Marketz.id – Marketing campaign adalah suatu cara yang dapat dilakukan dalam promosi produk. Bagi Anda yang terlibat dalam dunia marketing. Tentunya sudah sering kali mendengar mengenai campaign. Campaign merupakan istilah yang erat dalam dunia marketing.
Cara melakukan marketing campaign dengan melalui berbagai media. Baik pada media konvensional juga media online. Melakukan kampanye juga tidak hanya menggunakan konten dalam beriklan. Namun juga dapat melakukan berbagai cara yang kreatif lainnya.
Pengertian Marketing Campaign Adalah
Marketing campaign merupakan suatu tindakan yang terorganisir. Bahkan terencana dan sengaja membuatnya dalam mencapai tujuan tertentu.
Seperti dengan meningkatkan kesadaran atas adanya produk baru. Hal itu untuk memperoleh feedback dari pelanggan. Biasanya marketing campaign juga digunakan untuk menjangkau konsumen.
Selain itu yang mengemasnya dalam berbagai cara yang kreatif. Tentunya yang melibatkan berbagai media. Marketing campaign salah satu cara dalam mempromosikan produk. Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai media yang berbeda. Terdapat dua jenis media yang digunakan.
Baik secara konvensional seperti halnya televisi, radio, dan media cetak. Selain itu juga secara online seperti menggunakan media sosial, email, pay-per-click dan yang lainnya. Cara melakukan campaign memang tidak hanya menggunakan konten berbentuk iklan. Namun juga melalui demonstrasi produk, dari mulut ke mulut, dan cara kreatif lainnya.
Marketing campaign yang dapat dikatakan bagus apabila melakukannya secara konsisten. Pastinya terfokus pada satu tema dan ide. Hal itu agar dapat mencapai tujuan tertentu. Merancang marketing campaign dengan tujuan yang berbeda-beda. Seperti dengan membangun brand image dan memperkenalkan produk baru.
Untuk meningkatkan produk yang sudah ada di pasar dan meningkatkan brand awareness. Bahkan juga dapat mengurangi dampak berita negatif yang tersebar. Untuk dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.
Biasanya Anda memerlukan lebih dari satu kanal atau medianya. Hal itu adalah cara untuk dapat menemukan marketing campaign. Memastikan agar mengetahui cara yang paling efektif untuk bisnis Anda.
Tujuan Marketing Campaign Adalah
Dengan melakukan marketing campaign pastinya ingin mencapai tujuan. Untuk itu ketahui beberapa tujuan dengan melakukan marketing berikut ini.
Brand Awareness
Pada tahapan ini, yang fokusnya untuk membuat brand semakin dikenal luas oleh masyarakat. Terlebih yang menjadi target audiens Anda. Untuk bisa berhasil, dengan memperhatikan aspek brand recognition dan brand awareness.
Contohnya saat Anda ingin mencari sesuatu di internet. Kemungkinan besar Anda akan melakukan pencarian di Google. Padahal telah mengetahui bahwa Google merupakan sebuah brand. Sehingga seperti inilah sebuah brand recognition bekerja.
Sedangkan brand awareness adalah yang membentuk ikatannya marketing campaign. Hal itu antara brand Anda dengan audiensi. Tentunya bukan hanya mengenai mempromosikan produk atau logo saja. Namun juga memastikan agar audiens menyadarinya. Apabila produk Anda merupakan solusi terbaik dari masalah yang dihadapi.
Memperbanyak Leads
Apabila Anda berhasil pada tahapan brand. Selanjutnya perlu menggiring audiens potensial untuk mengetahui produk secara lebih jauh. Sehingga pada akhirnya sampai di website Anda. Hal itu agar audiens semakin merasa yakin mengenai produk Anda.
Pastikan Anda juga menyediakan informasi yang diperlukan. Seperti halnya melalui konten video, foto, artikel, dan yang lainya. Konten tersebut yang memiliki kekuatan dalam mendorong audiens potensial. Hal itu untuk melakukan pembeliannya.
Meningkatkan Sales
Pada tahap ini, yang artinya audiens Anda telah percaya. Apabila produk tersebut sesuai dengan apa yang diperlukan. Sehingga akan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Dengan melakukan pembelian adalah tujuan marketing campaign. Hal itu berarti konsumen memiliki ekspektasi tinggi dengan produk Anda. Pastikan untuk tidak menyia nyiakan kesempatan yang ada.
Membangun Loyalty
Setelah konsumen sudah melakukan pembelian. Perlu mengingat bahwa dalam berbisnis perlu memikirkan prospek dalam jangka panjang. Apabila konsumen tidak menginginkan melakukan pembelian ulang. Hal itu yang artinya kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan produknya. Kemungkinan lainnya kesalahan pada layanan yang diberikan.
Apabila kondisi tersebut terjadi, tentunya reputasi brand Anda menjadi pertaruhannya. Terlebih pada era serba digital ini, semakin mudah konsumen membagikan pengalaman buruknya. Pada saat menggunakan suatu produk Anda ke media sosial pribadinya.
Sehingga perlunya menjaga kualitas produk. Selain itu juga perlu menjaga hubungan baik dengan konsumennya. Hal itu adalah salah satu tujuan marketing campaign yang sangat berarti. Untuk dapat membantu dan akan menerapkannya di bisnis Anda.
Komponen Penyusunan Marketing Campaign Adalah
Komponen dari kampanye pemasaran berbagai macam. Untuk itu ketahui beberapa jenis komponen penyusun berikut ini.
Perencanaan dan Target
Selama tahap perencanaan merupakan suatu hal penting. Untuk dapat menemukan tujuan kampanye pemasarannya. Selain itu memahami yang ingin dicapai. Kemudian menentukan dan menargetkan dalam marketing campaign. Hal itu agar lebih mudah dalam membangun visi. Selain itu memahami langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan.
Pengukuran Pasaran
Hal yang penting adalah membuat kriteria pengukuran marketing campaign. Untuk dapat menganalisis secara efektif mengenai kampanye pemasaran telah dilakukan. Alat pengukurannya dapat berupa jumlah penjualan, pre-order, dan sentimen. Selain itu antusiasme konsumen untuk produk dan share di media sosial. Bahkan kampanye yang dipersepsikan dalam pemberitaan media.
Identifikasi Target Pasar
Menentukan target pasar termasuk hal penting. Untuk memastikan bahwa produk yang tepat akan memasarkannya ke klien yang tepat. Hal itu merupakan salah satu landasan pemasaran. Aspek penting dalam memilih pasar sasaran tentunya dengan memahami tahapan konsumen dalam proses pembelian.
Namun tergantung pada produk yang akan diluncurkan. Apabila produk tersebut termasuk produk teknologi inovatif baru. Maka target pasar juga harus berpusat di sekitar inovator atau pengguna awalnya. Pastikan yang bersedia dan berusaha mencoba teknologi dan produk terbarunya.
Anggaran dan Dana
Anggaran tambahan adalah salah satu komponen marketing campaign. Tidak semua kampanye pemasaran memerlukan anggaran tambahan. Namun banyak yang masih memerlukannya. Pertimbangannya mengenai biaya biro iklan, periklanan, dan jasa freelance. Apabila sudah sesuai, kemudian menuliskan angka-angka anggarannya. Nantinya akan masuk dalam analisis ROI untuk kampanye Anda.
Penyampaian Marketing Campaign
Pada penyampaian kampanye sasarannya berbentuk seputar jenis konsumen yang tepat. Apabila target pasar terdiri dari inovator atau pengguna awalnya. Sehingga memungkinkan penyampaian kampanye pemasaran akan lebih cocok. Untuk media yang berputar pada sekitar media sosial.
Sedangkan apabila target pasar tidak sesuai dengan teknologi. Penyampaian kampanye pemasaran dengan teknologi rendah sepertinya akan lebih cocok.
Desain Marketing Campaign
Desain dalam marketing campaign adalah faktor krusial. Hal itu yang sebaiknya diberikan perhatian lebih. Baik itu desain situs web yang rapi, dan logo pada akhir iklan video atau infografis interaktif. Pastikan desain Anda profesional dan tampak sesuai dengan tujuan kampanye.
Hasil
Untuk memperoleh hasil, penting untuk lebih mengacu pada tujuan awalnya. Hal itu karena setiap kampanye pemasaran tentunya bervariasi.
Namun, perlu meninjau kembali dan mungkin mengkalibrasi ulang. Dalam upaya pemasaran agar sesuai dengan tujuan. Untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Evaluasi Marketing Campaign
Apabila kampanye pemasaran mencapai hasilnya. Penting untuk melakukan penilaian hasil kampanye dan mengevaluasi keefektifannya.
Marketing campaign adalah cara mempromosikan produk dengan melalui berbagai media. Baik pada media konvensional atau media online. Marketz.id Digital Advertising Agency saat ini terbukti berhasil membantu banyak bisnis di Indonesia. Untuk berbagai industri dengan pengalaman dan strategi digital marketing.