Marketz.id – Cara mencari kata kunci untuk memperoleh SEO yang berkualitas penting untuk Anda perhatikan. Keyword atau kata kunci merupakan salah satu dari sekian hal penting dalam dunia bisnis online.
Baik untuk menjual produk, barang atau jasa serta dalam penulisan artikel pada web atau blog. Selain itu, analisa kata kunci atau keyword juga sering dimanfaatkan untuk berbagai konten video.
Seperti Video, Youtube, Dailymotion dan lain sebagainya. Dengan melakukan adanya riset kata kunci, maka produk ataupun konten yang kita buat akan memperoleh trafik yang lebih baik dalam jangka panjang.
Cara Mencari Kata Kunci Praktis
Seperti yang tertulis sebelumnya, keyword atau kata kunci memiliki peranan penting dalam pemasaran daring untuk menghadirkan iklan bayar per klik atau PPC serta membuat meta deskripsi. Bermanfaat puka untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari atau SEO.
Dengan menentukan kata kunci yang cukup populer dapat meningkatkan efektivitas pemasaran daring yang Anda lakukan. Kata kunci pada umumnya terletak pada judul artikel, di dalam meta deskripsi, di dalam TAG serta beberapa lokasi tertentu di dalam bagian artikel.
Judul artikel yang baik tentu saja judul dengan kualitas SEO di dalamnya, serta mengandung kata kunci bidikan kita. Selain itu, judul yang berkualitas harus mempunyai relevansi dengan isi artikel secara menyeluruh.
Sebelum menentukan judul artikel, salah satu hal penting yang tidak boleh kita lewatkan adalah mencari atau melakukan riset kata kunci untuk judul tersebut.
Tentukan Jenis Kata Kunci yang Ingin Digunakan
Kata kunci dapat dikatakan sebagai susunan kata yang dimanfaatkan oleh para pengguna internet untuk dapat menemukan suatu informasi yang mereka perlukan. Dengan kata lain, bagi Anda yang ingin mencari suatu informasi, berita internet atau produk.
Maka Anda tentunya akan mengetikkan kata atau kalimat tertentu. Inilah yang disebut dengan kata kunci. Sebelum mengetahui bagaimana cara mencari kata kunci secara lebih tepat dan efektif, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis dari kata kunci itu sendiri.
Terdapat dua jenis kata kunci yang paling utama yakni:
Long Tail Keyword
Jenis kata kunci Long Tail Keyword, biasanya para pengguna internet menggunakan lebih dari tiga kata kunci yang spesifik. Terkait dengan tingkat persaingan long tail keyword pada mesin pencari pun tidak terlalu kompetitif apabila kita bandingkan dengan short tail keyword.
Short Tail Keyword
Jenis kata kunci berikutnya adalah short tail keyword. Keyword ini merupakan jenis kata kunci yang terdiri dari satu atau dua suku kata saja. Berdasarkan segi penelusuran, memang cukup tinggi.
Akan tetapi cukup sulit untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang sedang dicari para pengguna yang menggunakan kata kunci tersebut. Apabila Anda menggunakan kata kunci short tail keyword, maka konten atau postingan Anda pun kemungkinan besar akan sedikit kesulitan untuk hadir di halaman pertama.
Hal ini dikarenakan persaingan cukup besar. Sehingga Anda akan kalah dengan konten lain yang lebih populer dan telah ada pada search engine sejak lama. Untuk mengatasi kondisi ini, maka Anda perlu melakukan keyword research yang benar serta lebih mendalam. Dengan demikian, terdapat banyak keyword yang dapat Anda gunakan di dalam konten SEO.
Strategi Penting dalam Riset Kata Kunci
Cara mencari kata kunci yang tepat dapat Anda lakukan dengan melakukan riset keyword. Terdapat banyak cara untuk dapat melakukan riset keyword. Akan tetapi Anda harus mempelajari semuanya dalam waktu yang sama.
Selain itu, dalam melakukan riset keyword, lakukan secara lebih konsisten. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam melakukan keyword research keyword antara lain:
- Buat daftar kata kunci potensial yakni dengan memanfaatkan tool riset keyword yang dapat Anda kombinasikan dengan pencarian terkait pada Google.
- Perhatikan jenis kata kunci apa yang menjadi target kompetitor dengan menggunakan tool analisis
- Tentukan kata kunci yang kemungkinan mempunyai peringkat tertinggi serta dapat Anda terapkan pada website.
- Berikutnya adalah dengan menyeimbangkan antara short tail keyword kompetitif juga long tail keyword terfokus, juga yang mempunyai persaingan rendah.
- Kategorikan setiap penelusuran, lalu bandingkan. Kemudian Anda harus mendefinisikan perbedaan dalam konten yang telah Anda buat.
- Untuk langkah selanjutnya, cobalah menentukan kalimat atau kata dari daftar keyword yang Anda miliki. Selanjutnya buat konten yang dapat menjawab keseluruhan pertanyaan yang diajukan pengguna internet terkait istilah tersebut.
Cara Mencari Kata Kunci Paling Efektif
Berikut ini beberapa tools terbaik untuk cepat mencari kata kunci antara lain:
Google Keyword Planner
Salah satu tool yang terintegrasi dengan Google Adword, Maka salah satu syarat utamanya untuk mencari keyword pada tools ini adalah dengan mempunyai akun Google.
Setelah Anda berhasil masuk pada Google Adwords, maka Anda akan melihat banyak menu serta tawaran untuk menggunakan Google Adwords. Kemudian pilih menu Tools > Keyword Planner.
Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pencarian. Berikutnya Anda dapat klik bagian “Search for new keywords using a phrase, website or category“. Langkah berikutnya, Anda dapat ketikkan kata kunci.
Selain itu, Anda juga dapat memilih kata kunci sesuai dengan lokasi yang menjadi target Anda. Selanjutnya akan muncul data kata kunci, rata-rata pencarian per bulan, Competition, perkiraan harga untuk Ads dan lain sebagianya. Maka, dengan adanya perkiraan biaya tersebut, dapat memperkirakan budget yang akan Anda keluarkan.
Kwfinder
Pilihan tools terbaik selanjutnya untuk mencari kata kunci adalah Kwfinder. Melalui tools ini Anda dapat mencari atau memperoleh kata kunci sesuai dengan lokasi serta bahasa. Namun sangat disayangkan, Indonesia tidak terdapat fitur lokasi.
Oleh karena itu, apabila ingin mencari kata kunci dapat memilih “Anywhere”. Akan tetapi karena terdapat fitur bahasa, maka hal ini dapat mempermudah dalam pencarian kata kunci. Pada halaman pencarian, Anda akan menyaksikan di bagian sebelah kiri terdapat beberapa pilihan kata kunci yang banyak dicari.
Sedangkan pada bagian sebelah kanan, Anda dapat mengetahui seberapa sulit kata-kata kunci yang Anda cari, volume dan lain sebagainya. Apabila ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap dari tools satu ini, maka Anda perlu mengeluarkan biaya per bulan untuk pilihan premium.
Tools lain yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci adalah keywordtool.io, SEMrush Keyword Research, serta WordStream Keyword Tool. Dengan menggunakan tools terbaik tersebut, maka Anda akan lebih efektif dalam mencari kata kunci untuk digunakan dalam artikel, website hingga iklan Anda.
Hal penting lain yang harus Anda perhatikan dalam pengembangan kata kunci adalah mengenai peletakkan kata kunci dalam sebuah konten, artikel atau postingan.
Setelah mengetahui bagaimana cara mencari kata kunci yang paling efektif dan tepat, selanjutnya letakkan keyword tersebut pada beberapa lokasi terbaik. Mulai di meta deskripsi, meletakkan keyword di area 100 kata pertama, serta meletakkan keyword di H1. Dengan demikian kata kunci tersebut akan memiliki kualitas SEO terbaik. Untuk membantu pemaksimalan pencarian kata kunci pada bisnis yang Anda jalankan. maka dapat mempercayakan kepada jasa seo Jakarta Marketz. Merupakan salah satu penyedia jasa digital terpercaya dan berpengalaman yang menawarkan beragam kelebihan.