You are currently viewing Apa Itu Konten dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

Apa Itu Konten dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

Marketz.id – Kalian mungkin pernah berpikir tentang apa itu konten? Di zaman sekarang yang semakin canggih teknologi, maka akan semakin banyak yang memanfaatkanya untuk membuat berbagai konten di sosial media. Dengan begitu, Anda wajib mengetahui apa yang dimaksud dengan konter beserta dengan jenis-jenisnya.

Ketahuilah, Apa Itu Konten?

Konten secara bahasa yaitu mempunyai arti isi, kandungan, atau muatan. Konten dalam komunikasi media, merupakan informasi yang sudah disediakan lewat online atau lewat sosial media. Istilah biasanya digunakan di internet untuk lebih menunjuk situs website di internet. Kalian untuk membuat media di internet sangatlah mudah dan gratis tentunya hanya bermodal handphone dan kuota saja.

Dengan mudahnya dan cepatnya membuat website atau akun sosial media secara pribadi. Konten sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu “content” yang memiliki arti kandungan atau isi. Sedangkan menurut KBBI, konten merupakan informasi yang tersedia di media sosial atau produk elektronik. 

Namun menurut Cambridge Dictionary, konten merupakan artikel bagian yang terdapat di dalam majalah atau buku. Jika menurut Wikipedia konten merupakan informasi yang tersedia melalui media sosial dan media elektronik.

Dalam Business Dictionary, konten mempunyai arti:

  1. Teks dari dokumen berbentuk apapun. Konten informasi dan komunikasi yakni relevansi, keterbacaan, dan fungsi informasi yang tersaji. Bahkan, bagaimana cara penyajiannya.
  2. Pesan wacana yang dikomunikasikan untuk memahami oleh para audiens yang akan dituju.
  3. Lem yang membuat situs web membuat pengunjung kembali dan tidak ingin pergi.

Dari pengertian diatas kalian dapat menyimpulkan, konten merupakan berbagai jenis format dan informasi yang sudah tersaji atau tersedia di media, khususnya media baru, seperti teks, gambar, audio dan video. Penyampaian konten bisa dilakukan di berbagai media seperti internet, televisi, radio, cd. audio, serta acara langsung seperti konferensi atau pertunjukan.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Apa Itu Jenis Konten Konteks dan Format?

Pada umumnya, konten berguna dalam pengidentifikasian segala macam format untuk informasi komponen dan nilai tambah sebuah media. Media online adalah saluran komunikasi untuk menyampaikan berbagai pesan yang sudah tersaji secara online, seperti di website, blog, email dan sosial media lainnya. Dengan adanya konten kalian dapat mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Setelah mengetahui apa itu konten? Sekarang kalian juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis konten? Jenis konten terbagi menjadi dua macam yaitu konten format dan konten konteks. Mari kalian pahami agar lebih jelas dan paham tentunya.

Jenis Konten Format

  1. Teks (Tulisan)

Jenis konten yang pertama yaitu teks atau tulisan. Teks merupakan jenis konten yang tradisional, berupa tulisan, baik berita terbaru, opini, feature, maupun essay dan review. Jenis ini disebut dengan konten tradisional karena menjadi sajian utama media informasi yang pertama kali muncul, yaitu Acta Diurna. 

Rata-rata sajian media cetaknya yaitu berupa teks dengan ditambahkan gambar atau foto. Dari formatnya saja teks atau tulisan berupa berita, opini, atau feature. Kontek jenis teks ini tidak bisa disediakan di media penyiaran radio. Akan tetapi televisi masih bisa menyediakan kontek jenis teks ini, misalnya berupa running text.

  1. Gambar (Image/Picture/Photo)

Apa itu konten jenis yang kedua yaitu gambar yang berupa konten foto yang menghasilkan kamera atau hasil dari desain grafis. Di Media massa, baik cetak maupun secara online gambar biasanya menjadi hal yang baik untuk dijadikan ilustrasi maupun dijadikan penguat isi berita.

  1. Suara (Podcast)

Suara atau audio merupakan jenis konten media melalui media penyiaran radio. Audio juga dapat dijadikan sebagai konten website yang sekaran ini dikenal dengan Podcast atau Playable on Demand Broadcast. Perbedaannya dengan radio yaitu umumnya berupa siaran langsung dan secara live streaming. 

Podcast yang dimuat di website, biasanya berupa file yang bisa diunduh dan juga bisa didengar kapanpun dan dimanapun. Podcast biasanya rekaman suara obrolan, wawancara dan lain-lain, juga bisa berupa rekaman siaran dari televisi atau program dari radio, pertunjukan dan lainnya. Sekarang ini banyak podcaster yang memvidiokan podcastnya yang diunggah ke channel Youtube pribadi.

  1. Video

Jenis selanjutnya yaitu jenis konten video. Konten jenis video ini yang sangat terpopuler sekarang ini. Inilah yang membawa penghasilan yang besar bagi para youtuber tentunya. Vidio merupakan rekaman seseorang atau gambar hidup yang tadinya ditayangkan di media televisi. Sekarang ini video dipublikasikan melalui platform media sosial seperti Youtube, Vimio, serta Dailymotion. Kalian juga bisa mengupload di Aplikasi FB, Instagram, Twitter dan Aplikasi lainya.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

  1. Infografis

Jenis konten format berikutnya yaitu Infografis. Infografis berasal dari bahasa Inggris yang berarti gabungan gambar dan teks. Infografis mendefinisikan infografis menjadi bentuk visual data yang fungsinya untuk menyampaikan informasi yang rinci untuk para pembaca agar dapat memahaminya dengan mudah dan cepat. Proses pembuatan infografis bisa kalian sebut dengan data-visualization, information design. Infografis juga mempunyai berbagai jenis yaitu infografis statis, animasi dan interaktif.

  1. Tautan (Links)

Tautan atau links merupakan ciri khas konten media online yang berupa anchor text dan URL halaman website. Tautan yang kalian klik akan menampilkan halaman berbeda yang sedang dibuka oleh pengguna. Inilah mengapa penting untuk mengetahui apa itu konten format. 

Tautan yang ada di dalam sebuah halaman website memiliki dua jenis yaitu tautan ke dalam (internal link) dan tautan keluar (eksternal link). Konten tersebut biasanya terdapat di konten berupa teks atau tulisan.

  1. eBook

Jenis konten selanjutnya adalah eBook. Elektronik Book atau buku elektronik merupakan buku yang berbentuk file yang dapat diunduh dan dibuka di perangkat komputer/ laptop, maupun ponsel. eBook berbeda tentunya berbeda dengan buku biasa berbentuk kertas yang isinya teks/tulisan dan gambar, eBook ini umumnya berupa file dengan format Portable Docoment Files (pdf).

  1. Game

Apa kalian tahu konten jenis yang berikutnya ini? Game merupakan permainan yang menggunakan media elektronik atau online. Hiburan yang berbentuk multimedia yang banyak digemari oleh semua orang. Game dapat dimainkan dengan aturan tertentu yang bisa memenangkan maupun dikalahkan. Games dalam bentuk konteks konten website biasanya bisa dimainkan di komputer serta ponsel.

  1. QR Code

Apa itu konten yang terakhir yaitu QR Code (Quick Response Code)? QR Code merupakan kode penyimpanan yang menyimpan data. Biasanya QR ini bisa kalian akses di Smartphone atau Handphone.

Jenis-Jenis Konten Konteks

Apa itu konten jenis konteks? Daris segi konten konteks sudah muncul dan sangat populer tentunya. Berikut kontek konteks:

  1. Penulisan konten
  2. Penulis konten
  3. Pembuatan konten
  4. Kurasi konten
  5. Editor konten
  6. Konten berkualitas
  7. Pemasaran konten
  8. Penempatan konten
  9. Sistem manajemen konten
  10. Jaringan pengiriman konten
  11. Konten buatan pengguna
  12. Konten adalah raja

Istilah dari konten raja yaitu berarti menunjukan atau menampilkan pentingnya konten dalam manajemen website, humas online, pemasaran daring, media sosial, ataupun dalam mengoptimalkan mesin telusur. 

Demikian ulasan tentang apa itu konten dan jenis-jenisnya. Anda juga dapat membaca artikel kami tentang Facebook Ads. Semoga bermanfaat. Agar lebih jelasnya lagi kalian dapat mengunjungi Marketz, jasa marketing online terpercaya dan berkualitas.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)