Media untuk marketing online bisa menggunakan banyak sekali pilihan yang tersedia. Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menggabungkan digital marketing yang dapat digunakan, seperti diantaranya adalah menggunakan SEO dan juga Ads. Keduanya bisa menjadi pilihan yang melengkapi untuk membuat hasil bisnis yang didapatkan menjadi lebih optimal. Ketahui mengenai digital marketing Ads dan SEO dalam digital marketing yang akan dijelaskan lebih lengkapnya di bawah ini.
Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Cara untuk melakukan marketing yang pertama bisa dipilih adalah menggunakan SEO. SEO dalam digital marketing merupakan cara untuk melakukan optimasi keyword agar website dan juga aplikasi yang menggunakan SEO tersebut akan mudah ditemukan. Hal yang pertama dan juga menjadi ciri dari SEO adalah bisa meningkatkan trafik yang dilakukan secara organik.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara kerja SEO yang bisa untuk menentukan website untuk membantunya berada di halaman pertama dan ranking teratas di mesin pencarian. Algoritma berubah akan perlu penyesuaian yang dilakukan oleh SEO, sehingga untuk membantu algoritma bisa lebih mudah ditemukan bisa dengan menggunakan optimasi konten, dapat membuat backlink, dan juga melakukan riset untuk kata kunci yang akan digunakan.
Proses dan cara kerja SEO yang mempengaruhi algoritma tersebut akan memberikan manfaat yang bisa didapatkan sebagai berikut ini:
- Keunggulan menggunakan SEO adalah bisa marketing jangka panjang karena mempunyai biaya yang lebih efisien. Anda dapat untuk menggunakan SEO untuk bisa membantu berada di halaman pertama mesin pencarian dengan mengandalkan keyword yang dipilih dan juga berbagai hal lainnya yang membuat ranking website akan bertahan dalam jangka yang panjang.
- Manfaat yang didapatkan juga akan membuat lebih terpercaya bagi konsumen karena SEO bisa meningkatkan ranking di website dengan lebih organik.
- Manfaat yang didapatkan juga dari segi biaya yang lebih hemat dan bisa memberikan hasil yang lebih efektif untuk dilakukan.
Apa Itu Google Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Selain dengan menggunakan SEO, digital marketing selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan Ads yang umumnya bisa memanfaatkan Google Ads. Program Google Ads merupakan pemasaran yang menggunakan bantuan mesin pencarian Google untuk bisa beriklan yang juga disebut sebagai SEM dengan Google Ads bisa menggunakan sistem PPC yaitu membayar untuk jumlah klik yang akan didapatkan, bisa menggunakan pembayaran dengan kredit, dan juga bisa untuk membayar dengan keyword tertentu yang membuat calon konsumen tertarik untuk klik di website atau aplikasi yang dipunyai.
Cara kerja dari Google Ads memberikan hasil yang sementara dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan seperti berikut ini:
- Keuntungan yang bisa didapatkan mengapa bisa memilih Google Ads adalah dapat untuk membuat hasil yang didapatkan lebih instan dan juga cepat dibandingkan menggunakan SEO dalam digital marketing.
- Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih fleksibel karena bisa untuk mendapatkan target pengunjung yang didapatkan, sehingga membuat keuntungan yang didapatkan juga lebih besar dan maksimal.
- Dapat untuk membantu waktu yang dikeluarkan untuk mendapatkan target dan hasil yang diinginkan juga lebih cepat, sehingga akan lebih hemat waktu dan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih hemat.
Kelebihan dan Kekurangan SEO
Ketika memutuskan untuk menggunakan SEO dalam digital marketing mempunyai kelebihan yang bisa didapatkan, yaitu berupa:
- Dapat untuk membantu membuat biaya yang lebih terjangkau bisa dikeluarkan dengan menggunakan layanan SEO. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan membuat biaya yang lebih menghemat budget, sehingga cocok sekali untuk semua bisnis termasuk yang skalanya kecil.
- Keunggulan SEO juga bisa meningkatkan kepercayaan pengguna untuk melakukan transaksi karena dapat untuk mencapai posisi atas di pencairan dengan konten yang dipunyai.
- Keunggulan selanjutnya juga mempunyai mesin promosi yang bisa memberikan untuk bisa melakukan pemasaran 24 jam secara gratis. Hal tersebut akan membantu untuk membuat posisi ranking teratas yang dipunyai di mesin pencarian Google untuk bisnis yang Anda punyai.
- Kelebihan lainnya juga mempunyai pendapatan yang tidak terbatas karena kunjungan web yang juga tidak terbatas dengan mempunyai ROI yang lebih tinggi, sehingga membantu memberikan pendapatan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.
Sedangkan untuk kekurangan dari SEO dalam digital marketing adalah:
- SEO membutuhkan layanan dan perhatian yang khusus untuk bisa merawat website sehingga tetap mempunyai ranking teratas di mesin pencarian. Seperti dapat dilakukan dengan membangun link, membuat artikel yang berkualitas, dan juga membuat keyword yang relevan.
- Membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk bisa mendapatkan ranking yang teratas di mesin pencarian. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai di mesin pencarian adalah hingga berbulan-bulan atau minggu tergantung dari progress yang dipunyai dan juga layanan jasa SEO yang Anda gunakan.
- Adanya perubahan algoritma yang perlu untuk membuat Anda bisa tetap mengikuti relevansinya sehingga bisa untuk mendapatkan hasil ranking teratas di mesin pencairan.
Kelebihan dan Kekurangan Google Ads
Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan Google Ads, bisa untuk menikmati kelebihannya sebagai berikut:
- Bisa membantu untuk membuat Anda mendapatkan hasil yang langsung dalam waktu relatif lebih singkat. Anda bisa menghemat waktu pekerjaan karena bisa mencapai target dengan cepat.
- Keuntungan lainnya juga bisa untuk membuat target yang tercapai dan bisa membantu untuk membuat keuntungan yang besar dalam jangka waktu yang singkat, sehingga cocok digunakan untuk promosi jangka pendek.
Sedangkan untuk kekurangan yang dipunyai oleh digital marketing menggunakan Google Ads adalah berikut ini:
- Kekurangannya adalah mempunyai biaya yang tinggi perlu untuk dikeluarkan dibandingkan budget untuk menggunakan SEO.
- Anda perlu untuk mengelola iklan dengan tepat sehingga hasil yang didapatkan akan bisa sesuai dengan budget besar yang dikeluarkan.
- Iklan yang perlu untuk dibayar secara harian dan rutin atau bisa untuk membuat ranking dapat turun.
SEO vs Ads: Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?
Dengan mengenal pengertian, cara kerja, hingga juga kekurangan dan kelebihan yang dipunyai oleh bisnis SEO dan Google Ads, maka bisa untuk membandingkannya untuk bisa memilih media yang bisa dipilih sesuai dengan bisnis yang dipunyai. Bagi bisnis Anda yang membutuhkan exposure secara cepat seperti untuk bisnis baru atau memperkenalkan produk yang baru, maka bisa untuk menggunakan jasa Ads dengan Google Ads. Sedangkan bagi yang mempunyai strategi jangka panjang akan lebih cocok dengan memilih marketing menggunakan SEO.
Menggabungkan SEO dan Google Ads untuk Hasil Maksimal
SEO dalam digital marketing dan juga Google Ads bisa untuk dikombinasikan yang bisa memberikan hasil pemasaran yang lebih optimal untuk didapatkan. Kedua marketing tersebut bisa digabungkan yang bisa memberikan hasil terbaik untuk bisnis yang Anda punyai. Gunakan jasa agency Marketz yang memberikan layanan marketing terbaik dan lengkap bisa Anda pilih. Marketz bisa membantu marketing menggunakan SEO dan SEM untuk bisnis yang menggunakan tim profesional dan beragam inovasi yang ditawarkan. Hubungi Kami sekarang juga untuk mendapatkan marketing lebih mudah bagi bisnis Anda.