Manfaat Keyword Ranking untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

Istilah keyword ranking ini mungkin masih asing bagi Anda yang baru saja terjun atau dalam dunia SEO, dimana memang prospek dari SEO sendiri menjanjikan dalam bisnis, yaitu salah satu strategi dalam pemasaran digital. Dimana memang keyword ranking ini adalah sebuah posisi situs web dalam sebuah hasil pencarian mesin pencari atau SERP, peringkat yang menunjukkan bahwa situs tersebut memiliki visibilitas yang baik serta banyak situs lalu lintas organic yang dimiliki. Dalam artian dengan peringkat yang baik, maka potensi untuk mendatangkan pengunjung juga lebih tinggi dalam sebuah website.

Mengapa Keyword Ranking Penting untuk Bisnis

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan keyword ranking yang baik dalam sebuah teknik SEO, hal ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, melainkan karena hal tersebut menawarkan banyak manfaat atau keunggulan, diantaranya adalah:

  • Dapat meningkatkan exposure bisnis secara organic, dengan adanya keyword ranking yang baik, sebenarnya hal ini bertujuan untuk mendapatkan atensi dari pengguna internet, karena informasi yang disebarkan memang sedang relevan atau relate dengan apa yang sedang dicari saat ini.
  • Membantu memahami preferensi pasar, keyword ranking ini juga digunakan untuk membantu agar bisa mengetahui kebutuhan dari pengguna internet saat ini, apakah yang sedang viral serta banyak dicari oleh masyarakat, Anda bisa tahu lebih mudah tentang preferensi pasar, jadi prospek dari SEO juga lebih baik.
  • Membangun otoritas di industri, selanjutnya keberadaan dari keyword ranking ini juga dapat dipakai untuk meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap bisnis yang Anda miliki tersebut, artinya reputasi bisnis jadi lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya, jika konsumen percaya maka kemungkinan untuk menggunakan sebuah produk atau jasa juga kian meningkat.

Manfaat Keyword Ranking dalam Bisnis

Selain beberapa alasan di atas, sebenarnya manfaat utama yang diberikan lebih banyak dari itu semua, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan traffic website, dengan adanya keyword ranking membantu dalam prospek dari SEO, dimana nantinya website Anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari, sehingga otomatis akan menarik atensi dari pengguna internet atau pengunjung, agar mau untuk membuka website tersebut. Karena menurut hasil penelitian, kebanyakan pengguna internet hanya akan membuka website atau situs yang ditampilkan pertama kali dalam mesin pencari, banyak yang enggan untuk membuka situs yang ada di laman-laman selanjutnya, karena dianggap sudah tidak sesuai dengan kata kunci yang dituliskan.
  • Meningkatkan brand awareness, keyword ranking ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran merek, dimana posisi yang baik yaitu ada di halaman pertama mesin pencari nantinya akan membantu untuk menciptakan persepsi positif mengenai brand Anda tersebut, jadi potensi untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa juga semakin tinggi, karena banyak orang yang sadar akan brand yang ditawarkan tersebut.
  • Menarik leads yang berkualitas, manfaat lain adalah membantu dalam meningkatkan adanya peluang konversi, dimana tidak sekedar tahu mengenai brand serta produk yang ditawarkan, melainkan juga ada tindakan nyata. Seperti dengan melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa yang ditawarkan tersebut.

Cara Meningkatkan Keyword Ranking untuk Bisnis

Prospek dari SEO dapat diraih dengan menerapkan keyword ranking ini, namun hal tersebut tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan keyword ranking dalam bisnis, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  • Riset keyword secara efektif, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan riset keyword atau riset kata kunci, Anda bisa melakukannya diantaranya adalah dengan bantuan dari alat atau tools, mulai diantaranya adalah dengan menganalisis pesaing, pahami terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda. Setelah itu terapkan pemakaian keyword long tail atau berekor panjang. Anda dapat menggunakan Google Suggest serta related searches bahkan dengan memanfaatkan media sosial. Jangan lupa untuk memantau analytics serta performa konten dan pakai pertanyaan yang paling sering diajukan.
  • Mengoptimalkan konten dengan keyword sesuai dengan search intent, langkah selanjutnya adalah dioptimalkan lewat konten Anda sendiri, yaitu setelah tahu kata kunci atau keyword apa saja yang didapatkan, maka bisa diterapkan dalam konten yang Anda buat untuk website tersebut, tempatkan di dulu dan paragraph dengan memakai struktur yang tepat, agar lebih mudah dibaca oleh mesin pencari.
  • Membangun backlink serta otoritas domain, pada dasarnya kedua cara di atas saja tidak cukup untuk meningkatkan keyword ranking, langkah terakhir adalah harus ditunjang dengan cara membangun backlink, langkah-langkahnya adalah dengan menautkan pada situs yang lebih terkenal dan terpercaya pastinya, Anda juga bisa mencoba dengan menulis pada blog tamu, membangun lebih banyak pengikut melalui sosial media sampai dengan mengoptimalkan website sebaik mungkin agar bisa lebih ramah terhadap pengguna internet. Jangan lupa untuk melakukan analisis pada backlink tersebut dan melacak kemajuannya.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Keyword Ranking

Ada beberapa jenis kesalahan yang sering kali dilakukan saat melakukan keyword ranking ini, dan membuat prospek dari SEO menjadi tidak optimal. Berikut ini diantara kesalahan tersebut yang wajib dihindari, yaitu:

  • Keyword stuffing, yaitu sebuah kondisi ketika kata kunci yang dimasukkan berlebihan dengan tujuan untuk melakukan manipulasi peringkat halaman. Jika sampai melakukan hal ini Anda bisa terkena masalah, meskipun efektif di beberapa tahun lalu, namun sekarang sudah ketinggalan zaman karena algoritma Google sudah lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya. Jadi jangan sampai Anda membebani kata kunci, mengulang frasa yang sama secara tidak wajar. Bahkan menambahkan nomor telepon tanpa nilai tambah.
  • Mengabaikan long tail keyword, pada dasarnya memang ada 2 jenis keyword yang umum digunakan, diantaranya adalah short tail atau keyword pendek, namun juga ada jenis long tail atau keyword panjang, namun beberapa waktu belakangan ini jenis keyword pendek kurang efektif digunakan, karena sudah terlalu umum dan rata-rata competitor juga memakainya, lebih efektif menggunakan jenis long tail, karena khusus.
  • Tidak memperbaharui strategi keyword secara berkala, ingat bahwa algoritma Google terus berubah dari waktu ke waktu, sehingga salah kaprah jika seandainya Anda tidak mau melakukan pembaharuan keyword secara berkala, karena akan tertimpa atau ditumpuk oleh keyword baru.

Prospek dari SEO ini memang bagus untuk bisnis, salah satunya diterapkan dengan ranking keyword. Namun untuk yang masih awam pastinya kesulitan dalam menerapkan langkah-langkahnya yang panjang dan cenderung ribet. Jangan khawatir karena Anda hanya perlu fokus dalam kegiatan utama bisnis, masalah SEO sebagai bagian untuk digital marketing bisa Anda percayakan kepada Marketz. 

Marketz punya layanan digital marketing cukup lengkap, tidak hanya teknik SEO saja, melainkan juga iklan digital, media sosial marketing sampai dengan pembuatan konten. Sudah dipercaya oleh lebih dari 100 pengusaha di Indonesia, baik lokal maupun skala internasional, informasi lengkapnya langsung kunjungi website Marketz. Pelajari lebih lanjut tentang strategi SEO untuk meningkatkan conversion pada website bisnis Anda.