You are currently viewing Kenali Lebih Dalam Manfaat dan Tujuan Segmentasi Pasar

Kenali Lebih Dalam Manfaat dan Tujuan Segmentasi Pasar

Marketz.id – Apa Anda pernah mendengar istilah segmentasi pasar? Sebenarnya apa tujuan segmentasi pasar? Mungkin sebagian dari kalian sedikit asing dengan istilah tersebut.

Hal yang dibutuhkan untuk perusahaan atau forum agar bisa mempertahankan produk yang didapatkan adalah menggunakan segmentasi pasar agar lebih terjaga kualitasnya. Untuk mencapai sasaran promosi yang diinginkan Anda membutuhkan segmentasi pasar dengan beberapa tahapan yang wajib dilakukan.

Simak Tujuan Segmentasi Pasar

Apa Anda tahu segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok pada pembeli dalam pasar yang mempunyai kebutuhan perilaku yang heterogen dan karakteristik agar menjadi pasar yang homogen. Dalam suatu perusahaan, segmentasi pasar merupakan strategi untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen pada pasar tertentu sehingga menciptakan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Segmentasi pasar merupakan cara untuk membedakan pasar dengan beberapa bagian menurut konsumen yang mempunyai kebutuhan. Segmentasi pasar juga bisa didefinisikan menjadi proses identifikasi pembeli terhadap ketertarikan produk.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

  1. Mengevaluasi Target dan Perencanaan Bisnis

Tujuan segmentasi pasar berikutnya, jika Anda memiliki segmen pasar yang akan di target, Anda bisa mengevaluasi yang berkaitan dengan efektif atau tidak kegiatan pemasaran yang lakukan selama ini. Dari sini Anda bisa mempelajari apa yang berjalan dengan efektif dan yang tidak berjalan dengan efektif. Dengan adanya hasil evaluasi bisa dijadikan sebuah pertimbangan untuk membuat perencanaan bisnis Anda kedepannya.

  1. Memperoleh Peluang Baru

Suatu perusahaan yang mempunyai kemampuan serta pemahaman untuk menganalisis segmentasi pasar dengan baik akan memiliki peluang baru yang lebih besar. Bahkan segmen pasar yang akan dimiliki banyak persaingan dan kompetitor yang belum ketat.

  1. Lebih Mudah Membedakan Pasar

Mengingat luasnya karakteristik pada pasar pastinya segmentasi sangat diperlukan. Untuk mengikuti selera konsumen yang terus berubah dalam kondisi pasar heterogen, suatu perusahaan akan mengalami kesulitan. Sehingga, perusahaan banyak yang menetapkan kelompok dari sifat konsumen, yakni homogen. Karena, sifat tersebut lebih mudah untuk dipahami. Dengan begini perusahaan Anda bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan produk konsumen dengan baik.

  1. Faktor Penentu Desain

Biasanya segmen pasar yang berbeda akan memerlukan pendekatan yang berbeda termasuk desain, baik konten promosi ataupun produk. Anda bisa mendesain konten promosi dengan keinginan segmen tersebut.

  1. Pelayanan yang Baik

Kepuasan konsumen merupakan hasil yang akan dirasakan oleh pelanggan berkaitan dengan kinerja perusahaan yang baik. Kinerja baik bukan berarti perusahaan konsisten menghasilkan keuntungan, tetapi hal sederhana yang sangat berkesan untuk konsumen yakni pelayanan yang baik. Karena kebutuhan konsumen sudah dikelompokkan hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukannya..

  1. Strategi Komunikasi

Komunikasi bisa berjalan lebih efektif jika Anda memahami siapa lawan Anda, kebiasaan, kesukaan, latar belakang dan yang lainnya. Berkomunikasi dengan anak zaman sekarang berbeda dengan berkomunikasi dengan orang tua. Dengan hal ini Anda bisa menentukan brand image yang sesuai dengan segmen pasar.

  1. Strategi Pemasaran yang Terarah

Dengan melayani segmen pasar yang memiliki sifat homogen Anda akan lebih mudah untuk merencanakan strategi pemasaran dan marketing seperti produk, proses, promosi, orang, harga, tempat dan bentuk fisik yang lebih tajam, terarah dan tepat pada sasaran.

  1. Melihat Kompetitor yang Sama

Untuk mengetahui segmen pasar perusahaan Anda akan menyadari jika kompetitor memiliki produk sejenis. Hal ini ini bisa menjadi kabar buruk sekaligus baik. Untuk kabar baiknya, yakni Anda dapat belajar mengenai kualitas produk milik kompetitor, serta cara mnjalankan pemasarannya. Kabar buruknya, jika perusahaan kompetitor sudah besar Anda akan mengalami kesulitan untuk mengalahkan dominasi tersebut, dengan kata lain Anda harus memikirkan dua kali.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Jenis Segmentasi Pasar

Setelah Anda mengetahui tujuan segmentasi pasar sekarang simak jenis pasar.

  1. Segmentasi  Budaya

Setiap daerah mempunyai budaya dan agamanya masing-masing. Mengetahui budaya serta menggunakannya salah satu pendekatan pemasaran yang menarik.

  1. Segmentasi Geografis

Membagi konsumen berdasarkan geografi yang berbeda contohnya negara, provinsi, kabupaten, desa dan yang lainya.

  1. Segmentasi Perilaku

Segmentasi ini membagi konsumen menurut loyalitas, pengetahuan, penggunaan dan respon konsumen terhadap produk Anda. Anda bisa membagi konsumen menurut manfaat yang diperoleh dari produk Anda.

  1. Segmentasi Demografis

Membagi konsumen berdasarkan ciri generik konsumen contohnya, pendapatan, usia, pendidikan, gender, pekerjaan dan yang lainnya. Sebenarnya segmentasi demografis relatif Mudah dikerjakan karena jumlah konsumen yang poly. 

  1. Segmentasi Waktu Khusus

Segmentasi ini dalam melakukan pemasaran pada saat-saat tertentu. Contohnya jika Anda mempunyai bisnis fotografi maka Anda membuka stand pada universitas yang sedang menyelenggarakan wisuda.

  1. Segmentasi Psikologis

Segmentasi dibagi menurut hal yang disukai, aktivitas yang sering dilakukan dan pendapatan konsumen. Istilah lain segmentasi dalam dimensi psikologi contohnya ketertarikan dan hobi. Anda akan lebih mudah menjual sebuah novel jika Anda bergerombol dengan penulis dan penerbit.

Syarat Segmentasi Pasar

Setelah Anda memahami jenis dan tujuan segmentasi pasar selanjutnya kita akan membahas syaratnya.

  1. Bisa Diukur

Pengelompokan pasar harus bisa diukur daya beli konsumen, luasnya dan besarnya dalam segmen tersebut.

  1. Bisa Dilaksanakan

Pengelompokan pasar harus bisa dijangkau sumber daya perusahaan. Karena sebuah sungai melintasi pasar ada dasar dalam pelaksanaannya.

  1. Bisa Dijangkau

Segmentasi pasar wajib bisa dilaksanakan, karena strategi pemasaran yang sudah dibuat harus mampu memberi pelayanan dengan sebaik mungkin.

  1. Bisa Dibedakan

Segmentasi yang sudah dikelompokkan harus bisa dibedakan dengan jelas.

  1. Cukup Besar

Cukup besar sehingga bisa memberi keuntungan kan bagi perusahaan jika memberi pelayanan.

Manfaat Segmentasi Pasar

Mari kita pahami manfaat segmentasi pasar, karena kurang lengkap jika Anda hanya memahami tentang jenis, syarat dan tujuan segmentasi pasar saja.

  1. Memudahkan Perusahaan

Manfaat segmentasi pasar yang ini bisa mempermudah perusahaan dalam mengatur keuangan secara efektif dan efisien. Sebuah perusahaan sangat mudah menyusun dan menggunakan keuangan perusahaan supaya lebih teratur.

  1. Ide Pemasaran

Dengan adanya segmentasi pasar sebuah perusahaan bisa mempunyai ide yang lebih menerapkan ke ide pemasaran supaya bisnis lebih terarah.

  1. Membantu Mendapatkan Pasar Segmentasi

Supaya perusahaan memperoleh peluang yang baru dengan mengetahui dan membandingkan peluang, dengan menggunakan pasar segmentasi.

  1. Meningkatkan Daya Tarik

Sebuah perusahaan bisa meningkatkan daya tarik konsumen ketika memasarkan produk karena adanya segmentasi pasar.

  1. Membantu Dalam Mengatur Produk

Manfaat yang terakhir yaitu perusahaan akan merasa terbantu untuk mengatur produk supaya menjadi lebih baik lagi kualitasnya.

Segmentasi pasar sangat diinginkan oleh seorang manajemen Pemasaran. Berfungsi untuk mengetahui kebutuhan kesukaan dan cita-cita para konsumen. Para konsumen menjadi sasaran pasar untuk mencapai perusahaan melalui taktik bauran pemasaran.

Setelah Anda membaca artikel tentang pengertian manfaat syarat jenis dan tujuan segmentasi pasar pasti anda lebih paham jika kegiatan ini memberi manfaat yang besar. Anda bisa menggunakan jasa terpercaya untuk masalah segmentasi pasar. Kunjungi web digital marketing agency jakarta Marketz yang menyediakan berbagai informasi dan bisa Anda gunakan sebagai acuan. Semoga membantu!

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)