You are currently viewing Apa Itu CPA Marketing?

Apa Itu CPA Marketing?

Mengenai apa itu CPA marketing, kemungkinan sebagian orang masih merasa asing. Saat ini untuk menghasilkan uang di internet itu tidak terlalu sulit. Terlebih apabila Anda sudah mengetahui dan memahami dengan jenis bisnis yang akan Anda pilih.

Namun istilah CPA atau Cost per Action, mungkin tidak asing lagi. Terutama untuk internet marketer atau seorang publisher. Cost per Action adalah istilah yang sering penggunaannya pada dunia advertising digital. Sebenarnya istilah cost per-action juga merupakan turunan dari affiliate marketing.


Apa Itu CPA Marketing?

CPA merupakan model pembayaran dari iklan digital. Seorang publisher akan memperoleh komisi saat seorang user melakukan sesuatu atau action. Action yang dilakukannya dapat berupa pengisian formulir, pendaftaran sesuatu, download sebuah aplikasi, serta pembelian produk.

CPA yang merupakan turunan dari affiliate marketing. Sehingga dalam kata lainnya CPA merupakan affiliate marketing. Namun affiliate marketing tentu bukan hanya CPA saja. Penggunaan Affiliate Marketing yang seringkali pada penjualan produk. Sedangkan penggunaan CPA lebih sering untuk action atau tindakan.

Mengenai komisi atau uang yang biasanya publisher terima tentunya berbeda-beda. Hal itu yang tergantung dengan demografi atau wilayah dari target pengiklan produknya. Sehingga tidak semua CPA akan memberikan komisi dengan jumlah tertentu. Hal itu tergantung dengan action yang dilakukan oleh user. Seperti halnya melakukan sign up ke halaman website. Selain itu dengan membeli produk yang ditawarkan publisher.

Dengan potensi tersebut, seorang publisher nantinya akan memperoleh komisi yang sangat tinggi. Terlebih apabila traffic website produk tersebut cukup tinggi. Bahkan juga memiliki banyak jumlah pengunjungnya. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan Anda. Apabila memilih untuk mengikuti CPA marketing serta menjadi publisher.


Keuntungan CPA Marketing

Mengenai apa itu CPA marketing yang merupakan model periklanan. Hal tersebut yang banyak manfaatnya dalam mempromosikan bisnis Anda. Tentunya untuk semua pengguna internet secara luas. Bahkan juga akan lebih menguntungkan dibandingkan pemasangan iklan. Biasanya yang dilakukan melalui Facebook Ads atau yang lainnya. Untuk itu, ketahui beberapa keuntungan dengan menggunakan CPA marketing berikut ini.


1. Memperoleh Keuntungan yang Lebih Besar

Anda tentunya akan memiliki peluang untuk memperoleh komisi berlipat. Meskipun hanya dalam sekali unggahan pada website. Keuntungan yang diberikannya tentunya sesuai dengan banyaknya action dari pengunjung situs web tersebut. Apabila Anda menginginkan hasil yang lebih dan berlipat ganda, maka perlu meningkatkan traffic. Hal tersebut memang perlu dilakukan, caranya dengan share konten di media sosial.

Pastinya Anda dapat membayangkan apabila website memiliki 500 pengunjung dalam setiap harinya. Selain itu, satu action yang diberikannya akan memperoleh keuntungan cukup besar. Sehingga komisi yang Anda peroleh nantinya juga semakin besar.  Sebenarnya tidak hanya mengandalkan konten website dan datangnya pengunjung. Namun Anda juga perlu memanfaatkan media sosial secara maksimal. 


2. Jam Kerja yang Lebih Fleksibel

Anda ingin lebih serius menekuni apa itu CPA marketing? Bahkan memilih CPA marketing sebagai sumber pendapatan utamanya. Anda akan memperoleh keuntungan yang sangat bermanfaat yaitu memiliki jam kerja yang fleksibel. Apabila melakukan CPA marketing, Anda tidak memiliki waktu tetap untuk bekerja. Seperti halnya saat bekerja di kantor.

Anda tentunya dapat menggunakan waktu kapan saja Anda inginkan, untuk melakukan CPA marketing. Bahkan saat Anda menjadi publisher untuk CPA marketing. Anda hanya memerlukan waktu untuk digunakan mengecek traffic di website. Selain itu, juga membuat strategi dalam peningkatan traffic di website. Waktu yang Anda gunakan tentunya lebih fleksibel. Anda juga dapat terus mengexplore konten-konten kreatif. Hal tersebut yang akan menarik jumlah pengunjung website.

Bahkan dapat menetapkan target audience yang tepat. Pengunjung website sebagai target yang tepat untuk melihat iklan dari advertiser di website. Apa itu keuntungan CPA marketing tadi, jam kerja yang fleksibel akan membuat Anda memiliki waktu lebih banyak. Anda dapat melakukan hal lainnya serta menentukan jam kerja sendiri. Untuk melakukan kegiatan dalam bentuk refreshing dapat Anda lakukan, namun masih tetap mengingat mengenai kegiatan CPA Marketing tersebut.


3. Modal Tidak Banyak

Kelebihan lainnya dalam menggunakan periklanan CPA marketing yakni modal yang diperlukan tak terlalu besar. Tak membutuhkan sejumlah uang pada saat mendaftarkan website ke CPA Networks agar bisa bergabung jadi salah satu publisher. Bahkan hal yang perlu Anda persiapkan hanyalah website. Hal ini memang menjadikan syarat penting sebelum Anda memasang iklannya. 


4. Mudah Dijalankan

Apa itu keuntungan CPA marketing, yaitu mudah dijalankan. Bahkan Anda hanya membutuhkan satu situs web yang aktif. Kemudian mendaftarkan website tersebut ke CPA network. Anda perlu menyelesaikan beberapa tahapan, setelah itu melalui bimbingan dari Affiliate Manager atau AM.

Biasanya bimbingan tersebut akan mengajarkan Anda mengenai cara pemasangan iklan dan mempromosikan produknya pada website Anda. Kemudian sebagai pemilik web, Anda perlu memantau traffic serta memproduksi konten relevan. Hal itu agar memperoleh click yang menjadikan banyaknya keuntungan.


Cara Mudah Menjalankan Bisnis CPA

Anda memang memerlukan persiapan dan strategi secara tepat. Sebelum Anda menjalankan bisnis satu ini. Terlebih untuk Anda yang baru akan memulai bisnis apa itu CPA marketing. Tentunya dalam menjalankan bisnisnya, Anda ingin memperoleh banyak keuntungannya. Untuk itu, ketahui cara mudah dalam menjalankan bisnis CPA berikut ini. 


1. Memiliki Website 

Untuk dapat menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan website sendiri.  Setelah itu, Anda dapat melanjutkannya dengan mendaftar di CPA Network. Tentunya dengan mulai menerapkan strategi untuk memperoleh banyak keuntungan. Beberapa CPA Network mengharuskan Anda untuk memiliki website sebagai syarat pendaftarannya. Apabila Anda tidak memiliki website, sebaiknya Anda membuatnya mulai saat ini. 

Saat ini tersedia banyak layanan yang menyediakan hosting serta domain murah untuk dapat memudahkan dalam pembuatan website. Anda juga dapat menggunakan CMS (Content Management System). Seperti halnya WordPress untuk pembuatan website Anda. Sehingga tidak perlu memahami coding dalam pembuatannya. 


2. Meningkatkan Traffic Website

Apabila Anda akan menjalankan apa itu bisnis CPA marketing, saatnya Anda untuk meningkatkan traffic website Anda. Tentunya ada banyak cara dalam meningkatkan trafik website yang dapat diterapkan. Salah satu caranya dengan menggunakan teknik SEO. Strategi SEO saat ini masih menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan traffic website.

Tidak hanya dengan teknik SEO, Anda juga memerlukan Google Adwords atau Facebook Ads. Cara yang satu ini memang cukup mudah serta dapat segera Anda gunakan. Apabila memilih Google Adwords atau Facebook Ads dalam meningkatkan traffic dianggap sangat tepat. Hal itu karena keduanya memiliki banyak penggunanya.


3. Memilih CPA Networks yang Tepat

Anda perlu mempromosikan produk atau layanan dalam Cost per Action Marketing. Hal itu agar memperoleh komisinya. Anda tentunya juga perlu menawarkan produknya (CPA offer) di website Anda.  Caranya sebenarnya cukup mudah, hanya dengan mendaftar di CPA Network. CPA network memiliki peran sebagai penghubung Anda dengan pemilik bisnisnya. 

Mengenai apa itu CPA marketing yang merupakan model pembayaran dari iklan digital. Hal tersebut yang banyak manfaatnya dalam mempromosikan bisnis Anda. Marketz.id kini hadir untuk merencanakan ide-ide kreatif. Selain itu, membuat strategi digital berdasarkan data-driven. Hal tersebut tentunya  membantu Anda sukses di era digital.