Cara Iklan di Google Gratis

Cara Iklan di Google Gratis dengan Teknik SEO, Auto Banjir Trafik!

Cara Iklan di Google Gratis

Marketz.id – Membahas tentang iklan, digital marketing menjadi pilihan paling rasional di era yang serba terkoneksi dengan internet. Kamu pasti sudah tidak asing dengan beriklan di Instagram, facebook, atau bahkan google ads. Semua iklan yang sudah kami sebutkan sifatnya berbayar, tapi bukan berarti kamu nggak bisa beriklan gratis di google, well, kamu bisa memanfaatkan SEO untuk mendatangkan trafik organik untuk website milikmu.

Mengenal Strategi & Cara Iklan di Google Gratis Lewat Optimasi SEO

Dalam artikel ini, kami ingin mengenalkanmu dengan strategi digital marketing tanpa keluar uang sama sekali, yup, kamu bisa menggunakan teknik SEO untuk kebutuhan promosimu di internet. Sebelum membahas lebih lanjut terkait SEO, mari kita pelajari fundamentalnya terlebih dahulu dimulai dari mencari tahu pengertian SEO.

Apa Itu SEO

Kalau kamu penasaran apa yang dimaksud SEO (Search Engine Optimization), penjelasan mudahnya, strategi SEO memudahkan kamu untuk mengoptimasi konten website milikmu tampil di halaman 1 Google.

Misalnya, agency Marketz.id ingin mengiklankan halaman jasa SEO miliknya di google, maka, mereka harus membuat konten yang ramah SEO agar tampil di halaman 1 google. Jadi, Ketika ada pengunjung yang mengetikkan kata kunci; Jasa SEO Jakarta, maka mereka akan mendapati konten milik agensi marketz.id di posisi pertama dan mengklik kontennya.

Tujuan SEO

Meski membuat konten kita tampil di halaman 1 adalah goal SEO, tapi bukan berarti strategi ini mutlak berhenti disini saja. Kenapa demikian?

Pertama, SERP Google itu dinamis, berhasil masuk ke posisi teratas memang bagus tapi kompetitor yang menargetkan kata kunci yang sama pun tidak akan tinggal diam dan biasanya mereka akan mencoba menggeser posisi kontenmu. Jadi tugas kamu ada dua, menaikkan posisi rank konten dan mempertahankannya.

Kedua, SEO punya tujuan untuk mendatangkan trafik organik dan tertarget untuk jangka panjang. Kami highlight bagian frase akhir pada kalimat sebelumnya; “Jangka Panjang”, SEO itu investasi marketing jangka panjang, hasilnya baru akan terlihat di bulan ke 3, 6, 12, atau lebih dari itu, tergantung faktor ranking dan persaingan di SERP Google.

Jadi, bila kamu tipe orang yang tidak sabaran dan ingin hasil cepat, SEO bukan strategi yang cocok untukmu. Tapi, kalau kamu mau sabar barang sebentar menginvestasikan waktumu setahun hingga tiga tahun, maka, business goals seperti mendominasi pasar bukan hal mustahil untuk dicapai.

Bila ditekuni, bahkan profit share konversinya bisa bertahan dalam jangka panjang, tertarik untuk menggunakan cara iklan di google gratis dengan Teknik SEO? Mari kita pelajari lebih dalam lagi tentang SEO Campaign untuk brand milikmu.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Memulai Iklan di Google Gratis Melalui SEO

teknik seo

Untuk memulai SEO campaign, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan agar strategi optimasi website di mesin pencari bisa tercapai. Tertarik ingin mengetahui apa saja yang harus kamu persiapkan untuk campaign SEO? Berikut ulasannya;

Tentukan Goals Campaign yang Ingin Dicapai

Apapun jenis campaign yang kamu terapkan, kamu perlu menetapkan goals campaign. Mudahnya, ada titik yang ingin kamu tuju, dengan begitu, strategi SEO-nya bisa disesuaikan dengan tujuan promosi yang sudah dibuat.

Misalnya kamu ingin mendapatkan 25% pertumbuhan pendapatan setiap tahunnya (25% Growth of Revenue). Maka, kamu bisa memecahnya menjadi goals kecil agar mudah dicapai dimulai dari meningkatkan user indicator seperti menaikkan keyword ranking, ctr, visits, dan engagement.

Kemudian, setelah mengurus user indicator tersebut, kamu bisa lanjut mengarahkan semua indicator itu mau digunakan untuk konversi penjualan (leads) atau akuisisi pelanggan. Silahkan tentukan mau diarahkan kemana ya.

Bagian akhir, biasanya dilakukan di akhir SEO Campaign, di akhir tahun pertama, kedua, dst, perhatikan revenue growth dari campaign SEO yang kamu lakukan, apakah target pertumbuhan pendapatan 25% pertahun sudah tercapai atau belum? Jika sudah, pertahankan dan tingkatkan. Kalau sebaliknya, cek dan evaluasi ulang indicator dan kpi mana yang belum maksimal.

Buat Workflow Campaign Iklan Gratis di Google yang Jelas dan Terarah Sesuai Goals yang Telah Dibuat

Setiap SEO Specialist punya workflow atau cara kerjanya tersendiri, tapi setidaknya setiap spesialis SEO punya beberapa kemiripan workflow saat menjalankan sebuah campaign seperti ini;

  1. Melakukan riset keyword untuk campaign
  2. Melakukan technical audit website
  3. Content production
  4. Index & Crawling checking
  5. Onpage Optimization
  6. Off page Optimization
  7. Daily analysis & evaluasi kinerja SEO Campaign

Kira-kira 7 step diatas sering digunakan sebagai acuan SEO Specialist. Kalau di brand milikmu sudah ada SEO specialist, acuan diatas bisa dipraktekkan. Tapi kalau perusahaanmu belum memiliki praktisi SEO, maka, pilihan paling tepat dan rasional yang bisa diambil adalah menyewa / memesan jasa SEO Specialist entah itu statusnya freelancer maupun dari digital agency di jakarta seperti Marketz.id.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Eksekusi Campaign Sesuai Goals dan Workflow yang Telah Dibuat

Langkah terakhir, lakukan eksekusi. Percuma buat Campaign Goals dan workflow lengkapnya tanpa melakukan aksi, maka dari itu, kamu selaku pemilik usaha harus segera memulai campaign tersebut.

Tentukan apa goals promosi digital melalui SEO dan ikuti langkah-langkah workflow yang telah kami sebutkan di artikel ini. Kalau brand milikmu biasanya melakukan prmosi offline dan beralih ke online, membuat website untuk brand milikmu adalah keharusan. Karena tanpa website, kamu tidak bisa melakukan promosi SEO gratis di google.

Ada banyak platform website yang bisa kamu pilih berdasarkan kualitas, fitur, dan biaya pembuatan hingga perawatannya. Silahkan pilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan perusahaanmu ya.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah kamu bisa dan mau melakukan SEO campaign dengan resource karyawan sendiri di perusahaan atau mau menyewa jasa SEO Specialist yang sudah terbukti track record kinerjanya. Jawabannya bisa kamu cari tahu lewat uraian selanjutnya, yuk disimak.

Pilih Antara Menggunakan Resource Pribadi di Perusahaan vs Menyewa Jasa

Sesuai tagline di judul sub bab ini, kamu harus menentukan mau pakai tenaga karyawan sendiri di perusahaan milikmu atau pesan jasa specialist di agency? Bingung? Well, kamu bisa cek daftar keuntungan dan kekurangan setiap pilihan melalui daftar berikut;

Kelebihan Menggunakan Karyawan Pribadi Untuk Menjalankan Iklan di Google Gratis

  1. Lebih Murah
  2. Bisa monitor progress campaign kapan saja

Kelebihan Menggunakan Jasa / Agency

  1. Ada jaminan keberhasilan campaign
  2. Campaign dikerjakan ahlinya
  3. Ada report terstruktur setiap bulan selama masa campaign
  4. Tahu cara evaluasi campaign dan cara meningkatkan strategi iklan untuk peningkatan konversi penjualan

Kekurangan Memiliki Karyawan Sendiri

  1. Tidak punya wawasan memadai tentang cara iklan di Google gratis
  2. Konversi penjualan dan pertumbuhan pendapatan kurang terukur karena tidak punya workflow yang benar
  3. Meskipun murah, kalau campaign selalu gagal, maka perusahaan bisa mengeluarkan bujet lebih besar atau boros

Kekurangan Memakai Jasa Untuk Pasang Iklan di Google Gratis

  1. Budget memesan jasa lebih besar dibanding menggunakan jasa karyawan perusahaan sendiri.

Dari data diatas, kamu bia bandingkan mana yang lebih profitable buat bisnis kamu.

Kesimpulan Cara Iklan di Google Gratis

Dari artikel ini kamu jadi belajar bahwa kita bisa lho promosi gratis lewat Google. Mulai dari menentukan goals, workflow, eksekusi campaign hingga menentukan pilihan terbaik siapa yang harus mengerjakan campaign untuk bisnis milikmu. Kalau kamu dan karyawan benar-benar tidak tahu apapun tentang cara iklan di Google gratis maka ada baiknya kamu memesan jasa specialist dari Agency atau hubungi tim Marketz.id untuk kamu yang ingin memasang iklan berbayar melalui Google atau sosial media.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Similar Posts