Mengenal Lebih Jauh Tentang Iklan Beserta 4 Jenisnya
Marketz.id – Semua jenis bisnis tentunya memiliki produk atau jasa untuk dijual guna bertahan dan terus berkembang. Tentunya untuk terus berkembang sebuah bisnis membutuhkan pelanggan yang ingin membeli produk yang ditawarkan. Salah satu upaya untuk mendapatkan pelanggan adalah dengan memanfaatkan iklan.
Iklan sendiri pertama kali dikenal pada zaman Mesir kuno, sementara upaya promosi yang lebih modern mulai ditemui setelah hadirnya penemuan mesin cetak dimana berbagai lembaran surat kabar mulai diterbitkan pada tahun 1500-an. Hal tersebut menciptakan sebuah revolusi yang akhirnya berkembang menjadi salah satu media periklanan yang dikenal hingga saat ini.
Tapi apa sebenarnya iklan itu? dan hal apa saja yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis tentang dunia yang satu ini? Dalam artikel kali ini akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan seputar upaya promosi dengan memanfaatkan ads dan hal-hal yang meliputinya.
Mengenal Lebih Jauh Mengenai Iklan
Iklan sendiri umumnya dianggap sebagai sebuah bentuk komunikasi publik yang dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk, layanan, merek, atau acara. Bagi sebagian orang, definisi tersebut bahkan bisa lebih luas dari itu yang dapat mencakup komunikasi berbayar yang dirancang untuk memberi informasi atau memberi pengaruh.
Penting untuk dicatat bahwa kegiatan promosi yang satu ini tidak sama dengan pemasaran hal tersebut lebih dapat dikatakan sebagai subkategori. Periklanan adalah jenis pemasaran berbayar yang dikontrol sepenuhnya oleh pihak yang menggunakan layanan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut definisi lengkapnya:
Alat promosi berbayar dimana didalamnya mengandung pesan promosi berbayar yang dikomunikasikan oleh beberapa media komunikasi massa. Hal tersebut juga sering didefinisikan sebagai sponsor yang teridentifikasi mendukungnya yakni pihak yang melakukannya dan membayar untuk membuat pesan promosi itu sendiri, membeli slot di media, dan memantau upaya promosi tersebut.
Sebagai salah satu upaya untuk promosi, tentunya hal ini bertujuan untuk menarik perhatian publik terhadap suatu penawaran produk atau merek. Selain itu salah satu bentuk promosi ini dimaksudkan untuk menginformasikan audience atau target tentang penawaran atau merek tertentu atau mempengaruhi mereka untuk melakukan pembelian.
Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa iklan adalah pesan komunikasi berbayar yang dimaksudkan untuk menginformasikan kepada orang-orang tentang sesuatu atau mempengaruhi mereka untuk membeli, mencoba, atau melakukan sesuatu.
Media promosi yang satu ini datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan konsep, baik itu di TV, radio, promosi surat kabar, atau promosi yang sangat personal di platform media sosial.
Alasan Mengapa Iklan Penting
Iklan merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi bisnis karena merupakan cara paling ampuh dan terbukti untuk menjangkau calon pelanggan. Mereka dapat memiliki dampak instan pada bisnis Anda dalam beberapa cara, termasuk:
Kesadaran merek (brand awareness) dimana hal ini dapat membuat audiens target Anda menyadari keberadaan bisnis Anda, membantu mereka mengambil langkah pertama ke penjualan Anda.
Reputasi merek (Brand reputation) dimana pesan promosi yang dibuat dengan tepat dapat memberi tahu audiens mengenai produk yang Anda tawarkan. Dengan membagikan misi, filosofi, nilai, dan rekam jejak Anda, Anda dapat menggunakan upaya promosi yang satu ini untuk membangun reputasi yang patut untuk dicoba.
Penjualan (sales) hal terakhir yang perlu diketahui dan menjadikan upaya promosi yang satu ini cukup penting yakni sebagian besar iklan dirancang untuk meningkatkan penjualan, baik dengan mempromosikan produk, layanan, atau jasa tertentu secara langsung atau dengan salah satu metode tidak langsung yang tercantum di atas.
Jenis-Jenis Iklan
Iklan dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis yang berbeda berdasarkan media periklanan yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesannya.
Iklan Cetak
Iklan cetak adalah strategi promosi massal yang menggunakan media cetak atau hard copy seperti koran, majalah, brosur, pamflet, dll, untuk mengkomunikasikan pesan promosi kepada pelanggan. Ini adalah salah satu jenis promosi tertua dan sangat terkenal yang menargetkan dan melayani audiens yang suka membaca.
Iklan Siaran
Sarana promosi yang satu ini merupakan alat pemasaran massal yang menggunakan media siaran seperti TV dan radio untuk menyebarkan pesan promosi ke khalayak yang lebih luas. Upaya promosi yang satu ini lebih mengandalkan komunikasi visual dan karenanya dapat menargetkan semua orang yang memiliki akses ke media tersebut terlepas dari tingkat literasi mereka.
Iklan Luar Ruang
Jenis promosi luar ruang adalah promosi yang menjangkau pelanggan di luar rumah. Mereka menggunakan media seperti billboard, bus, taksi, atau elemen yang berada di tempat umum. Iklan luar ruang bisa berupa digital atau tradisional, tetapi semuanya ditargetkan untuk audiens yang umumnya berorientasi dengan geografis.
Iklan Digital
Upaya promosi yang satu ini merupakan yang sangat populer saat ini dimana memanfaatkan teknologi dengan menggunakan saluran berbayar online atau digital untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran kepada target audiens. Iklan tersebut muncul secara online atau di saluran digital seperti situs web, mesin pencari, platform media sosial, aplikasi seluler, dan saluran digital lainnya. Berikut ini beberapa platform yang mencakup iklan digital.
Social Media Advertising
Iklan media sosial adalah pilihan populer untuk berbagai jenis usaha, karena biayanya relatif terjangkau dan Anda bisa sangat selektif dengan audiens yang ingin ditargetkan. Misalnya, jika Anda memiliki toko ritel, Anda dapat menggunakan opsi penargetan untuk mempersempit pemirsa sehingga hanya orang-orang dari demografi tertentu yang tinggal dalam radius mil tertentu dari toko Anda yang dapat menerima promosi media sosial Anda. Ada beberapa platform media sosial yang berbeda yang dapat Anda pilih untuk melakukan promosi berbayar, termasuk:
Facebook adalah pilihan platform promosi yang bagus untuk sebagian besar usaha, karena cakupan platform yang luas dan biaya iklan yang relatif rendah. Ada beberapa unit iklan yang berbeda yang dapat dipilih di Facebook, termasuk iklan foto, video, kesadaran merek dan banyak lagi.
Promosi berbayar melalui Instagram adalah pilihan yang bagus untuk usaha dengan merek visual yang menarik bagi audiens dengan cakupan umur yang lebih muda, karena 60 persen dari satu miliar pengguna Instagram berusia di bawah 30 tahun.
Instagram menyertakan banyak parameter penargetan yang sama seperti yang ditawarkan oleh Facebook dan unit promosi berbayar mereka mencakup iklan gambar, video, Stories, dan carousel. Anda juga dapat menyertakan tombol ajakan untuk audience yang jelas untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Saat ini promosi berbayar melalui platform digital adalah salah satu cara paling ampuh dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Melakukan promosi melalui platform online seperti media sosial tentunya membutuhkan usaha, ketelitian dan banyak waktu.
Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena di zaman modern ini Anda dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh digital marketing agency seperti Marketz untuk membantu Anda mengembangkan dan mempromosikan bisnis Anda secara optimal. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://marketz.id/ untuk informasi yang lebih lengkap!