You are currently viewing Cara Menentukan Sasaran Promosi untuk Bisnis Anda

Cara Menentukan Sasaran Promosi untuk Bisnis Anda

Menentukan sasaran promosi sering menjadi salah satu kendala yang terjadi pada bisnis. Sebenarnya menjalankan sebuah bisnis tidaklah susah. Namun juga tidak bisa Anda anggap remeh. Hal ini terbukti dari banyaknya bisnis yang maju dan berkembang hingga saat ini. Untuk bisa menjalankan sebuah bisnis tentu harus memperhatikan banyak hal guna memperlancar usaha. Sayangnya sasaran sebuah promosi produk maupun jasa akan terasa sangat sulit.

Karena itulah Anda harus memberikan perhatian yang cukup ketika menentukannya. Objek promosi sebuah bisnis itu merupakan sasaran yang dituju berdasarkan segmentasi mereka. Segmentasi yang digunakan untuk dapat mengolah data yang sudah diperoleh sehingga bisa menentukan segmen apa yang cocok. Sasaran promosi juga digunakan sebagai target pasar. Di mana promosi produk tersebut dijalankan.


Cara Menentukan Sasaran Promosi dalam Dunia Bisnis

Kebutuhan hingga keinginan menjadi dua faktor yang mampu mendorong munculnya permintaan pada suatu produk tertentu. Jumlah keinginan dan kebutuhan akan suatu produk jika mendapatkan dukungan daya beli tentu akan menjadi sasaran besar. Jadi dengan adanya daya keinginan besar masyarakat membuat pemasaran suatu produk bisa meraih sasarannya.

Bisa diketahui jika masyarakat merupakan kumpulan manusia yang memiliki banyak kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Hal itu bisa juga disebut sebagai sumber potensial yang mampu mendorong terjadinya permintaan pasar. Alasan inilah mendorong permintaan pasar meningkat dan menjadi objek promosi sebuah bisnis. Dapat diambil kesimpulan jika sasaran dari promosi antara lain:

  • Masyarakat yang memiliki daya beli
  • Agen dan distributor penjual produk
  • Pengguna produk
  • Konsumen agar mau membeli produk
  • Para pembeli atau pelanggan sebuah perusahaan
  • Pemerintah yang mengeluarkan produk dari sebuah perusahaan


Keuntungan Promosi Jika Tepat Sasaran

Jika promosi produk yang Anda lakukan berhasil dan tepat sasaran, maka akan mampu memberikan banyak keuntungan. Namun pastikan juga bahwa promosi tersebut promosi efektif, baik dan bisa menjadi kemudahan bisnis Anda lebih berkembang. Adapun beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari keberhasilan sasaran promosi yaitu:

  • Membentuk sebuah produk motives serta patronage motives
  • Produk akan semakin terkenal
  • Laba perusahaan meningkat
  • Produk dari perusahaan meningkat
  • Meningkatkan omzet penjualan
  • Para calon pembeli produk akan meningkat

Agar bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam bisnis maka promosi bisa dilakukan dengan tepat. Bahkan Anda harus bisa mendapatkan sasaran yang efektif, tepat dan terbaik. Sehingga mampu menjamin adanya keuntungan besar pada bisnis itu sendiri.


Langkah Tepat dalam Menentukan Sasaran Promosi

Untuk bisa meraih keuntungan tentu ada banyak cara yang harus diperhatikan. Salah satunya mampu menentukan sasaran dalam promosi Anda. Seperti yang sudah diketahui jika sasaran dalam promosi bisnis itu harus tepat.

Sasarannya mencakup semua masyarakat yang mampu memiliki nilai keinginan tinggi dalam memenuhi kebutuhannya. Agar usaha yang Anda jalankan berjalan lancar tentukan sasaran yang tepat. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda jadikan pilihan ketika mencari sasaran untuk promosi. Sehingga produk akan dipromosikan pada orang-orang yang tepat. Langkah yang bisa ditempuh yaitu:


1. Segmentasi Geografi

Sebenarnya langkah untuk menentukan target pasar untuk media promosi  bisa dilakukan dengan beberapa cara. Segmentasi geografi menjadi sebuah pebgklarifikasian sasaran dari promosi. Hanya saja langkah ini menentukan target berdasarkan wilayah dan lokasi tertentu. Hal yang mencakup semua itu mulai dari kota, provinsi, wilayah, kode area, kode pos, dan masih banyak variabel lainnya.

Segmentasi yang satu ini berfungsi agar dapat mengetahui kebutuhan pangsa pasar. Di mana promosi tersebut masing-masing mencakup target yang ada pada wilayah dengan kebutuhan tertentu.Kebutuhan tersebut bisa disesuaikan dengan karakteristik produk yang ditawarkan. Contoh sasaran dari promosi dengan segmentasi geografi yaitu penjualan pupuk yang akan laku pada wilayah pertanian maupun perkebunan. Dengan adanya peluang ini membuat promosi Anda bisa tepat sasaran.


2. Demografi

Pada sasaran promosi selanjutnya dalam bisnis ada yang namanya segmentasi demografi. Segmen yang satu ini termasuk paling penting dan mendasar. Segmentasi demografi mencakup pada jenis kelamin, tingkat pendapatan, pendidikan, dan masih banyak yang lainnya. Dari segmen yang satu ini Anda akan mengetahui produk yang cocok untuk waktu promosi. Anda juga bisa mempromosikan dengan cara yang tepat.

Misalnya promosi yang mempengaruhi segmentasi demografi yaitu ketika Anda mempromosikan produk kosmetik yang mampu mengatasi penuaan dini. Maka target promosi yang Anda sasar yaitu wanita berumur lebih dari 30 tahun. Sehingga jika produk tersebut Anda tawarkan pada wanita remaja bukanlah cara yang tepat.


3. Psikologi

Selain kedua bidang tersebut perusahaan juga akan melakukan segmentasi pada bidang psikologi. Pada segmentasi psikologi mencakup beberapa hal mulai dari selera pasar, perilaku pasar, niat pasar, hingga minat pasar berdasarkan tingkat ekonomi di mana mereka berada. Sebagian besar orang memang lebih cenderung memilih barang sesuai dengan kemampuan ekonominya.

Karena itulah jika tingkat ekonomi berpengaruh pada psikologi seseorang. Apalagi tingkat perekonomian setiap orang tidak sama. Adanya hal ini harus diperhatikan oleh perusahaan agar promosi yang dilakukan tetap tepat sasaran. Pada segmentasi ini juga bisa mencakup masyarakat dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan variabel lainnya.


4. Waktu Promosi yang Tepat

Selain ketiga segmentasi sebelumnya ada langkah menentukan sasaran promosi yaitu dari waktunya. Sebaiknya Anda memperhatikan ketepatan waktu. Misalnya saja mengambil kesempatan pada masa pandemi jika perusahaan memberikan promo gratis alat kesehatan. Dengan catatan membeli produk minimal dengan jumlah yang sudah Anda tentukan. Cara ini akan cukup efektif dibanding Anda memberikan produk gratis yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.


5. Insentif Promosi

Setelah segmentasi pasar dan waktunya sudah ditentukan barulah Anda menentukan besar insentif promosi. Selain memberikan insentif secara jelas tidak ada salahnya jika syarat promosi juga ditentukan. Misal ada diskon 10% bagi pelanggan yang sudah memiliki kartu member. Namun untuk mendapatkan diskon tersebut pembeli harus membeli barang minimal 2 buah.


6. Media yang Tepat

Selanjutnya dalam menentukan sasaran promosi yaitu juga menentukan media promosi yang tepat. Media juga menjadi variabel yang harus Anda persiapkan secara tepat. Variabel ini harus diteliti dalam menentukan langkah agar tertuju pada target secara pas. Perusahaan bisa memilih media apa saja yang bisa digunakan untuk promosi.

Misal media yang digunakan melalui spanduk, internet atau media sosial, televisi maupun media lainnya. Untuk prosesnya sendiri harus tepat dan terperinci. Bisa-bisa jika salah justru akan membuat Anda dan perusahaan merasa rugi. Dengan adanya sasaran untuk promosi kegiatan akan terarah.

Dalam dunia bisnis memang harus menggunakan berbagai langkah tepat. Marketz.id menjadi solusi tepat untuk mempermudah bisnis Anda berjalan. Bahkan tidak hanya dalam memberikan ide-ide pintar. Namun, juga mampu memberikan kemudahan bisnis Anda dalam menentukan sasaran promosi produk perusahaan tertentu. Hal ini perlu dilakukan guna memperlancar usaha dan menunjang keberhasilan penawaran produk itu sendiri.