SEO Inhouse vs SEO Agency, Mana yang Lebih Worth It?

Digital marketing menggunakan SEO bisa memberikan banyak keuntungan yang didapatkan. Alasan yang paling umum mengapa bisa memilih menggunakan SEO dalam digital marketing adalah hasilnya yang optimal dengan biaya yang minimal. Oleh karena itulah untuk marketing bisnis yang Anda butuhkan bisa dengan menggunakan layanan SEO agar membuat bisnis juga berkembang. Ketika ingin mengembangkan bisnis menggunakan SEO, pertanyaan yang muncul adalah penggunaan antara SEO in house atau SEO agency yang bisa menjadi pilihan untuk membantu mengimplementasikan SEO dalam website bisnis Anda.

Apa Itu SEO Inhouse dan SEO Agency

Sebelum memilih menggunakan SEO inhouse atau agency, maka yang pertama tentunya perlu untuk mengetahui terlebih dahulu atau pengertian masing-masingnya. Untuk SEO inhouse seperti namanya merupakan SEO yang ada di “rumah”. Di mana maksudnya adalah SEO yang dikerjakan oleh tim yang dipunyai perusahaan atau bisnis sendiri. Di jaman sekarang ini kebutuhan marketing bisnis penting sekali oleh perusahaan, oleh karena itulah bisa mempunyai tim marketing yang juga bisa diandalkan untuk mengelola SEO yang disesuaikan dengan visi dan misi yang dipunyai perusahaan.

Sedangkan untuk jenis lainnya yaitu SEO agency merupakan jenis yang dikerjakan oleh tim yang ada di luar perusahaan. Layanan SEO yang mempunyai fungsi utama untuk dapat meningkatkan traffic bisnis yang Anda punyai bisa didapatkan dengan menggunakan bantuan dari jasa tim yang ada di luar perusahaan. Anda bisa memilih tim SEO agency yang sudah profesional dan juga berpengalaman untuk membantu kebutuhan mencapai traffic yang bisnis Anda punyai dan mengubahnya untuk menjadi konversi yang menguntungkan.

Kelebihan dan Kekurangan SEO Inhouse

Apabila akan memilih SEO inhouse untuk bisa mendapatkan SEO dalam digital marketing yang dibutuhkan oleh bisnis mempunyai kelebihan sebagai berikut ini:

  • Kelebihan yang bisa didapatkan adalah bisa untuk lebih fokus pada bisnis yang dipunyai sesuai dengan tujuan, visi, dan juga misi yang dipunyai perusahaan. 
  • Anda juga bisa mempunyai kontrol penuh akan strategi yang digunakan untuk SEO ketika mengimplementasikannya dalam marketing online yang dilakukan.
  • Keuntungan yang terakhir adalah bisa responsif dengan perubahan yang ada di perusahaan, sehingga bisa untuk menggunakan strategi SEO yang lebih fleksibel dengan perubahan yang terjadi di perusahaan.

Sedangkan untuk kekurangan yang perlu diperhatikan adalah berikut ini:

  • SEO inhouse mempunyai kekurangan karena perlu untuk sumber daya dan juga biaya yang lebih mahal untuk dikeluarkan. Timing house akan perlu untuk membutuhkan investasi yang besar dan juga waktu yang panjang untuk melakukan marketing yang dibutuhkan.
  • SEO inhouse juga mempunyai keterbatasan keahlian yang membuat pengalaman dan pengetahuan yang dipunyai tim kurang dibandingkan tim dari SEO agency.
  • SEO inhouse juga mempunyai kekurangan dari segi teknologi dan alat yang digunakan karena disediakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya, sehingga biasanya mempunyai akses perangkat yang kurang canggih.

Kelebihan dan Kekurangan SEO Agency

Bagi yang ingin mengambil layanan dari SEO agency dalam menggunakan SEO dalam digital marketing yang dibutuhkan bisnis Anda perlu memperhatikan mengenai keuntungannya sebagai berikut:

  • Manfaat yang bisa didapatkan adalah dari biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien karena disesuaikan dengan kebutuhan yang dipunyai oleh bisnis.
  • Keunggulan yang didapatkan dari tim SEO agency yang mempunyai pengalaman dan juga pengetahuan yang luas untuk bisa membantu mendapatkan hasil SEO yang lebih terbaik.
  • Dari segi teknologi yang digunakan juga lebih canggih, sehingga membuat hasil SEO yang didapatkan akan lebih optimal bagi bisnis.
  • Keuntungan lainnya juga mempunyai fleksibilitas dalam layanan yang diberikan disesuaikan dengan permintaan yang dipunyai oleh perusahaan.
  • Hasil yang didapatkan dengan menggunakan jasa SEO agency juga akan lebih cepat karena menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Sedangkan untuk kekurangan yang dipunyai ketika memilih jasa menggunakan SEO agency adalah:

  • SEO agency akan kurang fokus karena tidak hanya mengerjakan marketing yang dibutuhkan oleh bisnis Anda, sehingga tidak membuat hasil yang eksklusif.
  • Dengan menggunakan jasa SEO agency juga membuat ketergantungan yang didapatkan, sehingga akan sering dan mengandalkan kinerja dari SEO agency untuk melakukan marketing bagi bisnis yang dipunyai.
  • Kekurangan lainnya yang perlu diperhatikan adalah kurang memahami dari visi dan misi yang dipunyai perusahaan dan hanya fokus untuk memberikan hasil yang lebih cepat untuk membuat bisnis bisa mempunyai posisi yang teratas di mesin pencarian.
  • Biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan jasa SEO bervariatif, sehingga bisa mendapatkan jasa yang mahal.

Faktor-faktor Pertimbangan dalam Memilih SEO Inhouse atau SEO Agency

Bagi yang masih bimbang untuk memilih jasa SEO inhouse atau agency dalam menggunakan SEO dalam digital marketing bisa untuk memperhatikan hal berikut ini:

  • Pertama yang perlu menjadi pertimbangan untuk memilih SEO inhouse atau agency adalah dari biaya yang dikeluarkan. Akan lebih baik untuk memperhatikan biaya yang dipunyai oleh bisnis Anda untuk mendapatkan jasa yang tepat untuk digunakan. Bagi yang mempunyai budget terbatas, akan lebih mudah untuk mendapatkan layanan dari SEO agency dengan memilih tim yang menawarkan biaya lebih murah dan paket yang tersedia.
  • Hal selanjutnya yang perlu menjadi pertimbangan untuk memilih layanan SEO adalah dari kebutuhan yang dipunyai. Apabila perusahaan membutuhkan solusi SEO dalam digital marketing yang khusus dan spesifik, maka bisa untuk membuat tim inhouse yang bisa membantu untuk mengimplementasikan SEO sebagai digital marketing dalam perusahaan, Sedangkan untuk solusi yang lebih luas bisa menggunakan jasa SEO agency yang tidak membutuhkan solusi yang spesifik dan cocok untuk semua bisnis.
  • Faktor untuk memilih SEO inhouse atau agency adalah dari jangka keperluan menggunakan layanan SEO yang dibutuhkan. Ketika mempunyai jangka panjang untuk proyek yang dibutuhkan dan juga strategi marketing untuk perusahaan, maka bisa memilih SEO inhouse. Sedangkan untuk SEO agency lebih cocok untuk kebutuhan jangka pendek meningkatkan peringkat Anda di mesin pencarian.
  • Pertimbangan terakhir adalah dari keahlian dan juga sumber daya yang dipunyai SEO inhouse dan agency. Di mana untuk keahlian dan sumber daya yang dipunyai bisa dilihat dari keunggulan dan kekurangan yang dijelaskan seperti di atas, yaitu tim SEO agency yang lebih kaya pengalaman dengan alat yang juga canggih bisa digunakan untuk mengaplikasikan SEO dalam bisnis.

Mana yang Lebih Worth It untuk Bisnis Anda?

Dari faktor untuk memilih jasa SEO agency atau inhouse, bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan jasa yang dibutuhkan oleh bisnis. Anda bisa memilihnya sesuai dengan tipe bisnis, jangka penggunaan SEO yang diperlukan, hingga juga budget yang dipunyai bisnis Anda. Bagi bisnis kecil dan juga yang mempunyai budget terbatas, bisa memilih jasa SEO agency dari Marketz. Kami menawarkan tim yang profesional dan berpengalaman untuk mengimplementasikan SEO dalam digital marketing bisnis yang Anda punyai. Hubungi Marketz sekarang juga untuk mendapatkan jasa SEO yang bisa membantu membuat website bisnis Anda berada di halaman pertama mesin pencarian.