Pemasaran Digital

Pemasaran Digital: Pengertian, Manfaat Hingga Tips Memilih Jasa Terbaik

Marketz.idPemasaran digital mulai populer semenjak masyarakat juga mulai melek internet serta aktif dalam menggunakannya. Dewasa ini banyak diantara pelaku usaha yang mulai berbondong-bondong beralih dari teknik pemasaran yang dilakukan secara tradisional atau langsung menuju pemasaran digital atau online. Sebenarnya hal ini bukan sekedar efek dari trend, melainkan karena banyak yang sudah merasakan manfaat digital marketing tersebut dalam sebuah bisnis yang dijalankan. 

Pengertian Pemasaran Digital

Sebelum itu memang penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu pemasaran digital? Apalagi semakin marak yang menggunakannya dan juga cukup aktif. Digital ini merupakan sebuah kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan pengguna teknologi digital untuk bisa mencapai sebuah tujuan pemasaran tertentu, pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya meningkatkan brand awareness, kemudian juga membantu dalam meningkatkan penjualan bisnis.

Kini berbagai perusahaan mulai beralih dari sistem pemasaran tradisional dan aktif dengan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital atau online ini. Apalagi pasca kondisi pandemi Covid 19 yang menyerang di dunia, semakin banyak orang yang mulai beralih dari kegiatan belanja yang sebelumnya dilakukan secara langsung, berpindah dengan melakukan belanja secara online. Mungkin Anda sendiri termasuk sebagai salah satunya.

Manfaat Pemasaran Digital

Banyaknya pelaku usaha yang mulai berbondong-bondong menerapkan teknik pemasaran secara digital ini sebenarnya karena manfaat yang ditawarkan ada banyak, diantaranya adalah:

  1. Lebih mudah untuk menargetkan calon konsumen, lewat berbagai macam tools yang disediakan, nantinya akan lebih mudah untuk pelaku bisnis dalam memperoleh data-data dari pengguna internet, termasuk diantaranya adalah siapa yang akan ditargetkan. Lewat data yang didapatkan maka bisa menyusun strategi yang tepat untuk bisa mengena pada calon konsumen.
  2. Kemudahan dalam melakukan evaluasi, dalam digital marketing ini hasilnya lebih terukur, sehingga akan mudah bagi para pelaku bisnis ketika nantinya ingin melakukan evaluasi maupun juga analisis. Nantinya Anda juga dapat meningkatkan efektivitas dari campaign tersebut, sehingga angka penjualan bisa lebih meningkat.
  3. Menjangkau konsumen secara lebih luas, pastinya sudah tahu bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan secara langsung target market atau konsumennya sangatlah terbatas, yaitu hanya pada beberapa orang atau kalangan di sekitaran Anda saja, namun tidak berlaku untuk pemasaran yang dilakukan secara online atau digital, apalagi internet dapat dijangkau oleh berbagai kalangan dari berbagai belahan bumi, sehingga otomatis target marketnya jauh lebih luas.
  4. Dapat meningkatkan reputasi brand, dengan pemasaran digital juga bagus untuk meningkatkan brand awareness, dimana nantinya ada lebih banyak orang yang tahu mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan, termasuk juga mungkin tidak akan ragu jika ingin menggunakannya. Tentunya nanti brand akan jadi semakin terbentuk dengan banyaknya orang yang lebih tahu tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan tersebut.
  5. Efisiensi biaya, secara biaya yang harus dikeluarkan, dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, maka teknik pemasaran digital ini jauh lebih hemat, bisa jauh lebih efisien, apalagi sesuai dengan uang yang Anda keluarkan tersebut, maka nantinya hasil yang diterima akan jadi jauh lebih terukur. Sehingga cocok digunakan oleh para pelaku usaha baru yang secara keuangan juga masih terbatas, bisa memilih kegiatan pemasaran digital saja.

Tips Memilih Agency Pemasaran Digital yang Bagus

Masih jarang diantaranya pelaku usaha yang memiliki bagian atau divisi tersendiri khusus untuk pemasaran secara digital, banyak diantaranya yang mempercayakan kegiatan pemasaran tersebut secara khusus pada jasa atau layanan digital agency. Jenis layanan yang satu ini terbilang cukup menjamur di Indonesia. Namun jika berbicara mengenai kualitas tentu tidak semuanya bagus, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih agency pemasaran digital yang bagus, yaitu:

  1. Lakukan riset, diantara sekian banyaknya digital agency yang ada di Indonesia, tentu untuk mendapatkan yang terbaik maka penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu, paling tidak adalah dengan membanding-bandingkan antara satu agency dengan yang lainnya. Lihat juga mengenai track record perusahaan yang dimaksud.
  2. Evaluasi budget yang Anda miliki, penting juga untuk dievaluasi mengenai seberapa besar budget yang Anda miliki untuk kegiatan digital marketing tersebut, karena tidak dapat dipungkiri jika seandainya berbeda perusahaan, maka secara otomatis nantinya akan berbeda pula besaran biaya yang harus dikeluarkan. Ada yang memang menawarkan tarif terjangkau, namun juga ada yang mahal.
  3. Pilihan layanan digital marketing yang ditawarkan, jika berbicara mengenai kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital, memang teknik yang digunakan tidak sebatas satu, melainkan ada cukup banyak teknik yang biasa digunakan untuk mendongkrak pemasaran secara digital ini. Namun faktanya tidak semua digital agency menerapkan teknik tersebut, apalagi yang masih pemula biasanya hanya menguasai beberapa teknik saja. Sehingga harus melihat terlebih dahulu apakah layanan yang ditawarkan tersebut sudah cukup lengkap ataukah belum.
  4. Cek portofolio agency yang dimaksud, untuk mengetahui mengenai gambaran besar terkait dengan perusahaan atau agency yang Anda inginkan, maka penting untuk membaca mengenai portofolionya terlebih dahulu, dari sana Anda juga dapat melihat mengenai brand atau perusahaan mana saja yang sudah pernah bekerjasama atau menggunakan layanannya, serta melihat langsung kualitas dari pengerjaan yang dilakukan oleh digital agency tersebut.
  5. Transparansi serta komunikasi, jangan mengabaikan hal ini jika Anda tidak ingin menyesal, apalagi pada dasarnya tidak semua digital agency menerapkan teknik yang aman untuk dijalankan pada perusahaan Anda, pastikan yang benar-benar aman dengan menjaga privacy yang dimiliki, serta bisa memberikan laporan mengenai perkembangan dari pengerjaan tersebut secara transparan dan rutin, jadi Anda juga dapat mengecek bagaimana progress pengerjaan proyek yang dimaksud tersebut.
  6. Pastikan yang memberikan jaminan garansi, paling tidak di awal sudah ada perjanjian atau kesepakatan mengenai target yang diharapkan oleh klien, klien sendiri tentunya harus memberikan target yang masuk akal, sehingga digital agency juga mampu mencapainya, apalagi sesuai dengan budget yang sudah ditentukan tersebut. Contohnya saja dalam SEO target harus bisa mencapai halaman pertama mesin pencari dalam kurun waktu berapa minggu atau juga target ranking website. Sehingga nantinya Anda sebagai klien juga tidak akan dirugikan, jika ternyata agency digital tersebut tidak memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Pilah-pilih agency pemasaran digital terbaik hanya dari Marketz, karena sudah memenuhi semua kriteria di atas. Marketz ini sendiri pada dasarnya bukan lagi pemain baru dalam dunia digital marketing, sudah hadir sejak lama bahkan juga dengan layanan yang semakin kesini menjadi jauh lebih lengkap dibandingkan dengan sebelumnya. SEO, content marketing, digital advertising dan masih banyak lagi yang lainnya hadir untuk mengoptimalkan pemasaran brand yang dimiliki oleh klien. Jangan ragu untuk bekerjasama dengan Marketz.