You are currently viewing Kenali Apa Itu Engagement dalam Bisnis

Kenali Apa Itu Engagement dalam Bisnis

Apa itu Engagement? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan istilah tersebut? Istilah tersebut kerap kali kita dengarkan, dalam kehidupan sehari-hari tentunya. Uniknya, masih banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut secara benarnya. pengetahuan mengenai istilah tersebut, berdasarkan “katanya” saja, tanpa mengetahui, “apa itu sebenarnya”. Bahkan, karena terlalu percaya diri, ilmu “katanya” tersebut, diperluaskan. Sehingga, menyebabkan, hanya mengetahui pengertian dari sebuah istilah berdasarkan “katanya” bukan “faktanya”.

Akan tetapi yang paling penting adalah, istilah dari Engagement sendiri memiliki artian yang luas. Engagement lingkup media sosial, bisnis juga bisa juga dikatakan istilah antara dua insan yang saling mencintai. Perkembangan zaman yang semakin hari semakin maju ini, terdapat banyak istilah yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Engagement tersebut.

Karena memiliki ruang lingkup yang berbeda-beda, jadi tidak heran apabila setiap lingkup juga memiliki pengertian yang juga berbeda. Agar kita tidak, ketinggalan informasi juga ilmu pengetahuan, penting sekali untuk menyimak informasi berikut ini. Dengan tujuan, supaya saat kita diajak bicara dengan mereka yang sudah paham, kita bisa memahami apa yang sedang ia bicarakan, meskipun tidak mengetahui tentang makna yang sebenarnya.


Apa Itu Engagement?

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai apa itu Engagement, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwasannya, istilah tersebut merupakan usaha yang memiliki tujuan untuk membentuk sebuah hubungan yang kuat antara kedua belah pihak. Akan tetapi, umumnya yang memulai membentuk hubungan tersebut adalah, dari salah satu pihak. Adanya usaha yang beragam guna membentuk hubungan tersebut, maka terbentuklah hubungan yang kuat.

Hal itu juga yang menjadi dasar istilah tersebut dalam dunia bisnis. Pebisnis yang mana sih yang tidak mau mempunyai pelanggan setia? Pastinya tidak ada bukan? Nah, disinilah engagement itu berperan.

Namun secara harfiah, apa itu Engagement dalam dunia bisnis merupakan sebuah interaksi. Misalnya adalah, komunikasi antara kedua belah pihak. Yakni pihak perusahaan dengan pihak konsumen. Agar mendapatkan interaksi yang tepat, butuh adanya saluran pembantu dari yang lainnya.

Adanya istilah interaksi dalam dunia bisnis tersebut, juga membuat konsumen akan tertarik dengan bisnis yang Anda miliki tersebut. Mengapa? karena, terdapat jalinan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik tersebut, nantinya bakalan menumbuhkan reaksi, efek serta pengalaman. terlebih lagi, setelah menggunakan produk atau layanan jasa yang sudah mereka beli.

Perlu Anda garis bawahi, ternyata kemajuan teknologi sekarang ini justru memiliki peran pembantu yang baik. Pasalnya, terdapat media sosial yang bisa Anda manfaatkan. Ada Facebook, Instagram, dan yang lainnya.


Interaksi dalam Bisnis Itu Penting!

Nyatanya, apa itu Engagement dalam dunia bisnis sangatlah penting. Dengan menggunakan cara yang tepat, maka konsumen bisa datang dengan sendirinya. Bahkan, mereka juga bisa menjadi pelanggan setia Anda.Tak hanya itu saja, akibat adanya komunikasi tersebut, juga akan memunculkan efek domino yang positif.

Salah satunya adalah, konsumen setia Anda tersebut akan memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya. Untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda miliki tersebut. Jadi, Anda bisa mendapatkan konsumen dengan jumlah yang lebih besar. meskipun begitu, akan tetapi loyal sangat diperlukan untuk mewujudkan apa itu Engagement ini.


Apa Itu Customer Engagement?

Karena secara umum, apa itu Engagement itu memiliki arti sebuah interaksi, maka untuk mewujudkannya, perlu sekali kita menggunakan akun media sosial yang berisi tentang identitas dari bisnis. Proses saling terlibat dalam aktivitas marketing, bisa terjadi online maupun offline. Secara offline, konsumen dan produsen bisa melakukan interaksi mata dengan mata, juga setiap saat bisa melakukannya.

Akan tetapi, jika online, produsen tentunya bisa menggunakan platform media sosial. Supaya bisa menjangkau pelanggan lebih guna mengenalkan produk atau jasa yang Anda miliki tersebut.


Cara Mengukur Customer Engagement

setelah Anda paham betul tentang apa itu Engagement, perlu Anda ketahui juga mengenai bagaimana cara mengukurnya. Mungkin hal yang satu ini bisa dikatakan susah. Akan tetapi, bagi customer online, Anda bisa melihatnya melalui informasi yang sudah tercantum oleh situs yang Anda gunakan.

Misalnya saja begini, Platform yang Anda gunakan untuk melakukan penawaran tersebut adalah akun Instagram. Dalam waktu 1 bulan, Anda melakukan posting secara rutin sebanyak 12 content. Tentunya, konten tersebut mempunyai kaitan dengan produk atau layanan bisnis yang sedang Anda jalani. Konten tersebut dilihat oleh 1000 viewers.

Terdapat 12 komentar atau feedback, 24 Likes, 6 kali klik, dan 8 kali konten yang dibagikan. Sesuai dengan rincian respon tersebut, bisa kita ketahui bahwa complet activity tersebut adalah, 59 respons. Rumus yang harus Anda gunakan untuk mendapatkan rasio customer engagement, pada postingan dengan menggunakan media sosial tersebut adalah,(complete activity response:jumlah dari viewers) x 100%.

(50:100) x 100 %=5%. Jadi, rasio dalam media sosial bisnis tersebut adalah sebanyak 5%. Dengan menggunakan data ini juga, Anda juga bisa melihat mengenai perkembangan, Apakah mengalami peningkatan atau Justru malah menurun Seiring berjalannya waktu.

Walaupun komen dalam konten tersebut sangat banyak dan menggiurkan, bukan tidak mungkin apabila banyak viewers dan engagement. Pada dasarnya, cara menghitung sebuah interaksi dalam media sosial terdapat beberapa cara. Akan tetapi, cara yang satu ini merupakan cara yang sangat umum.


Interaksi dalam Instagram

Bukan hanya dunia bisnis saja yang memiliki istilah apa itu Engagement. Indonesia sendiri banyak yang menggunakan istilah tersebut ketika, sepasang kekasih itu akan melangsungkan tunangan. Biasanya mereka menggunakan “Happy Engagement”. Ya, memang tunangan itu salah satu usaha untuk mengantarkan dua orang tersebut menuju ke pernikahan yang haqiqi.

Sedangkan dalam Instagram, istilah ini memiliki arti yang berbeda lagi. Merupakan komunikasi dua arah yang biasanya terjadi antara pemilik akun dengan pengikutnya. Wah, ternyata selama ini kita sudah melakukan Engagement. Dahulu, hal tersebut sangatlah sederhana. Misalnya saja, like, komentar dan yang sejenisnya.

Terdapat berbagai cara yang bisa kita gunakan. Agar apa itu Engagement Instagram kita meningkat. Bagaimana caranya? Cara yang pertama, hendaknya kita itu membuat konten yang dapat memancing interaksi. Kedua, pilihlah hastag dengan tepat. Jangan lupa juga untuk menghadirkan Instagram Live dan kuis. Rencanakan semua dengan matang-matang, and finally percayakan akun Anda tersebut kepada digital marketing agency.

Nah, untuk Anda yang ingin memulai bisnis, jangan terburu-terburu. Pertimbangkan semuanya dengan benar dan baik. Tambah lagi, Anda ingin menggunakan teknologi serta media sosial untuk melakukan penawaran produknya. Ada banyak hal yang harus Anda siapkan untuk memulai semuanya. Salah satunya adalah, memahami betul tentang makna yang sebenarnya dari apa itu Engagement. 

Bukan ilmu yang berasal dari katanya saja. Supaya Anda lebih mudah memahaminya dengan semestinya dan sedetailnya, silahkan hubungi Marketz.id. Layanan jasa yang siap membeberkan makna yang sebenarnya dari apa itu Engagement.