Site icon Marketz.id | 10X Digital Agency

Awareness Artinya Apa? Ini Informasi dan Manfaat Lengkapnya

Awareness artinya

Marketz.id – Awareness artinya “kesadaran”. Pengertian awareness dalam bisnis online merupakan kondisi seseorang secara sadar maupun mengetahui apa yang sedang terjadi. Dalam bidang bisnis kata tersebut memiliki arti yang sama, hanya saja seringnya dengan istilah brand Awareness.

Brand Awareness Artinya Apa?

Pengertian brand awareness dalam bahasa Indonesia adalah kesadaran atas merek.

Namun dalam arti secara luas, brand awareness adalah kemampuan yang dimiliki konsumen dalam mengingat atau mengenali merek dengan melihat sesuatu mulai dari image, logo, warna dan lainnya yang menunjukkan identitas dari suatu brand.

Konsumen akan lebih mengetahui produk yang dipromosikan oleh brand. Inilah yang menjadi dasar dan alasan dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli barang. Karena dari sini konsumen juga akan mengingat kategori produk dari brand tersebut.

Komponen brand Awareness artinya terbagi menjadi dua yakni pengenalan brand dan ingatan brand. Pada pengenalan brand dalam artian pengenalan objek. Sementara pada ingatan brand berarti pengambilan memori.

Kemampuan konsumen dalam brand awareness perlu diciptakan serta dipelajari. Hal ini menjadi faktor utama dalam menentukan perilaku konsumen saat pengambilan keputusan pembelian.

Manfaat Brand Awareness Untuk Pemilik atau Pelaku Bisnis

Penerapan cara brand awareness dan peningkatan kesadaran merek memberikan banyak manfaat yang sangat besar untuk perusahaan. Berikut manfaat brand awareness.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Secara umum brand Awareness artinya dapat meningkatkan penjualan. Hal ini berkaitan dengan loyalitas pelanggan yang telah dibangun dengan baik oleh brand yang dipasarkan kepada mereka yang memiliki citarasa yang khas.

Tentu saja brand yang terpercaya dan baik dimata pelanggan maka akan mendapatkan support penuh.

Pelanggan akan selalu menantikan produk apa saja yang terbaru dari brand ini. Sehingga benar-benar mendapatkan perhatian penuh dari para pelanggan dalam setiap waktu.

Menciptakan Kepercayaan

Ketika pelanggan telah mengetahui brand dan merasakan akan kualitas baik pelayanan dan juga produk maka dimanapun mereka akan tetap memilih brand tersebut dibandingkan lainnya.

Awareness artinya setiap pelanggan pergi kemana saja mereka akan menemukan brand yang sama maka akan tetap memilihnya. Hal ini karena mereka lebih tahu tentang merek dan serta pengalaman pelayanannya.

Bisa menarik Pelanggan baru

Dengan brandingnya yang mampu meninggalkan pengalaman serta kesan baik maka bisa datangkan lebih banyak pelanggan baru. Apalagi jika produk memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Hal ini sejalan dengan hukum pemasaran bahwa satu konsumen yang mendapatkan kepuasan akan merek produk maka ia akan mengajak lebih banyak temannya untuk ikut merasakan hal yang sama. Karena orang akan lebih percaya jika ada testimoni atau pengalaman secara langsung.

Bahkan tidak tanggung-tanggung seseorang tersebut akan secara sendirinya mempromosikan melalui media sosial pribadinya atas pengalaman yang dirasakan.

Awareness artinya secara tidak langsung pebisnis akan meraup keuntungan banyak dan pelanggan yang semakin meningkat.

Penjualan Meningkat

Dengan adanya pelanggan yang meningkat maka penjualan juga akan turut meningkat pula. Apapun produk yang ada pada brand tersebut memiliki peluang dibeli pelanggan.

Meskipun dengan banyaknya pilihan merek yang ada. Karena hampir sebagian besar pelanggan akan membeli produk yang sesuai dengan brand yang melekat pada pikiran mereka.

Penjualan akan meningkat drastis. Apalagi jika pebisnis melakukan strategi pemasaran online dengan menggunakan iklan Youtube, media sosial, iklan adword juga SEO (Cara Kerja SEO).

Awareness artinya disini  semakin banyak orang yang mengetahui brand. Tetap mengutamakan kesan unik dalam melakukan branding produk dan menunjukkan kelebihannya.

Meningkatkan Nilai Jual

Jika peningkatan branding menjadi bagus didampingi oleh kualitas produk dan layanan maka suatu saat pebisnis dengan mudah menaikkan harga.

Meskipun nilai jual produk meningkat namun pelanggan akan tetap membeli produk tanpa memikirkan harganya.

Dalam meningkatkan nilai jual bisa dilakukan dengan penjualan sistem bundling, packaging yang unik, atau banyaknya review dari pelanggan,

Membangun Ekuitas Brand

Semakin banyak orang menyadari awareness artinya lebih pada kehadiran brand ini maka brand tersebut semakin berharga.

Hal inilah yang disebut dengan ekuitas brand. Nilai Brand sebagai aset terpisah. Sehingga membuat penawaran menjadi lebih menonjol karena adanya brand.

Membangun Relasi

Brand berada paling atas dan terkenal maka akan memudahkan dalam segala urusan termasuk dalam bekerja sama dengan perusahaan bonafit lainnya baik di bidang bisnis maupun bukan bisnis.

Sehingga dari kerjasama tersebut terbentuk support saling menguatkan hingga mengembangkan unit bisnis.

Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Strategi mewujudkan pentingnya menerapkan awareness artinya lebih pada membangun brand awareness secara tepat. Cara meningkatkan brand awareness sebagai berikut. 

Membuat Akun Bisnis Media Sosial

Pemasaran atau marketing sebuah brand tidak hanya terfokus pada produk saja. Namun pada para konsumennya.

Hal ini dapat dilakukan dengan media sosial. Pebisnis dapat membangun interaksi dengan para konsumen maupun calon konsumen di media sosial.

Hal ini merupakan cara melibatkan konsumen dalam bagian brand narrative. Menciptakan brand experience yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Dengan media sosial, pebisnis dapat mengukur reaksi maupun respon dari konsumen pada awareness artinya brand maupun produk milik Anda. Sehingga Anda dapat mengevaluasi strategi promosi menjadi lebih baik lagi.

Dengan Content Marketing

Content Marketing ialah strategi pemasaran dengan tahap rencana, membuat serta distribusikan konten yang menarik pelanggan ataupun audiens secara tepat sasaran. Hal ini berpotensi mendorong audiens menjadi pelanggan tetap.

Membuat konten pemasaran haruslah memperhatikan cara penulisan artikel yang menarik, memiliki nilai dan relevan.

Karena fungsi dari konten pemasaran tersebut adalah sebagai informasi kepada para pembaca atau audiens terkait produk maupun tips lainnya yang membantu audiens lebih dalam mengetahui brand Anda.

Menjalin Kemitraan dengan Merek Terkenal

Cara paling efektif memahami Awareness artinya dengan bermitra dengan merek atau brand terkenal. Hal ini mencakup perusahaan, selebriti, pemberi pengaruh dan sebagainya. Sehingga brand menjadi lebih kuat dan dapat dikenal secara luas.

Berbagi Merchandise Secara Gratis

Sebagai bentuk terimakasih atas keloyalan pelanggan terhadap brand maupun produk maka pebisnis dapat memberikan apresiasi atau penghargaan berupa merchandise kepada pelanggan. Hal ini pebisnis dapat memberi nama perusahaan serta detail contact.

Berilah merchandise yang membuat senang dan unik baik berupa kebutuhan sehari-hari maupun yang berhubungan dengan bisnis.

Bekerja Sama dengan Influencer Terbaik

Selanjutnya awareness artinya lebih sadar pentingnya dalam membangun brand awareness untuk bekerja sama dengan Influencer Marketing.

Sebuah strategi marketing yang berguna untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan para influencer dalam sosial media.

Karena influencer biasanya lebih dipercaya sehingga apa yang akan disampaikan terkait produk atau brand dapat lebih optimal.

Salah satu rekomendasi untuk Anda dalam membangun brand awareness adalah bekerja sama dengan Marketz.id Agency Iklan Jakarta.

Platform yang sudah terbukti berhasil dalam membantu lebih dari 100+ bisnis Indonesia. Sehingga sudah profesional dan berpengalaman terbaik untuk mewujudkan semua mimpi Anda dalam mengembangkan bisnis. Sehingga membantu pelanggan mengerti awareness artinya secara cepat dan tepat.

Exit mobile version