You are currently viewing Cara Pasang Iklan di Instagram dengan Mudah

Cara Pasang Iklan di Instagram dengan Mudah

Cara Pasang Iklan di Instagram

Marketz.id – Siapa yang tidak tahu dengan platform Instagram, hampir semua orang mengetahui dan menggunakan sosial media ini untuk terhubung dengan teman atau orang terdekat. Tak hanya itu, Instagram juga menawarkan fitur iklan yang bisa digunakan oleh pelaku usaha.

Sudah lazim bahwa semua perusahaan, brand atau umkm harus hadir dimana customernya berada, salah satunya dengan cara pasang iklan di Instagram.

Indikator jangkauan akun menjadi prioritas utama para pelaku usaha agar bisa melakukan penetrasi market, untuk menjangkau lebih banyak audiens yang nantinya bisa dikonversi menjadi customer loyal untuk melakukan pembelian berulang. Untuk itu, kamu bisa mengiklankan produk atau layanan jasa milikmu melalui Instagram ads.

Mengenal Instagram Ads untuk Melesatkan Bisnis Kamu

Dalam artikel ini, kami ingin mengenalkanmu dengan Instagram ads dari dasar hingga bisa memasang iklan pertamamu di platform media sosial ini. Jadi, mari kita mulai pelajari sekarang juga.

Apa Itu Instagram Ads

Penjelasan mudahnya, Instagram ads adalah bentuk periklanan yang bisa digunakan pengiklan / pelaku bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas sesuai target market yang diingkan.

Jadi, kalau brand milikmu ingin menjangkau lebih banyak calon pelanggan, fitur iklan di Instagram layak kamu gunakan. Tapi bentuk iklan seperti apa sih yang efektif dan cocok untuk campaign sosial mediamu? Yuk kita cari tahu triksnya lewat pembahasan selanjutnya.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Jenis-jenis Iklan Instagram yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mulai Beriklan

Sudah penasaran kira-kira ada berapa jenis iklan yang disediakan oleh Instagram dan format ads mana yang cocok diterapkan untuk social media marketing untuk brand milikmu?

Sebelum pasang iklan di Instagram, setidaknya, kamu harus mengetahui 4 format iklan beserta keuntungan dan kekurangannya masing-maing. Yuk cari tahu mana format iklan yang cocok melalui uraian dibawah ini;

Single Post Ads

Single post ads atau single image ads merupakan jenis iklan paling umum dan sering digunakan oleh banyak pengiklan, kamu hanya perlu mengunggah 1 banner iklan promosi saja dan tambahkan tombol navigasi iklan mau darahkan kemana audiens yang kamu target; kunjungan profil Instagram, website, atau google form untuk mengumpulkan data base. Silahkan tentukan.

Kelebihan iklan ini cukup mudah dibuat dan cepat karena hanya cukup membuat 1 banner. Kekurangannya, iklan single post ads sudah sangat jarang dipakai saat ini semenjak muncul format konten carousel, reels, atau video ads.

Instagram Carousel Ads

Di urutan kedua, ada format iklan carousel. Format iklan ini muncul karena tren konten carousel sempat merajai format konten di tahun 2020 sehingga Instagram menghadirkan iklan dengan format 10 gambar banner atau video promosi.

Kelebihan iklan ini adalah mudah sekali menarik atensi audiens karena jumlah kontennya banyak. Konten iklan bagus yang dipadukan dengan copywriting andal dijamin deh atensi calon pelanggan langsung tertuju ke iklan yang kamu buat.

Kekurangan format iklan ini, selain proses pembuatan banyak konten banner iklannya cukup rumit dan lama, sekali gambar di slide carousel awal gagal menarik atensi audien, maka mereka tidak akan melanjutkan melihat slide carousel banner iklan selanjutnya dan lanjut scrolling ke konten lain di Instagram.

Instagram Video Ads

Berebda dengan dua format iklan sebelumnya, ada juga format iklan yang berfokus pada konten video. Instagram memungkinkan kamu untuk mempromosikan jasa atau produk milikmu lewat media video berdurasi 1 menit.

Kelebihan jenis iklan ini adalah media video cukup ampuh untuk menarik atensi audien di marketmu. Sekalipun tidak semua audien akan menonton selama 60 detik, tapi setidaknya mereka menonton 10 – 30 detik pertama berisi pesan brand milikmu sehingga mereka jadi kenal dengan brand milikmu.

Kekurangan iklan video kurang lebih sama dengan format iklan sebelumnya yaitu produksi konten video yang memakan banyak waktu. Kalau video tidak ditonton atau dilewati audien maka pesan brand tidak sampai kepada market yang ditargetkan.

Instagram Story Ads

Buat kamu yang sering bermain Instagram, khususnya kamu yang suka membuat status story harian, pasti pernah dong sekali dua kali mendapati iklan saat beralih ke story lain? Yup, kamu bisa memanfaatkan fitur story untuk beriklan di Instagram lho!

Durasi iklan story Instagram berdurasi 15 detik. Kamu bisa menggunakan format promosi gambar atau video. Umumnya satu story ads cukup tapi terkadang ada juga brand yang menggunakan 3 story ads sekaligus.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Tips Sukses Melejitkan Bisnismu dengan Cara Pasang Iklan di Instagram

Setelah mengetahui jenis format ads di Instagram, sebelum membuat campaign pertamamu di platform ini. Alangkah baiknya kamu mencari tahu tips optimasi Instagram ads berikut ini supaya promosimu membuahkan hasil. Check this out!

Optimasi Iklan Instagram dengan Konten Video

Tidak bisa dipungkiri bahwa konten video sangat cocok digunakan untuk beriklan dengan jenis iklan Instagram Newsfeed Ads atau Instagram Story Ads. Kalau memungkinkan, coba buat iklan berbasis video karena format ini cukup efektif dan ampuh menarik perhatian audien disbanding gambar.

Kelebihan lainnya, pesan yang bisa kamu sampaikan bisa lebih mudah dipahami audien tanpa dibatasi jumlah karakter seperti pada format ads lainnya.

Buat Caption Iklan Instagram yang Lebih Ringkas & To the Point

Seperti yang kita ketahui bersama, saat membuat caption Instagram ads, pengiklan diberi batasan hanya bisa menulis copy ads maksimal 2,200 karakter. Tips dari kami, buat caption copy ads yang lebih singkat dan ringkas, 150 karakter misalnya, namun tetap mempertahankan ketersampaian pesan kepada target audien. Strategi ini efektif mengigat konsentrasi pengguna sosial media terbatas, kurang dari 5 detik sudah scroll pindah konten.

Lakukan Pengujian Berbagai Format Iklan Instagram

Lakukan banyak percobaan format Instagram ads agar kamu bisa menemukan jenis iklan mana yang paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan jasa brand milikmu.

Maksimalkan Copywriting pada Iklan Instagram yang Kamu Buat

Copywriting adalah elemen penting dalam iklan, semakin bagus copywriting maka semakin baik pula engagement campaign yang kamu dapatkan. Maka dari itu, buatlah copy iklan yang menarik dan sesuai kebutuhan market bisnismu ya demi hasil yang maksimal.

Nah itu dia pro tips optimasi meningkatkan peluang iklanmu berhasil di Instagram. Sekarang saatnya kamu membuat iklan pertamamu di Instagram. Belum tahu caranya? Silahkan baca panduan yang telah kami buat dibawah ini.

Cara Pasang Iklan di Instagram

Setelah mengenal banyak hal tentang Instagram ads mulai dari pengertian Instagram ads, format iklannya, dan tips optimasinya, sekarang saatnya membuat iklan di Instagram. Caranya mudah kok, nggak harus nunggu berhari-hari, kurang dari sejam iklan bisa jadi dan langsung berjalan campaign-nya. Berikut panduannya.

  1. Buka aplikasi Instagram. Kalau akunmu masih pribadi, rubah ke mode bisnis.
  2. Kemudan, pilih tombol promosi. Kamu akan diarahkan ke halaman dasbor iklan Instagram.
  3. Namun sebelum itu, kamu diharuskan login ke facebook dan membuat page bisnis akun kamu juga.
  4. Barulah kamu diarahkan ke dasbor iklan Instagram. Pilih postingan feed yang ingin di promosikan. Pilih target atau goal promosi; kunjungan profil, klik website, atau lainnya.
  5. Pilih target audiens untuk social media campaign-nya. Kamu bisa atur otomatis atau custom menyesuaikan preferensi target spesifik seusai bidang bisnis milikmu. Misalnya atur lokasi kota yang ingin ditargetkan, umur, dan minat audiens.
  6. Terakhir, tentukan anggaran dan durasi iklan. Lakukan pembayaran. Iklan kamu ditinjau, beberapa menit kemudian, iklan sudah berhasil tayang di Instagram.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Yuk tingkatkan database pelanggan dan tingkatkan penjualan kamu dengan cara pasang iklan di Instagram. Kalau kamu butuh konsultasi mengenai campaign social media marketing indonesia terbaik, kamu bisa kontak staf ahli kami di Marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)