisata, penginapan, dan topik terkait lainnya. Strategi ini memungkinkan website milikmu lebih mudah ditemukan pengguna di mesin pencari karena topiknya saling berkaitan.

4. Pahami Search Intent untuk Menggaet Banyak Pengunjung

Realistis saja, orang-orang menggunakan google untuk memenuhi keinginannya baik itu mencari informasi edukatif atau belanja wishlist barang yang disuka. Dalam teknis seo, kita mengenalnya dengan istilah search intent, yaitu pencarian berdasarkan intensi atau keinginan pengguna.

Setidaknya ada dua macam keyword yang harus kamu pahami sebelum melakukan strategi seo. Pertama; informational keyword, yaitu kata kunci yang digunakan pengguna untuk mencari informasi. Sedangkan, kedua, ada transactional keyword, yup, seperti namanya; kata kunci transaksi yang sering digunakan seseorang yang sudah punya niat untuk membeli barang kesukaannya.

5. Buatlah Konten yang Bisa Menyelesaikan Masalah Pengguna

Pastikan konten artikel yang kamu buat sudah disesuaikan dengan search intent, kemudian isi konten artikelnya harus mudah dipahami, bisa membantu pengguna menemukan solusi atas permasalahannya sehingga mesin pencari akan menilai konten milikmu punya value yang unggul ketimbang konten lainnya di halaman pencarian. 

6. Optimalkan Meta Tags Title & description

Ada dua meta tags yang bisa kita optimalkan untuk meningkatkan seo sebuah konten, yaitu title tag (judul artikel) dan meta description (deskripsi penelusuran konten di mesin pencari). Untuk title tag atau judul artikel, usahakan masukkan kata kunci di dalamnya, maksimal 10 kata, dan gunakan kata yang menarik untuk di klik ya, but please, don’t use clickbait title.

Kedua, ada meta description, pernah lihat deskripsi teks dibawah judul artikel pada halaman pencarian?  Nah itu yang kami maksud meta description. Umumnya, panjang teksnya maksimal 150 karakter. 

7. Dapatkan Backlink dari Website Berkualitas

Faktor selanjutnya, ada backlink. Ada yang beranggapan semakin banyak backlink yang mengarah ke blog / website kamu, maka mesin pencari akan menilai website milikmu punya kredibilitas tinggi. But it’s not 100% true, soalnya algoritma sekarang lebih mementingkan backlink dari website berkualitas tinggi. 

8. Pastikan Website Milikmu Bisa Diakses dengan Cepat

Cukup realistis dan bener juga sih kalau Google menentukan kecepatan loading website (baik itu diakses lewat desktop dan mobile) mempengaruhi performa SEO sebuah website. Dari indikator ini, Google akan menempatkan website dengan akses kecepatan loading cepat pada posisi ranking lebih baik dibanding konten dari website lain.

2 Jenis Teknik SEO yang Bisa Kamu Terapkan untuk Optimasi Website Kamu

SEO On Page

Pertama ada SEO on page. Optimasi on-page merupakan teknik optimasi SEO yang dilakukan di dalam website itu sendiri mulai dari optimasi konten, navigasi web, kecepatan website, dan optimasi lainnya. 

SEO Off Page

Berbeda dari SEO on page, SEO off page lebih berfokus dalam optimasi SEO di luar website, mendapatkan backlink dari website lain dengan peringkat tinggi dan kredibel. Semakin banyak backlink berkualitas yang merujuk website milikmu, google akan menilai web milikmu menjadi kredibel yang pada akhirnya bisa meningkatkan ranking website di halaman mesin pencari.

Manfaat SEO Marketing dan Kenapa Penting untuk Diterapkan Pada Website?

1. Mendapatkan trafik organic dari mesin pencari

Keuntungan pertama, kamu bisa menggaet trafik organik yang bagus untuk website milikmu. Karena orang-orang kalau browsing pakai google, dengan menerapkan teknik seo yang baik, maka website milikmu bisa tampil di halaman 1 posisi ke 1 yang berpeluang mendapatkan trafik lebih banyak. 

2. Brand Awareness dan Kredibilitas Website Milikmu Meningkat Drastis

Apa yang dilakukan seseorang pertama kali sebelum membeli sesuatu? Yup betul! Mereka akan melakukan riset online melalui mesin pencari sebelum melakukan pembelian. Dengan meningkatkan kualitas seo pada website, begitu kamu berhasil mendapat rank 1 google, brand awareness meningkat drastis.

3. Konversi Trafik Menjadi Penjualan 

End-goal dari optimasi seo untuk bisnis tak lain adalah meraup omzet penjualan tinggi dan jangka panjang. Inilah keunggulan seo, ia bisa membantu kamu mendapatkan leads atau calon prospek tertarget yang bisa kamu konversi jadi pembeli sehingga tingkat penjualan meningkat. Menarik, bukan?

Sudah Siap Menerapkan Optimasi SEO Setelah Membaca Artikel Ini?

Gimana nih? Setelah membaca artikel edukatif yang ilmunya daging banget, pasti udah nggak sabar dong buat nerapin teknik seo segera. Optimasinya bisa kamu fokuskan pada; 1) Audit Kerangka Website. 2) Data Research via End User Value, dan 3) Membuat dan Mengoptimalkan Landing Page untuk konversi penjualan. Banyak ya, kalau mau praktis, kamu bisa mengajak mitra kerjasama atau menyewa jasa seo langsung, dimana? Marketz.id aja, recommended lho.

Leave a Reply