Strategi SEO untuk Mengoptimalkan Konversi

Di jaman sekarang ini, audience dianggap sebagai angka-angka. Pengunjung website bisa dilihat sebagai calon potensial yang tidak hanya mengunjungi website, tetapi juga melakukan transaksi yang dibutuhkan di website bisnis yang Anda punyai. Maka apabila hal tersebut terjadi akan sukses untuk mendapatkan conversion SEO. Conversion penting sekali karena goal yang dipunyai dalam melakukan SEO bisa untuk didapatkan, yaitu terjadinya transaksi sebanyak-banyaknya. Pengukuran konversi tersebut dilihat dari CTR atau click through rate, bounce rate, dan juga conversion rate untuk membantu proses konversi pengunjung untuk mendapatkan penjualan dari goal yang ditetapkan oleh bisnis.

Pentingnya Menetapkan Tujuan Konversi yang Jelas

Untuk bisa mengubah pengunjung dan klik yang dilakukan menjadi konversi SEO dapat untuk mempunyai tujuan konversi yang jelas terlebih dahulu. Tujuan konversi dapat ditetapkan untuk bisa membuat strategi SEO yang bisa digunakan. Contoh tujuan yang dipunyai contohnya adalah berikut ini:

  • Dapat untuk membantu meningkatkan penjualan produk dan juga layanan yang dipunyai.
  • Bisa membantu untuk mendapatkan pendaftaran lebih banyak newsletter.
  • Dapat membantu untuk meningkatkan download ebook yang didapatkan.
  • Bisa membantu untuk meningkatkan pendaftaran webinar atau acara yang Anda adakan.
  • Dapat membantu untuk meningkatkan panggilan telepon dan juga chat WA yang tertarik dengan bisnis yang Anda punyai.
  • Bisa membantu untuk meningkatkan kunjungan yang ada di toko fisik bisnis yang Anda punyai.

Penting sekali untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai sehingga bisa diukur apakah tujuan tersebut sudah tercapai atau belum dengan mudah. Di mana untuk bisa mendapatkan tujuan yang tercapai, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui siapa target pasar atau audience yang dipunyai. 

Anda bisa melihat audience sebagai angka yang dikonversi, sehingga tidak hanya mengunjungi website tetapi juga dapat melakukan tindakan yang diinginkan yaitu melakukan pembelian, melakukan pendaftaran, dan juga lainnya sesuai tujuan yang diinginkan. Kenali target audience Anda untuk mengetahui siapa yang ingin dikonversi dengan bisa memberikan kebutuhan yang dipunyai dan menawarkan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh target audience yang Anda punyai.

Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi

Setelah mengetahui tujuan yang jelas dan target audience, conversion SEO juga bisa didapatkan dengan menetapkan strategi SEO yang tepat berupa hal berikut ini:

  • Melakukan optimasi konten yang relevan merupakan yang penting dilakukan untuk bisa menarik target audience yang dipunyai. Untuk bisa membuat konten yang relevan tersebut juga bisa dengan membuat konten yang menarik dan juga informatif. Buat konten yang berkualitas dengan fokus memberikan konten yang berkualitas, bisa menggunakan struktur yang jelas dengan point yang bisa dimengerti dengan mudah, menyertakan gambar dan juga video untuk bisa membuat konten lebih menarik, dan juga menggunakan storytelling untuk membuat konten yang dibuat mudah diingat.
  • Membuat kata kunci yang bertarget juga bisa dilakukan untuk membuat keyword yang tepat. Riset keyword perlu dilakukan sehingga menemukan dan menggunakan keyword yang relevan dan tepat yaitu dengan menggunakan kata kunci long tail yang spesifik dan detail, menggunakan tools riset untuk kata kunci yang relevan, dan perhatikan tingkat kesulitan dan volume pencarian dari kata kunci yang akan digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna UX bisa dilakukan dengan mengoptimalkan situs website dan juga aplikasi mobile yang user friendly. Seperti dapat dilakukan dengan meningkatkan kecepatan halaman, desain yang responsive, halaman muka yang mudah dimengerti dan digunakan, dan juga mudah untuk menemukan hal yang dicari. Hal tersebut bisa membantu untuk mengoptimalkan website untuk menjadi konversi agar mempengaruhi pengalaman pelanggan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
  • Membuat CTA atau call to action yang efektif bisa digunakan dengan memberikan tautan untuk bisa mengarahkan pengunjung agar melakukan hal yang diinginkan. Buat CTA yang jelas dan juga mudah ditemukan dan hindari menggunakan iklan pop up hingga video yang mengganggu karena akan justru mempengaruhi keputusannya, sehingga tidak melakukan hal yang seperti diinginkan dan tidak bisa menjadi conversion SEO yang diinginkan bisnis Anda.

Cara Melacak dan Mengukur Konversi SEO

Cara melacak conversion SEO bisa menggunakan tools yang bisa digunakan beberapa alat yang bisa digunakan untuk menganalisa website yang menggunakan SEO untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih meningkat dan berkembang. Anda bisa mengetahui dan memanfaatkan tools yang digunakan untuk teknik pelacakan konversi dengan tools SEO tracking untuk melakukan analisa website sebagai berikut ini:

  1. Jenis yang paling umum bisa digunakan adalah Google Analytics yang membantu untuk membuat performa website yang dipunyai menjadi lebih baik. SEO tools yang dipunyai oleh Google Analytics dapat membantu untuk mengetahui mengenai data yang penting dipunyai seperti demografis, pelacakan konversi, interaksi pengunjung, dan masih banyak lainnya.
  1. SEMrush merupakan alat selanjutnya yang bisa digunakan untuk tools yang digunakan untuk membantu melakukan optimasi mesin pencari yang membantu untuk menemukan informasi mengenai website yang Anda butuhkan.
  1. Google Keyword Planner merupakan tools dari Google yang bisa membantu untuk meningkatkan kualitas konten yang dipunyai website menjadi lebih berkualitas dengan menemukan dan menggunakan kata kunci yang lebih relevan dan melakukan riset keyword dengan mudah.
  1. Google Trends dapat membantu untuk menambahkan referensi keyword yang baru dan yang sedang populer untuk digunakan.
  1. Google Search Console bisa membantu untuk mendapatkan informasi statistik yang dibutuhkan dari klik, impression, dan lainnya untuk bisa meningkatkan conversion SEO yang bisa didapatkan.

Serta masih banyak tools lainnya yang bisa membantu untuk menghitung dan mengoptimalkan conversion SEO yang bisa didapatkan. Conversion rate tersebut paling mudah untuk dihitung dengan mengetahui lalu lintas situs yang dipunyai dan juga tercapainya penetapan dari tujuan yang jelas dari bisnis yang Anda punyai. Google Analytics dan tools lainnya dapat membantu untuk menghitung conversion rate yang dipunyai dan bisa dihitung dari halaman website yang dipantau untuk bisa mendapatkan halaman konversi yang terbaik.

Tips Mempertahankan dan Meningkatkan Konversi Secara Berkelanjutan

Untuk meningkatkan konversi rate yang bisa didapatkan secara berkelanjutan, dapat menggunakan langkah berikut ini:

  • Analisis hasil yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi dari hasil berkala, sehingga membuat strategi yang lebih baik kedepannya.
  • Dapat untuk A/B testing yang digunakan untuk mencoba variasi halaman konten untuk bisa mendapatkan hasil lebih efektif.
  • Retargeting dan meningkatkan user engagement dapat membantu untuk mendorong konversi yang didapatkan secara berulang.

Cara meningkatkan konversi pada website yang dipunyai dengan menggunakan SEO mempunyai banyak cara yang bisa dilakukan. Meningkatkan konversi website bisa dibantu dengan menggunakan jasa Marketz yang memberikan layanan SEO untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian secara organik. Marketz mempunyai tim yang berpengalaman dan kreatif untuk meningkatkan konversi melalui SEO yang sangat membantu meningkatkan keuntungan bisnis yang Anda inginkan. Temukan cara meningkatkan konversi lebih lanjut dengan strategi SEO efektif.