Email Marketing Sebagai Bagian Dari Promosi Bisnis, Ini Cara Membuatnya!

Marketz.idTeknik pemasaran secara digital atau yang lebih dikenal sebagai digital marketing, memang tidak bisa dipungkiri lebih banyak diterapkan oleh para pelaku usaha di zaman sekarang, karena bisa digunakan untuk menjangkau target market atau konsumen secara lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu secara biaya yang harus dikeluarkan juga jauh lebih ekonomis. Tekniknya sendiri banyak mulai dari SEO, social media marketing sampai dengan email marketing yang sudah hadir cukup lama.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Pengertian Email Marketing

Sebagian diantara Anda tentunya sudah sering mendengar istilah email marketing ini bukan, karena memang cukup populer di tengah-tengah masyarakat, karena sering kali ada email yang masuk berisi penawaran-penawaran istimewa dari sebuah brand atau perusahaan tertentu. Bisa dikatakan bahwa email marketing ini merupakan salah satu media komunikasi antara brand dengan konsumennya dan menjadi salah satu strategi pemasaran sebuah produk untuk menjangkau konsumen atau audiencenya.

Strategi pemasaran dengan mengandalkan email ini dapat membuat konsumen nantinya menerima promosi produk, diskon maupun program-program istimewa yang lainnya lewat sebuah email yang dikirimkan oleh perusahaan. Bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi audience tentang nilai brand serta menjaga hubungan dengan brand tersebut, sehingga akan membantu dalam mendorong pembelian yang lebih spesifik.

Keuntungan Menggunakan Email Marketing untuk Bisnis

Dibandingkan dengan teknik-teknik pemasaran digital lain layaknya SEO maupun iklan di social media, kenyataannya dengan menggunakan email marketing ini ada begitu banyak keuntungan yang bisa dirasakan dalam bisnis Anda. Diantaranya adalah:

  1. Bisa membuat konten yang dipersonalisasi, dengan email untuk pemasaran ini nantinya Anda bebas untuk membuat sebuah konten yang dipersonalisasi, contoh yang paling sederhana adalah dengan memasukkan nama penerima, cara yang satu ini tentunya efektif digunakan untuk membangun kedekatan dengan calon konsumen. Dimana dengan penyebutan namanya secara langsung akan membuat konsumen merasa lebih dekat dengan brand tersebut, sehingga pesan yang dikirimkan terasa jauh lebih personal.
  2. Membantu dalam meningkatkan penjualan, bahkan berdasarkan sebuah survey, mengatakan bahwa 60 persen konsumen melakukan pembelian akibat dikirimi dengan email marketing yang diterima. Semakin relevan konten yang dibuat tersebut, nantinya akan membantu untuk meningkatkan atau mengoptimalkan penjualan Anda, kemungkinan pembaca mengambil tindakan dari email yang Anda kirimkan juga jadi jauh lebih tinggi.
  3.  Membangun hubungan dengan pelanggan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan adanya email yang disampaikan secara personal, bahkan juga dengan menyebutkan nama secara langsung, cara yang satu ini berguna untuk membangun kedekatan dengan pelanggan. Mereka tidak akan ragu untuk membaca serta melihat bisnis apa yang sebenarnya Anda tawarkan atau miliki tersebut.
  4. Meningkatkan brand recognition, bahkan Anda juga dapat mengenalkan atau menampilkan sebuah brand melalui email kotak masuk dari setiap audience, tentunya lewat desain, logo dan konten yang menarik sehingga nantinya lebih mudah untuk dikenali. Secara konsisten nantinya langkah yang satu ini juga efektif dalam membangun sebuah brand awareness dalam bisnis tersebut.
  5. Meningkatkan traffic ke website, biasanya email marketing tidak berdiri sendiri, dimana pasti ada kata-kata klik disini untuk informasi lebih lanjut atau link pembelian, cara tersebut nyatanya cukup efektif untuk menggiring calon konsumen untuk mau melakukan kunjungan atau akses melalui sebuah website yang sedang dikelola tersebut, karena diarahkan menuju website bisnis.
  6. Membantu optimalkan waktu serta budget, bahkan faktanya secara biaya yang harus dilakukan untuk teknik pemasaran digital dengan mengandalkan sebuah email ini jauh lebih hemat, dibandingkan dengan pemasaran digital yang lainnya, bahkan dari segi pembuatannya juga mudah serta cepat disebarkan ke beberapa alamat email sekaligus.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis

Tidak membutuhkan tenaga khusus, karena bahkan Anda bisa melakukan pembuatan email marketing ini sendiri untuk bisnis yang sedang dijalankan, berikut ini diantara tipsnya yang dapat Anda ikuti, yaitu:

  1. Melakukan personalisasi, agar hasilnya lebih optimal dimana konsumen merasa lebih diperhatikan, maka penting bagi Anda untuk melakukan personalisasi, sebenarnya langkah yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan cara menuliskan nama dari pelanggan atau konsumen yang dituju tersebut, sehingga terasa lebih personal khusus untuk satu orang saja.
  2. Menggunakan judul yang engaging, Anda juga dapat membuat email dengan judul atau subjek yang lebih engaging, cara ini dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan email tersebut akan dibuka oleh penerima, dibandingkan dengan judul-judul yang sudah terlalu umum atau biasa. Pastikan judul yang dibuat tidak bersifat spam, ini juga penting sehingga nantinya email yang dikirimkan tidak begitu saja langsung masuk ke bagian sampah atau spam.
  3. Membuat pesan yang singkat yang jelas, pastikan hanya memasukkan inti-intinya saja, jangan terlalu banyak tulisan karena kemungkinan justru tidak akan dibaca. Apalagi sebagian besar masyarakat mengakses internet dengan berbasis pada mobile phone, sehingga kemungkinan besar nantinya malas untuk membaca tulisan yang terlalu banyak dan justru intinya tidak akan tersampaikan. Jadi pastikan bahwa pesan Anda tersebut to the point pada apa yang diinginkan.
  4. Masukkan CTA dalam email, CTA adalah call to action atau ajakan untuk melakukan tindakan lewat sebuah konten tulisan, cara yang satu ini akan sangat membantu audience untuk melakukan tindakan selanjutnya, termasuk diantaranya adalah untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan tersebut.
  5. Menggunakan list email yang legal dan menawarkan promo menarik, penting bagi Anda untuk memberikan list email yang legal, meskipun sebenarnya kebocoran data adalah hal yang lumrah dan umum terjadi, namun ini penting sehingga nantinya email Anda tidak terkenal blokir. Akan lebih efektif juga jika seandainya dalam email marketing ini ditawarkan promo, karena inilah yang paling dicari oleh calon konsumen ketika ingin membeli sesuatu.

Itulah berbagai langkah yang dapat diterapkan ketika ingin membuat email marketing. Sebenarnya kegiatan pemasaran berbasis digital tidak selalu harus dilakukan sendiri, melainkan juga dapat dipercayakan kepada sebuah digital agency yang ada di Indonesia, seperti Marketz ini.

Marketz merupakan digital agency yang telah hadir cukup lama di Indonesia dengan pengalamannya sendiri juga tidak main-main, memiliki banyak layanan atau produk khusus untuk kegiatan digital marketing, termasuk diantaranya adalah email marketing, SEO, digital advertising, social media marketing serta yang lainnya. Langsung ditangani oleh tenaga yang sudah berpengalaman dan tim profesional. 

Tidak perlu khawatir juga mengingat untuk layanan yang ada disini semuanya sudah bergaransi, ditambah dengan harga yang diberikan juga bersahabat, sehingga dapat disesuaikan dengan keuangan masing-masing. bahkan ada promo istimewa yang diberikan oleh Marketz untuk Anda pelanggan baru. Jangan ragu karena sedikit budget yang Anda keluarkan, nyatanya manfaat yang diberikan untuk bisnis terasa begitu besar, sehingga efektif membantu dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Jasa Digital Marketing Marketz.id