You are currently viewing Pengertian Promosi Digital, Keunggulan Hingga Jenis-Jenis Medianya

Pengertian Promosi Digital, Keunggulan Hingga Jenis-Jenis Medianya

Marketz.idBelakangan ini promosi digital lebih banyak diterapkan dalam dunia bisnis, dibandingkan dengan kegiatan promosi secara tradisional atau konvensional. Istilah lainnya lebih dikenal dengan nama digital marketing. Pastinya banyak yang sudah tahu bahwa kegiatan pemasaran atau promosi ini sendiri menjadi salah satu tonggak yang mendukung kesuksesan di dalam sebuah bisnis, tanpa adanya pemasaran tentunya akan sulit bagi sebuah bisnis tersebut untuk bisa berkembang menjadi lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, bahkan sangat mungkin untuk mengalami kebangkrutan.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Pengertian Promosi Digital

Pada dasarnya promosi digital ini bisa diartikan sebagai sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital atau perangkat teknologi. Sebagaimana yang sebelumnya sudah disebutkan bahwa dengan dilakukannya pemasaran secara digital ini diharapkan nantinya target market atau pasar yang dijangkau bisa jauh lebih luas dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional.

Secara umum memang tak jauh beda pemasaran digital dengan pemasaran tradisional. Hanya saja memang dengan adanya pemasaran berbasis digital maka nantinya kesempatan untuk bisnis berkomunikasi dengan konsumen secara langsung juga jadi lebih tinggi. Selain itu sebenarnya internet juga hadir tanpa batasan, sehingga memungkinkan untuk pelaku bisnis nantinya bisa menjangkau lebih banyak calon target market atau konsumen di luaran sana. 

Keunggulan Promosi Digital

Strategi promosi digital ini pada dasarnya juga punya lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan kegiatan promosi yang dilakukan secara tradisional, diantaranya adalah:

  1. Dapat menjangkau target market secara luas, faktanya sendiri dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan langsung, maka pemasaran berbasis digital atau online ini mampu untuk menjangkau pasar secara lebih besar atau luas. Mengingat media konvensional sangat terbatas siapa yang nantinya dapat melihat iklan tersebut, sedangkan internet dipakai oleh jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Maka secara otomatis nantinya target market juga akan jauh lebih banyak lagi. Sehingga produk bisa dikenal oleh masyarakat lebih luas dari berbagai negara.
  2. Meningkatkan penjualan, apalagi yang diharapkan oleh sebuah bisnis dengan melakukan pemasaran jika bukan untuk penjualannya, yaitu ditujukan agar nantinya penjualan produk menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Dimana produk menjadi lebih dikenal oleh banyak orang. Jadi nantinya masyarakat juga lebih mengenal dan yakin akan kualitas produk yang dijual tersebut, sehingga tidak ragu untuk menggunakannya. Bahkan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru juga jadi lebih besar.
  3. Menghemat anggaran pemasaran, bisa dibandingkan juga antara biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran secara tradisional, dengan biaya untuk kegiatan pemasaran secara online, jauh lebih murah ketika Anda memilih pemasaran yang dilakukan online. Contohnya saja untuk iklan, maka pembayarannya bisa dipilih mulai dari harian, bulanan sampai dengan tahunan sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.
  4. Dapat diukur hasilnya dan dievaluasi, menariknya lagi hasil dari pemasaran secara online ini juga dapat dengan mudah dilihat, bahkan juga dilakukan evaluasi apakah sudah sesuai dengan target yang diharapkan ataukah belum. Berbeda dengan pemasaran secara tradisional, dimana hasilnya kurang bisa diukur.
  5. Banyak pilihan tekniknya, promosi digital ini punya banyak pilihan teknik, tidak hanya SEO saja, melainkan juga ada iklan digital, kemudian social media marketing, konten marketing dan sebagainya. Setiap teknik pemasaran tersebut memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing dan tentunya dapat Anda lakukan evaluasi untuk menggunakan mana yang terbaik.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Jenis-Jenis Media dalam Promosi Digital

Banyak pilihan media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi digital ini, berikut ini yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda, yaitu:

  1. Website, website ini senantiasa dijadikan sebagai media utama dalam digital marketing, khusus dalam bisnis atau usaha yang skalanya sudah menengah ke atas. Hal tersebut karena website ini mudah dibuat dan dikelola, termasuk juga website ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk membuat bisnis tampak lebih profesional, dibandingkan dengan yang tidak punya website dan tentu saja kelebihan lainnya yaitu sebuah website bisa sebagai sarana untuk menjual produk Anda. Optimasi website ini dilakukan dengan mengandalkan sebuah teknik yang dikenal sebagai SEO.
  2. PPC, merupakan singkatan dari pay per click yaitu iklan yang pembayarannya dilakukan jika ada yang mengeklik atau membuka iklan tersebut, hal inilah yang membuatnya disukai karena lebih efektif serta dari segi harga juga jauh lebih hemat. Sarana yang satu ini dikeluarkan oleh Google Ads dan Anda bebas untuk memilih yang sesuai kebutuhan.
  3. SEM, ini juga termasuk layanan yang ditawarkan untuk Google, dimana nantinya website Anda akan dipromosikan dalam halaman pertama mesin pencari, jadi akan lebih mudah ditemukan, tanpa perlu repot-repot menerapkan SEO. Namun juga demikian dari segi biaya tentu ada sejumlah uang yang harus dibayarkan. Namun Anda harus menunjangnya dengan konten yang menarik, sehingga biaya yang dikeluarkan juga tidak sia-sia untuk kegiatan SEM ini, dimana nantinya user akan kembali lagi mencari website tersebut, jika memang kontennya menarik.
  4. Social media marketing, Anda juga dapat memilih pemasaran dengan mengandalkan social media, dikenal dengan nama di social media marketing. Bentuknya ada banyak mulai iklan sampai dengan konten, sekarang ini cukup marak yang melakukan promosi dengan membuat konten-konten yang berpotensi untuk viral, seperti diantaranya adalah konten dalam bentuk video. Bahkan peluang penjualan dengan mengandalkan teknik social media marketing ini jauh lebih besar dibandingkan dengan pemasaran digital yang lain. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak orang yang aktif memakai social media.
  5. Email marketing, pada dasarnya sudah cukup lama email dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pemasaran. Dimana nantinya ada pesan yang dikirim lewat surel kepada calon konsumen, umumnya pesan yang diberikan tersebut berisi promosi, sehingga menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian dengan cara mengeklik tautan yang diberikan. Biasanya email konsumen ini didapatkan pada saat melakukan pengisian data ketika Anda daftar sebagai member ataupun juga dibeli lewat database yang memperjualbelikan, sehingga ada beberapa yang ilegal.

Semua bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital ini dapat dipercayakan hanya kepada satu digital agency terpercaya, yaitu siapa lagi jika bukan Marketz. Dari sekian banyak agency digital yang ada tentunya tidak semua memberikan layanan terbaik, pastikan hanya yang sudah berpengalaman dengan layanan lengkap. Marketz ini adalah pilihan terbaiknya untuk Anda.

Marketz sejauh ini sudah menangani lebih dari 100 klien dalam berbagai skala bisnis, mulai dari mikro, UMKM sampai dengan bisnis multinational juga ada dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Jangan khawatir mengenai tarif, karena Marketz memberikan layanan dengan tarif terjangkau, bahkan ada banyak promo yang ditawarkan. Pastikan bisnis yang Anda jalani menjadi berkembang lebih besar dari sebelumnya dengan menggunakan layanan pemasaran digital hanya dari Kami, gratis sesi konsultasi juga.

Jasa Digital Marketing Marketz.id