You are currently viewing Mengenal Digital Marketing, Jenis-Jenis dan 6 Keunggulannya

Mengenal Digital Marketing, Jenis-Jenis dan 6 Keunggulannya

Marketz.id Dengan semakin mudahnya akses internet saat ini, jumlah orang yang online selalu meningkat setiap harinya. Hal tersebut juga mempengaruhi cara orang berbelanja dan membeli benar-benar telah mengalami banyak perubahan dimana menjadi salah satu faktor munculnya konsep digital marketing.

Secara umum, pemasaran digital biasanya tertuju pada kampanye promosi yang muncul di perangkat digital seperti ponsel, komputer, tablet, atau perangkat lain. Strategi marketing yang satu ini dapat mencakup banyak bentuk, termasuk video online, iklan bergambar, pemasaran melalui mesin pencari, iklan sosial media berbayar, dan postingan media sosial. Digital marketing sendiri seringkali dibandingkan dengan “pemasaran tradisional” seperti iklan majalah, TV, papan iklan, dan brosur. 

Marketing sendiri merupakan salah satu hal yang selalu berhubungan dengan audiens di tempat dan waktu yang tepat. Lalu apa itu sebenarnya digital marketing? Simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Daftar Isi

Mengenal Digital Marketing

Digital marketing umumnya  juga dikenal sebagai marketing online yang mengacu pada semua upaya pemasaran yang terjadi di internet. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, email, media sosial dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Ini juga mencakup komunikasi melalui sebuah pesan teks atau multimedia.

Pemasaran digital melibatkan beberapa prinsip yang tidak jauh berbeda dengan pemasaran tradisional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka. Tidak jarang perusahaan yang sering menggabungkan teknik pemasaran tradisional dan digital dalam strategi pemasaran mereka.

Jika zaman dulu mayoritas perusahaan berfokus pada promosi melalui media cetak, televisi, dan radio. Meskipun opsi ini masih ada sampai sekarang, perkembangan internet menyebabkan pergeseran cara perusahaan menjangkau konsumen. Di situlah digital marketing berperan. Bentuk pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, media sosial, mesin telusur, aplikasi yang menggabungkan pemasaran dengan feedback dari  pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggan.

Teknologi yang terus berkembang dan tren yang lebih baru memaksa perusahaan untuk mengubah cara mereka memasarkan bisnisnya. Email adalah alat pemasaran yang populer di masa-masa awal munculnya tren pemasaran digital. Kemudian bergeser ke mesin pencari  yang memungkinkan bisnis memberi tag dan kata kunci untuk membuat bisnis mereka dapat ditemukan dengan mudah. Perkembangan berbagi situs seperti Facebook memungkinkan perusahaan melacak data untuk memenuhi tren konsumen mereka.

Smartphone dan perangkat digital lainnya kini semakin memudahkan perusahaan untuk memasarkan bisnis mereka beserta produk dan layanannya kepada konsumen. Banyak studi bahkan menunjukkan bahwa mayoritas orang lebih suka menggunakan ponsel mereka untuk menggunakan  internet. Jadi tidak mengherankan apabila 70% individu membuat keputusan pembelian biasanya melalui ponsel mereka sebelum mereka benar-benar menekan tombol beli.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Jenis-Jenis Digital Marketing

Seperti disebutkan diatas, pemasaran secara tradisional dilakukan melalui media cetak (koran dan majalah) dan iklan siaran (TV dan radio) yang merupakan saluran yang masih ada sampai sekarang. Saluran pemasaran digital telah berkembang dan terus berkembang. Berikut ini adalah beberapa jenis dari digital marketing yang paling umum diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan upaya pemasaran bisnis mereka.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau search engine optimization  secara teknis merupakan salah satu jenis digital marketing yang cukup populer. The Balance sendiri mendeskripsikan SEO sebagai “seni sekaligus ilmu untuk menciptakan halaman web yang menarik untuk mesin pencari.”

SEO adalah ilmu karena mengharuskan Anda untuk meneliti dan menimbang berbagai faktor yang berkontribusi untuk mencapai peringkat setinggi mungkin di mesin pencari. Saat ini, elemen terpenting yang perlu dipertimbangkan saat mengoptimalkan halaman web meliputi kualitas konten, tingkat keterlibatan pengguna, ramah seluler, jumlah dan kualitas tautan masuk

Dalam SEO, tidak terdapat rubrik yang dapat diukur atau aturan khusus yang konsisten untuk meraih peringkat tertinggi. Google hampir selalu mengubah algoritmanya, jadi membutuhkan usaha yang cukup tinggi untuk membuat prediksi yang tepat. 

Website

Situs web adalah pusat dari semua kegiatan digital marketing dimana merupakan salah satu platform yang sangat kuat dan merupakan media yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran online. Tentunya situs web Anda harus mewakili produk, merek dan layanan yang ditawarkan dengan cara yang jelas dan mudah diingat. 

Pay Per Click  (PPC)

Pay per click atau PPC memungkinkan pemasar menjangkau pengguna Internet di sejumlah platform digital melalui iklan berbayar. Dengan PPC, Anda dapat mengatur kampanye PPC di Google, Bing, LinkedIn, Pinterest, Twitter atau Facebook dan menampilkan iklan bisnis Anda kepada audience  yang mencari istilah yang terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

PPC menjadi salah satu chanel digital marketing dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik demografis pelanggan itu sendiri ( berdasarkan usia hingga jenis kelamin), atau bahkan fokus menargetkan pada minat atau lokasi khusus mereka. Platform PPC yang paling populer adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Content Marketing

Tujuan content marketing antara lain untuk menjangkau pelanggan potensial melalui penggunaan konten. Konten umumnya dipublikasikan melalui situs web yang kemudian akan dipromosikan melalui media sosial, optimisasi mesin pencari, email marketing atau bahkan kampanye PPC. Alat pemasaran konten umumnya meliputi blog, kursus online, ebook, infografis, podcast, dan webinar.

Email Marketing

Email marketing  masih menjadi salah satu saluran digital marketing yang paling efektif. Jenis pemasaran digital yang satu  ini memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan pelanggan potensial dan siapa saja yang tertarik dengan produk mereka.

Banyak pemasar digital menggunakan semua saluran pemasaran digital lainnya untuk menambahkan prospek ke daftar email mereka dan kemudian, melalui email marketing, mereka membuat akuisisi pelanggan untuk mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan.

Social Media Marketing

Tujuan utama dari social media marketing adalah kesadaran merek atau brand awareness dan membangun kepercayaan. Saat Anda menelusuri lebih jauh mengenai social media marketing, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan prospek atau bahkan sebagai saluran penjualan langsung. Postingan konten di berbagai media sosial yang dipromosikan adalah contoh dari sosial media marketing.

Video Marketing

Bukan rahasia umum apabila YouTube sudah menjadi salah satu platform paling populer di dunia. Banyak pengguna beralih ke YouTube sebelum membuat keputusan membeli sebuah produk untuk mempelajari sesuatu, membaca ulasan, atau hanya untuk mencari informasi. Ada beberapa platform pemasaran video, termasuk Video Facebook, Instagram, dan bahkan TikTok yang digunakan untuk menjalankan kampanye video marketing.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Keunggulan Digital Marketing 

Keunggulan utama dari digital marketing adalah audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang lebih efisien dan  hemat biaya serta lebih terukur. Berikut ulasan lengkapnya!

Jangkauan global – situs web memungkinkan Anda menemukan pasar baru dan menjangkau pelanggan secara global.

Biaya lebih terjangkau – kampanye pemasaran digital yang disusun dengan sangat baik dan ditargetkan dengan tepat tentunya dapat menjangkau calon pelanggan yang tepat dan tentunya dengan biaya yang jauh lebih terjangkau daripada metode pemasaran tradisional.

Hasil Terukur – mengukur hasil pemasaran online Anda dengan melakukan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan untuk mengetahui seberapa efektif promosi Anda. Anda dapat mengetahui informasi secara detail mengenai bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda atau menanggapi iklan Anda.

Personalisasi – jika basis data pelanggan Anda ditautkan ke situs web Anda, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, Anda dapat memberikan mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka melakukan transaksi dengan Anda, semakin Anda dapat memperbaiki profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

Social currency – Digital marketing memungkinkan Anda untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan strategi konten marketing seperti gambar, video atau artikel yang dilihat oleh audience dan menjadi viral. 

Meningkatkan tingkat konversi – jika Anda memiliki situs web, pelanggan Anda hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, digital marketing dapat mempermudah proses transaksi. 

Anda dapat melihat bahwa digital marketing memiliki begitu banyak keunggulan, Anda benar-benar dapat menjangkau banyak orang melalui berbagai saluran digital. 

Jika Anda membutuhkan jasa digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda, Marketz membantu untuk mengembangkan bisnis Anda dengan berbagai strategi digital marketing yang efektif. Kunjungi websitenya di https://marketz.id/ sekarang juga!

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)