Banyak pelaku bisnis dewasa ini yang tidak sekedar mengandalkan pemasaran secara offline atau strategi pemasaran tradisional, melainkan sudah beralih pada pemasaran berbasis digital yang mampu mendatangkan lebih banyak potensi penjualan. Apalagi jika hal tersebut dioptimalkan dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Dimana ini merupakan sebuah langkah untuk membantu dalam meningkatkan visibilitas website lewat pencarian organic. Prospek dari SEO menjanjikan untuk menarik perhatian pengguna internet.
Faktanya ketika website tersebut bisa optimal, yaitu berada di halaman pertama mesin pencari, maka potensi agar nantinya pengguna internet bisa mengaksesnya juga semakin tinggi. Hal ini memungkinkan membangun kesadaran merek, serta berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut, dibandingkan dengan website yang tidak menerapkan pengaplikasian SEO.
Riset Keyword untuk Menarik Audience yang Tepat
Dalam penerapan SEO sendiri ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan ini penting, guna mendapatkan SEO yang optimal. Prospek dari SEO lebih unggul dibandingkan dengan Teknik pemasaran digital yang lainnya, karena dapat berjalan selama 24 jam nonstop, serta tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.
Langkah pertama yang harus diterapkan adalah dengan focus pada pemakaian keyword yang relevan. Cara yang satu ini dilakukan agar Anda dapat menjangkau target secara lebih spesifik, apa yang memang dibutuhkan oleh target audience atau pengguna internet, seperti ada beberapa keyword yang sedang begitu populer atau viral beberapa waktu belakangan ini, hal tersebut bisa jadi pertimbangan, asalkan sesuai dengan konten yang sedang dibahas dalam website.
Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan melakukan riset keyword ini, diantaranya adalah membantu untuk menarik perhatian pengunjung atau pengguna internet, bisa membantu dalam pembuatan konten yang relevan, meningkatkan peringkat yang ada di dalam situs website Anda sampai dengan dapat meningkatkan konversi atau conversion rate.
Namun dalam pemilihan keyword juga tidak boleh dilakukan sembarangan, untuk mendapatkan prospek dari SEO secara optimal, pemilihan keyword juga harus dilakukan dengan tepat, diantaranya adalah:
- Perhatikan relevansi, harus sesuai dengan bisnis yang dibahas.
- Utamakan kata kunci long tail atau yang memiliki frasa panjang.
- Perhatikan mengenali volume pencarian.
- Kenali terlebih dahulu siapa yang menjadi target audience.
- Pakai alat bantu untuk menunjangnya seperti Google atau SEMrush.
Optimasi On-Page yang Mendorong Konversi
Salah satu langkah optimasi yang punya peran penting dalam SEO ini adalah optimasi secara on-page atau yang dikenal sebagai SEO on-page, merupakan sebuah praktik yang dilakukan untuk mengoptimalkan website yang berasal dari konten dalam website itu sendiri, dimana dengan adanya konten yang berkualitas, tentu akan lebih efektif dalam menarik perhatian pengunjung serta akan membantu konversinya.
Ada beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam SEO on-page ini yang dapat dicoba, yaitu:
- Penulisan meta tag, merupakan sebuah pembuatan deskripsi singkat yang bisa dilihat saat pengguna internet serta berselancar di dunia maya, selain judul maka meta tag inilah yang pertama kali akan dilihat, apakah nantinya pengguna internet tersebut memutuskan untuk membuka website ataukah tidak.
- Struktur konten, perhatikan juga mengenai struktur konten yang dibuat, pastikan membuat pembaca bisa menemukan jawaban dari judul yang menarik, bukan sekedar bombastis saja. Anda bisa menerapkan penggunaan heading.
- Pemakaian CTA, jangan lupa untuk menyisipkan Call To Action atau kalimat ajakan, CTA ini bisa disisipkan di bagian akhir konten sebagai sarana untuk mengajak pembaca melakukan apa yang dikehendaki oleh penulis. Contoh dari penerapan CTA ini bisa seperti ‘Download Gratis’, “Berlangganan Sekarang’ maupun yang lainnya.
Menggunakan Konten untuk Membangun Prospek
Prospek dari SEO akan bisa optimal dengan menggunakan konten yang tepat, dimana memang Anda harus tahu bagaimana caranya untuk membangun konten secara khusus yang dapat menargetkan audience potensial. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membangun konten yang dapat menjawab pertanyaan serta kebutuhan prospek, diantaranya adalah:
- Pastikan sudah riset kata kunci sesuai dengan langkah yang telah dijelaskan di atas.
- Tentukan tujuan konten sesuai dengan kebutuhan pembaca.
- Membuat judul harus menarik, menulis deskripsi meta yang menarik.
- Pembuatan struktur heading.
- Menambahkan gambar atau ilustrasi agar tidak membosankan.
- Pastikan untuk memperbaharui konten Anda secara berkala.
- Pastikan untuk mengintegrasikan konten dengan funnel pemasaran, hal ini akan membantu memaksimalkan lead generation.
Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Kredibilitas
Prospek dari SEO juga bisa berlangsung secara optimal dengan keberadaan dari backlink yang berkualitas, adanya backlink ini akan membantu website nantinya meningkatkan otoritas domain, sehingga prospeknya jadi lebih berkualitas. Namun dalam hal ini tidak sembarangan backlink bisa menunjangnya. Melainkan hanya backlink yang berasal dari website besar atau sudah terpercaya, karena lebih banyak pembaca yang ada disana, potensi untuk meningkatkan kunjungan atau traffic juga lebih tinggi.
Guna mendapatkan backlink yang berkualitas sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah:
- Pastikan konten yang dibuat menarik dan konsisten.
- Anda bisa menambahkan gambar atau infografis.
- Berikan penjelasan atau penjabaran secara detail.
- Tulis konten untuk website orang lain atau istilahnya adalah guest post.
- Minta kenalan yang memiliki website untuk membantu membuatkan backlink.
- Tautkan situs yang relevan dengan niche yang ada di website Anda.
Analisis dan Optimalisasi Berkelanjutan untuk Lead Generation
Jangan salah karena melakukan analisis ini penting sehingga nantinya optimalisasi bisa berjalan secara terus-menerus atau berkelanjutan, tidak hanya sekali diterapkan kemudian website naik dan langsung turun lagi. Hal ini dilakukan untuk memantau performa SEO serta digunakan untuk mengoptimalisasinya dengan menggunakan strategi atau data yang sudah ada.
Setidaknya ada beberapa jenis tools atau alat yang dapat dipakai untuk melakukan analisis tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan Google Analytics serta dengan memakai Google Search Console. Bahkan efektivitas SEO sendiri dapat diukur, caranya adalah dengan menggunakan ROI SEO.
Kesimpulan
Berdasarkan beberapa uraian di atas, maka bisa dikatakan bahwa prospek dari SEO ini sangat berguna dalam mendukung lead generation yang bisa lebih baik untuk bisnis yang sedang Anda jalankan pada saat ini. Hal tersebut jugalah yang membuat para pelaku bisnis atau pemilik usaha lebih condong dengan Teknik pemasaran berbasis digital, salah satunya adalah memakai SEO, karena bisa berjalan secara optimal selama 24 jam, serta dengan biaya yang lebih hemat.
Jika Anda merasa teknik-teknik yang diterapkan terlalu panjang dan ribet, maka ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan jasa SEO dari Marketz. Tidak sekedar layanan SEO, karena Marketz juga punya beberapa teknik lain untuk mengoptimalkan digital marketing bisnis Anda, langsung ditangani oleh tenaga yang profesional. Jadi jangan ragu mempercayakan kepada Marketz. Lihat bagaimana kami dapat membantu Anda menetapkan target SEO untuk bisnis Anda di sini.