Istilah keyword research sering kali dijumpai saat Anda ingin melakukan optimasi website atau istilahnya adalah menerapkan SEO dalam website, namun sebenarnya apakah itu? Keyword research adalah sebuah proses untuk mencari serta menganalisis mengenai kata kunci atau frasa yang pada dasarnya sering dicari oleh pengguna internet. Contohnya adalah ketika Anda ingin menemukan sebuah informasi di Google, maka akan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari tersebut bukan, sesuai dengan informasi yang diinginkan, inilah yang dinamakan keyword research.
Pada dasarnya keyword research adalah bagian yang penting dalam proses SEO atau untuk mengoptimalisasi sebuah website, karena tanpa adanya pencarian kata kunci yang sesuai, maka besar kemungkinan keyword yang Anda gunakan pada saat pembuatan konten kurang friendly, atau tidak mudah dibaca, sehingga potensi untuk mendatangkan traffic juga jadi semakin kecil, dibandingkan dengan yang menerapkan keyword research ini terlebih dahulu.
Tujuan Utama Keyword Research
Keyword research adalah bagian utama dalam teknik SEO, sebelum melangkah ke tahapan lainnya, karena sebenarnya tujuan dari keyword research ini sendiri besar atau banyak, diantaranya adalah:
- Mengidentifikasi kata kunci yang relevan, tujuan yang pertama dengan riset kata kunci ini adalah membantu agar nantinya mendapatkan kata kunci paling relevan serta yang paling banyak dicari oleh pengguna internet atau audience. Karena dalam teknik SEO kata kunci punya peran penting untuk sebuah website sesuai dengan namanya yaitu Search Engine Optimization. Anda bisa mendapatkan kata kunci yang relevan melalui riset terlebih dahulu.
- Meningkatkan peluang visibilitas yang ada di mesin pencari, pengguna internet pada dasarnya akan mencari sebuah informasi lewat kata kunci yang dimasukkan kedalam mesin pencari atau search engine, dimana ketika konten Anda relevan dengan kata kunci yang dicari tersebut, nantinya akan masuk ke halaman pertama pencarian, efeknya adalah visibilitas website juga akan meningkat. Potensi untuk website tersebut mendapatkan kunjungan pengguna internet juga semakin tinggi.
- Membantu dalam penyusunan konten yang tepat sasaran, tujuan lainnya adalah dengan penerapan keyword research tersebut maka Anda akan lebih mudah jika ingin membuat buah konten yang bisa tepat sasaran, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna internet.
Langkah-Langkah Melakukan Keyword Research
Keyword research adalah hal yang penting diterapkan dalam proses SEO, namun Anda juga harus tahu bagaimana langkah memulainya. Dimana ada tahapan panjang yang harus dilalui, berikut ini ada beberapa caranya, yaitu:
- Memakai Tools SEO, cara paling mudah yang dapat Anda lakukan sebenarnya adalah dengan menggunakan Tools SEO, dimana ada banyak yang tersedia di luaran sana, beberapa diantaranya bahkan bisa Anda manfaatkan secara gratis alias tidak berbayar sama sekali. Diantara tools yang bisa Anda gunakan adalah dengan Google Keyword Planner, menggunakan Ubersuggest sampai dengan menggunakan Ahrefs.
- Menentukan Seed keyword, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan seed keyword, yaitu sebuah istilah yang mewakili tema atau topik yang dibahas, ada beberapa hal yang harus Anda terapkan disini, diantaranya adalah dengan memahami terlebih dahulu bisnis yang dijalankan tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan terkait dengan target market, sudut pandang pengunjung, brainstorming sampai dengan melakukan analisis kata kunci atau keyword yang dimiliki oleh pesaing.
- Menganalisis kompetisi keyword, langkah selanjutnya yang juga tidak boleh terlupakan adalah dengan menganalisis terkait dengan kompetisi keyword tersebut, yaitu evaluasi kata kunci sekaligus strategi pesaing untuk SEO. Caranya harus mengetahui terlebih dahulu kata kunci yang dipakai oleh competitor Anda, identifikasi peluang untuk meningkatkan peringkat dan buatlah konten yang lebih baik.
Contoh Implementasi Keyword Research dalam Konten
Keyword research adalah hal yang dapat Anda implementasikan, cara untuk implementasinya mudah bisa lewat beberapa langkah berikut ini, yaitu:
- Menyusun artikel sesuai dengan riset kata kunci, percuma melakukan keyword research jika hasilnya tidak Anda implementasikan dalam pembuatan konten. Hasil dari riset keyword ini bisa Anda implementasikan lewat konten yang dibuat, diantaranya adalah pembuatan konten yang friendly sesuai dengan kata kunci yang sudah dibuat tersebut, bahkan hasil dari riset kata kunci bisa dijadikan sebagai acuan untuk mendapatkan tema konten yang bagus.
- Pemakaian keyword secara tepat, dimana sebenarnya penerapan atau pengaplikasian dari keyword ini bisa Anda buat pada beberapa bagian konten, diantaranya yang paling penting adalah harus ada dalam judul artikel, subheading serta terdapat dalam beberapa bagian dari teks, namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci karena jatuhnya adalah menyebabkan keyword stuffing dalam artikel Anda.
Tips dan Praktik Terbaik dalam Keyword Research
Dalam menerapkan keyword research ini untuk konten Anda, berikut diantaranya ada beberapa tips yang bisa diikuti, diantaranya adalah:
- Prioritaskan long tail keyword, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada 2 jenis keyword yang umum digunakan dalam sebuah konten, diantaranya adalah short tail atau keyword ekor pendek, serta long tail atau keyword ekor panjang. Dibandingkan dengan jenis keyword ekor pendek yang sudah terlalu umum serta banyak competitor yang memakainya, maka keyword ekor panjang atau long tail ini justru lebih efektif digunakan, karena khusus serta lebih spesifik apa yang dimaksud, sehingga potensi untuk mendapatkan SEO yang optimal tentunya lebih tinggi.
- Hindari keyword stuffing, keyword stuffing terjadi ketika kata kunci yang dimasukkan sudah berlebihan. Cara tersebut memang banyak digunakan di tahun-tahun lalu, namun tidak lagi efektif dipakai untuk zaman sekarang, sehingga alangkah baiknya jika Anda menghindari keyword stuffing. Justru hal ini akan membuat konten tersebut kurang efek untuk dibaca, karena terlalu banyak kata kunci yang dimasukkan, sehingga dapat menurunkan minat pengguna internet.
- Menjaga relevansi konten, cara lainnya adalah dalam menerapkan hasil dari keyword research yang sudah dibuat ini dalam konten Anda, maka usahakan untuk menjaga agar konten yang dibuat masih relevan, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembaca. Bukan sekedar judul yang bombastis karena ingin viral.
Itulah diantaranya beberapa tips serta praktik dalam penerapan keyword research. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa dalam penerapannya untuk SEO maka ada banyak tahapan yang harus dilalui, tidak sekedar keyword research saja, meskipun pada dasarnya keyword research adalah kunci utamanya dalam SEO. Teknik ini bermanfaat untuk membantu agar pemasaran menjadi lebih optimal sesuai dengan apa yang diharapkan.
Namun penting untuk tidak sembarangan mengaplikasikan, jika Anda masih belum terlalu paham, ada baiknya mempercayakan teknik tersebut kepada Marketz, layanan Marketz lengkap untuk kegiatan pemasaran berbasis digital, termasuk diantaranya adalah dalam SEO, mulai dari keyword research hingga proses penerapan dan evaluasi semuanya akan ditangani oleh tenaga yang sudah berpengalaman. Bisa langsung cek pilihan layanan serta konsultasi bersama Marketz. Baca lebih lanjut tentang strategi SEO lainnya untuk meningkatkan ranking situs Anda.