Panduan Membaca Laporan Mingguan dan Bulanan Advertising melalui Google Data Studio Marketz.id

Jasa Paid Advertising Marketz.id sekarang sudah menggunakan Google Data Studio, semua data yang disediakan diambil dari Facebook Ads Manager & Google Ads Manager.

Berikut merupakan panduan cara membaca laporan Google Data Studio:

Facebook Ads

  • MAIN KPIs
    • Amount Spent, yaitu Total Biaya iklan yang dikeluarkan dalam periode waktu yang dipilih.
    • Reach, yaitu total orang yang melihat iklan kita.
    • Link Clicks, yaitu total orang yang klik link di iklan kita.
    • Conversions (Leads/ Purchase), yaitu total orang yang melakukan Key action yang kita inginkan, bisa Purchase, bisa Lead, tergantung metrics yang di-track.
  • Brand Awareness
    • Reach, yaitu total orang yang melihat iklan kita (fokus pada jumlah orang yang kena iklan kita, bisa 1x, atau lebih.
    • Impressions, yaitu jumlah tayang iklan kita ke audience kita (fokus pada berapa kali tayang).
    • Frequency, yaitu berapa kali 1 orang melihat iklan kita.
    • Cost per 1000 Reach, yaitu biaya yang kita keluarkan untuk reach 1000 orang yang berbeda.
    • CPM (Cost per Miles), yaitu biaya yang dikeluarkan setiap iklan kita tayang selama 1000 kali.
  • Engagement
    • Post Engagement, yaitu jumlah orang yang berinteraksi dengan kita, baik likes, comment, share, save, link click, dan menonton video kita.
    • Cost per post engagement, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk setiap interaksi yang terjadi di iklan kita.
    • Post reactions, yaitu jumlah like yang didapatkan di postingan iklan kita.
    • Post comments, yaitu jumlah komentar yang didapatkan di postingan iklan kita.
    • Post shares, yaitu jumlah postingan ini dibagikan oleh audience kita.
    • Link Clicks, yaitu total orang yang klik link di iklan kita.
  • Ads Performance
    • CTR %, yaitu persentase jumlah orang yang klik di iklan kita dibandingkan dengan jumlah impressions di iklan kita.
    • Link clicks, yaitu total orang yang klik link di iklan kita.
    • CPC (link), yaitu biaya per 1 klik pada iklan kita.
    • Conv. Rate LP, yaitu persentase orang yang benar-benar masuk ke landing page/ website kita dari jumlah orang yang klik di iklan kita.
    • Landing page views, yaitu jumlah orang yang benar-benar masuk ke landing page kita.
    • Cost per LP View, yaitu biaya per 1 orang yang masuk ke landing page kita.
  • Website Conversion
    • Website Leads atau Website Conversions, yaitu jumlah konversi yang diterima, baik berupa leads atau purchase atau metrics lain yang ditrack.
    • Cost per Website Lead, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 Lead/ Purchase/ Conversion.
    • Conv. Rate Lead, yaitu persentase orang yang konversi menjadi Lead dibandingkan dengan jumlah orang yang masuk ke landing page kita.

Facebook CPAS

  • Website Conversion
    • Conv. Rate ATC, yaitu persentase orang yang Add to Cart dibandingkan dengan jumlah orang yang masuk ke landing page kita.
    • Add to Carts, yaitu jumlah Add to Cart yang diterima.
    • Cost per ATC, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 Add to Cart.
    • Conv. Rate Purchase, yaitu persentase orang yang membeli dibandingkan dengan jumlah Add to Cart.
    • Purchases, yaitu jumlah orang yang membeli produk kita.
    • Cost per Purchase, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 Purchase.
    • Total ATC, yaitu jumlah nominal rupiah yang didapatkan dari total produk yang ditambahkan ke keranjang.
    • Total Purchase, yaitu jumlah nominal rupiah yang didapatkan dari total produk yang dibeli.
    • ROAS atau Return on Ad Spend, yaitu jumlah pendapatan dibandingkan dengan biaya iklan (atau berapa kali lipat pendapatan yang didapatkan dari biaya marketing yang dikeluarkan).

Google Ads

  • Main KPIs
    • Cost, yaitu total biaya iklan di Google Adsyang dikeluarkan dalam periode waktu yang dipilih.
    • Impressions, yaitu jumlah tayang iklan kita ke audience kita berdasarkan hasil pencarian mereka (fokus pada berapa kali tayang).
    • Clicks, yaitu jumlah klik yang didapatkan dari iklan kita.
    • Conversions, yaitu jumlah konversi/ leads yang didapatkan dari iklan kita.
  • Brand Awareness
    • Impressions, yaitu jumlah tayang iklan kita ke audience kita (fokus pada berapa kali tayang).
    • CTR, yaitu persentase jumlah orang yang klik di iklan Google kita dibandingkan dengan jumlah impressions iklan kita.
    • Clicks, yaitu jumlah klik yang didapatkan dari iklan kita.
    • Avg. CPC, yaitu rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 klik di iklan kita.
  • Website Conversion
    • Conversions, yaitu jumlah konversi yang diterima, baik berupa leads atau purchase atau metrics lain yang ditrack.
    • Cost/ conv., yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 konversi.
    • Conv. rate, yaitu persentase jumlah konversi dibandingkan dengan jumlah yang klik di iklan kita.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan, bisa langsung ditanyakan ke Tim Account atau Digital Specialist kami. Terimakasih.

Similar Posts