You are currently viewing Perbedaan Blog dan Website yang Sering Membingungkan, Baca Ini!

Perbedaan Blog dan Website yang Sering Membingungkan, Baca Ini!

Marketz.id – Perbedaan blog dan website terkadang menjadi bahan perbincangan oleh sebagian orang, terutama bagi yang tertarik dengan dunia online. Memang cukup membingungkan karena keduanya adalah sebuah platform yang berguna untuk melakukan bisnis.

Sementara untuk menentukan antara blog atau website biasanya juga akan tergantung dari tujuan para penggunanya sendiri. Maka dari itu, jika Anda akan memilih salah satunya terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dan perbedaannya.

Cek Perbedaan Blog dan Website 

Sebelum lebih lanjut ke pembahasan mengenai perbedaan keduanya, ada baiknya lagi jika Anda mengetahui pengertian masing-masing. Blog merupakan kependekan dari web log yang isinya mengenai pengalaman atau cerita dari yang memiliki blog tersebut.

Sementara website merupakan laman online yang selalu terhubung dalam satu dominan dan sering dikelola oleh perusahaan, organisasi maupun individu. Kian sederhana lagi bahwa website ialah istilah umum yang sering digunakan dalam menyebutkan situs-situs web di dalam internet.

Tapi blog merupakan tipe website yang sangat populer karena pengelolaannya lebih sederhana dan cukup mudah untuk digunakan. Terkadang juga akan yang menyebutkan bahwa blog merupakan website pribadi seseorang.

Sebagai perumpamaan dan contoh adalah bahwa semua apel adalah buah, tapi tidak semua buah adalah apel. Sehingga semua blog termasuk sebuah website, dan tidak semua website adalah blog. Lebih singkatnya lagi bahwa blog adalah sejenis dengan website.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Memiliki Fitur Tombol Subscribe yang Berbeda

Perbedaan blog dan website adalah pada bagian tombol subscribe-nya, memang keduanya sama-sama memiliki fitur tersebut. Sehingga para pengguna maupun pembaca dapat mengaktifkan fitur itu guna mengetahui segala informasi terbaru.

Nah, pada fitur subscribe pada blog biasanya akan dibuat untuk memberitahukan semua update dan informasi konten terbaru pada sebuah blog. Biasanya update yang akan diinformasikan itu berupa konten baru yang pengguna posting.

Begitu juga dengan website yang tentunya akan memiliki fitur subscribe tersebut berbeda pula. Karena tombol tersebut pada website berguna untuk memberi informasi terbaru mengenai layanan, produk, maupun penawaran yang menarik.

Konten

Perbedaan blog dan website yang kedua adalah pada bagian konten. Biasanya konten pada blog itu meliputi seperti semua kegiatan atau aktivitas dari pemilik blog seperti kuliner, perjalanan, music, dan lain-lain. Jadi konten blog lebih ke bagian pengalaman, opini, dan kegiatan pribadi.

Berbeda lagi dengan website yang pada umumnya akan berisi seputar berbagai macam informasi penting mengenai layanan atau produk. Sebagai contoh saat Anda akan membuat website perusahaan yang berisi segala informasi terkait alamat, sejarah perusahaan, dan produk.

Sehingga Anda bisa menggunakan website tersebut untuk lembaga pendidikan, organisasi maupun lembaga pemerintahan. Sehingga dari bagian konten inilah yang membuat keduanya lebih berbeda.

Halaman Depan

Perbedaan blog dan website selanjutnya adalah pada bagian halaman depan atau homepage. Biasanya pada blog akan menyajikan secara langsung sekumpulan postingan yang tertata sedemikian rupa pada homepage.

Sementara pada website biasanya akan menyajikan sejumlah rangkuman dari sebuah situs dari web tersebut. Hal seperti ini juga akan menunjukkan kepada pembaca atau pengunjung dari website tersebut. Misalnya seperti jenis jasa atau produk yang ditawarkan oleh pemilik website.

Arah Komunikasi

Biasanya blog akan memiliki jalur atau arah komunikasi yang bersahabat dan interaktif kepada para pembaca atau pengguna. Sehingga ada sebuah kolom komentar pada bagian bawahnya guna mendukung kedekatan pembaca dan penulis.

Sementara website akan lebih bersifat satu arah saja dan tidak ada tempat kolom komentar pada bagian bawahnya. Biasanya website lebih cocok digunakan seperti untuk keperluan formal.

Gaya Bahasa

Perbedaan blog dan website berikutnya adalah keduanya tentu akan menggunakan gaya bahasa yang jauh berbeda. Karena keduanya memang memiliki fungsi yang berbeda pula, sehingga penggunaan gaya bahasa itu akan disesuaikan juga dengan fungsi.

Biasanya blog sendiri akan menggunakan gaya bahasa yang lebih luas, artinya bisa memilih bahasa formal, casual bahkan informal. Bahkan penggunaan kata ganti orang kedua atau sapaan pada blog juga sangat beragam dan bervariasi, seperti Kamu, Anda, Lu dan lain-lain.

Sedangkan untuk gaya bahasa pada website akan cenderung lebih profesional. Sebab biasanya bahasa pada website sering digunakan untuk kebutuhan organisasi, perusahaan dan pemerintah karena lebih formal dan sopan.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Update

Biasanya dari segi update sebuah konten perbedaan blog dan website pun akan sangat terlihat jelas. Biasanya blog akan sering memperbarui kontennya secara berkala, bisa setiap hari bahkan seminggu sekali.

Hal ini karena blog akan memiliki jadwal untuk update kontennya yang bersifat lebih dinamis karena sering diperbarui setiap saat. Berbeda lagi dengan website yang biasanya isi konten akan berisi seperti informasi dan pembahasan suatu produk atau jasa.

Sehingga update tersebut akan dilakukan saat ada perubahan pada informasi produk maupun layanan lain yang sudah disediakan. Oleh karena itu, konten pada website lebih statis karena tidak selamanya harus melakukan update.

Perbedaan pada Coding

Pasalnya coding akan menjadi salah satu perbedaan blog dan website yang cukup mendasar dan sangat wajib Anda ketahui. Untuk blog biasanya akan memiliki proses coding yang lebih mudah karena telah dirancang secara khusus untuk mudah dikelola.

Pasalnya semua jenis fitur maupun konfigurasi yang ada sangat mudah untuk pengguna aplikasikan sehingga blog sering dijadikan sebagai website pribadi. Sedangkan coding website jauh lebih rumit supaya hanya digunakan untuk kepentingan lebih luas lagi.

Sehingga biasanya website selalu dikelola oleh para tim yang sudah ahli dalam mengelola dan menjalankan kegiatan dalam website. Bahkan orang yang sudah bisa membuat website, maka juga akan paham programming seperti SS3 dan PHP.

Proses Pengelolaan Berbeda

Perbedaan blog dan website selanjutnya adalah proses pengelolaannya yang cukup signifikan. Biasanya pengelola blog sering dikenal sebagai sebutan Blogger dan akan dikelola sendiri oleh pemilik blog tersebut.

Blogger juga akan mengelola secara mandiri, namun biasanya juga bisa menunjuk penulis agar bisa menjadi admin dalam blog yang dikelola itu. Sedangkan pengelolaan website akan ditangani oleh perusahaan atau tim. Jadi tim-tim tersebut diri diri dari beberapa seperti penulis artikel, developer, copywriter dan designer.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bahwa blog merupakan bagian dari website, sedangkan semua website tidak semuanya bagian dari blog. Meskipun keduanya sangat berbeda, Anda bisa memaksimalkannya untuk menunjang pertumbuhan usaha atau bisnis Anda.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat banyak orang melakukan kegiatannya secara daring atau online. Mulai dari sekolah online, berbelanja online sampai dengan bekerja secara online.

Nah, apabila Anda sedang memulai bisnis dan belum merasa puas dengan kinerja website Anda, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sebab kami Marketz.id jasa advertising telah hadir dan siap membantu Anda untuk membuat desain web dengan penerapan SEO terbaik.

Sehingga blog maupun website anda bisa memasukki di halaman pertama di mesin pencarian Google dan memudahkan untuk menjangkau pelanggan. Jika Anda sudah tahu mengenai perbedaan blog dan website, kini saatnya Anda mengembangkannya dengan layanan kami ini.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)