You are currently viewing Mengenal Apa Itu Promosi, Cara Bekerja dan 9 Jenisnya

Mengenal Apa Itu Promosi, Cara Bekerja dan 9 Jenisnya

Marketz.id – Bayangkan sebuah produk baru diluncurkan dan perusahaan sangat yakin mengenai kualitas produk tersebut dan sangat optimis tentang penjualan mereka. Akan tetapi bagaimana cara  mereka menyampaikan kepada publik tentang produk baru tersebut? tentunya perusahaan akan memasarkan produk baru tersebut. Nah artikel kali ini akan membahas mengenai promosi beserta jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui.

Dalam bisnis, promosi adalah sebuah komunikasi yang mencoba mempengaruhi orang untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Bisnis umumnya memperkenalkan merek, produk, dan layanan mereka dengan mengidentifikasi target  audiens dan menemukan cara untuk menyampaikan pesan mereka kepada audiens tersebut.

Hal ini merupakan hal yang cukup penting dalam dunia bisnis karena memiliki peranan yang cukup signifikan dalam menghasilkan atau meningkatkan pendapatan.

Apa itu Promosi?

Promosi adalah istilah umum yang mencakup semua cara yang dapat dilakukan perusahaan atau pelaku bisnis untuk meningkatkan visibilitas produk, layanan, atau mereknya. Poster iklan di halte bus merupakan salah satu bentuk yang umum ditemukan. Begitu juga penjualan yang memberikan potongan harga suatu produk atau layanan untuk jangka waktu tertentu.

Selain itu kegiatan yang satu ini juga dapat dideskripsikan sebagai sebuah alat pemasaran yang digunakan sebagai strategi untuk berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Melalui ini, penjual mencoba mempengaruhi dan meyakinkan pembeli untuk membeli produk atau jasa mereka. Hal ini membantu dalam menyebarkan berita tentang produk atau layanan atau perusahaan kepada orang-orang. 

Perusahaan menggunakan proses ini untuk meningkatkan citra publiknya. Teknik pemasaran ini menciptakan minat pada pola pikir pelanggan dan juga dapat mempertahankan mereka para pelanggan setia. Teknik pemasaran ini adalah komponen fundamental dari bauran pemasaran, yang menerapkan 4P: produk, harga, tempat, dan promosi. Ini juga merupakan elemen penting dari rencana atau strategi promosi, yang mencakup periklanan, promosi diri dan penjualan, publisitas pemasaran langsung, pameran dagang, acara, dll.,

Beberapa metode prosedur ini berisi penawaran, diskon kupon, distribusi sampel gratis, penawaran percobaan, membeli dua item dengan harga satu, kontes, diskon festival, dll. Metode pemasaran suatu produk ini penting untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan mereka karena reaksi pelanggan terhadap diskon dan penawaran bersifat impulsif. Dengan kata lain, promosi adalah alat pemasaran yang melibatkan pelanggan tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu organisasi.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Bagaimana Cara Kerja Promosi?

Promosi adalah aspek penting dari bisnis apapun, tanpa melakukan metode pemasaran ini,  bisnis akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Sementara hampir semua bisnis membutuhkan metode pemasaran yang satu ini, namun tidak semua dari mereka membutuhkan jenis atau tingkat pemasaran yang sama. 

Masing-masing bisnis tentunya menggunakan metode promosi dan taktik yang sangat bervariasi antar industri. Toko A mungkin hanya membutuhkan tanda yang dapat dilihat dari trotoar yang memungkinkan pelanggan mengetahui keberadaan toko tersebut. Bisnis lain mungkin perlu berinvestasi dalam upaya penjualan langsung atau memasang iklan di layanan streaming, misalnya.

Bisnis baru mungkin harus melalui periode coba-coba bereksperimen dengan gaya pemasaran yang berbeda sebelum mereka menemukan yang paling cocok dan tepat untuk mereka. Bahkan bisnis yang sudah mapan pun bereksperimen dengan strategi pemasaran baru selain melanjutkan promosi mereka yang sudah terbukti benar.

Jenis-Jenis Promosi

Di bawah ini adalah beberapa contoh dari banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dari mulut ke mulut

Ini dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efektif untuk memasarkan bisnis dan yang terbaik serta gratis. Menurut penelitian Nielsen, 83% konsumen mempercayai rekomendasi teman dan keluarga. Bisnis yang secara konsisten berusaha keras untuk memberikan layanan pelanggan yang unggul mendapat manfaat paling banyak dari jenis pemasaran yang satu ini.

Semakin banyak pelanggan yang bahagia, semakin besar kemungkinan untuk bisnis Anda lebih terkenal. salah satunya adalah dengan menyebutkan jasa Anda kepada teman atau anggota keluarga. Secara aktif meminta referensi adalah salah satu cara Anda dapat mempercepat proses pemasaran ini.

Situs web

Situs web yang dirancang secara profesional dapat menjadi alat promosi yang sangat baik, memungkinkan bisnis untuk memposting informasi terkini tentang produk dan layanan dengan mudah. Sebagian besar bisnis memiliki setidaknya halaman web sederhana dengan informasi dasar seperti alamat, jam operasional, nomor telepon, dll. 

Media sosial

Media sosial adalah bentuk pemasaran bisnis online yang populer dan murah. Facebook, Twitter, dan YouTube bisa sangat efektif dalam menjangkau pelanggan. Jika Anda ahli dalam membuat video, Anda dapat merekam video produk atau layanan Anda dan mempostingnya di YouTube. Pemasaran influencer, yang memanfaatkan selebritis dan tokoh terkenal lainnya untuk menjangkau audiens mereka, adalah bentuk lain dari promosi media sosial yang semakin populer.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Lift / Elevator

Teknik pemasaran cepat ini digunakan oleh para pebisnis untuk memberikan deskripsi singkat dua atau tiga kalimat tentang apa yang dilakukan bisnis mereka dan bagaimana produk atau layanan mereka dapat bermanfaat bagi pelanggan potensial. Seorang pemilik bisnis mungkin menyiapkan elevator pitch sebelum pergi ke acara networking sehingga mereka dapat siap untuk mempromosikan bisnis mereka secara efektif pada saat itu juga.

Kartu nama

Bahkan di era digital, bentuk promosi bisnis yang sudah berusia puluhan tahun ini tetap ada. Di beberapa negara, bertukar kartu nama tetap menjadi aspek penting dari jaringan dan etiket bisnis. Selain kartu nama, semua jenis dokumen bisnis dapat digunakan untuk tujuan pemasaran, baik itu kop surat bermerek atau tanda tangan email khusus.

Dekorasi Kendaraan Umum

Wraps adalah iklan yang dicetak pada kendaraan umum. Siapapun yang menemukan kendaraan itu dalam perjalanan akan melihat iklan tersebut. Banyak sampul menampilkan logo bisnis yang dirancang secara profesional, tag, dan informasi kontak. Studi menunjukkan bahwa iklan di kendaraan umum menghasilkan perhatian sebagai papan reklame statis, dan dapat dilihat antara 30.000 hingga 70.000 kali dalam sehari.

Pamflet

Selebaran atau pamflet adalah alat pemasaran lain yang relatif tua tetapi masih sangat efektif. Perusahaan jasa yang melakukan pekerjaan di tempat tinggal di suatu lingkungan dapat dengan mudah memasukkan selebaran ke kotak surat tetangga. Selebaran juga dapat ditinggalkan di depan pintu atau di ruang publik.

Events

Terlibat dalam sebuah events baik dengan menjadi tuan rumah, mensponsori, atau menghadiri adalah cara yang bagus untuk menciptakan sikap positif tentang bisnis Anda di sebuah komunitas. 

Sales Promotion

Sales promotion menggunakan komunikasi pemasaran media dan non-media untuk waktu terbatas yang telah ditentukan sebelumnya untuk meningkatkan permintaan konsumen, menumbuhkan permintaan pasar, atau meningkatkan ketersediaan produk.

Nah itu dia penjelasan lengkap seputar promosi beserta jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam mengelola bisnis yang dijalani,  Marketz sebagai digital marketing agency berpengalaman dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan dengan strategi promosi digital marketing yang tepat dan efektif. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://marketz.id/ untuk informasi yang lebih lengkap!

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)