Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda dengan SEO

Hal utama yang penting dicapai oleh sebuah bisnis baru adalah membangun brand awareness, lalu sebenarnya apakah itu brand awareness? Dapat dikatakan bahwa brand awareness ini merupakan sebuah istilah dalam pemasaran, yaitu dipakai untuk menggambarkan tentang sejauh mana konsumen bisa mengenali sebuah brand atau merk serta layanan atau produk yang dijualnya. Kenyataannya cara membangun brand awareness ini juga tidak semudah yang dibayangkan. Banyak diantaranya pelaku usaha yang mengeluarkan uang jutaan rupiah sampai dengan milyaran rupiah agar brand mereka kian dikenal oleh pasar.

Penting sebagai dasar utama yang meyakinkan masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Namun juga harus diketahui bahwa langkah membangun brand awareness ini tidak selalu secara tradisional seperti iklan media cetak dan TV, ada juga online dengan mengandalkan SEO. SEO atau search engine optimization merupakan sebuah cara untuk mengoptimasi website agar berada di halaman pertama mesin pencari. Dalam hal ini jika SEO sebuah website bisa optimal maka nantinya pengguna internet juga bisa lebih mudah mengenal merk tersebut, termasuk juga barang atau jasa yang ditawarkannya.

Langkah-Langkah SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

Cara membangun brand awareness yang pertama adalah dimulai dari teknik SEO yang tepat, tidak semua orang menguasainya karena secara proses cukup panjang, ditambah lagi memakan waktu dan pikiran, jadi jika ingin praktis bisa pilih jasa SEO. Namun untuk Anda yang ingin belajar bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  • Membuat kata kunci yang relevan, karena SEO ini bekerja berdasarkan pada kata kunci atau keyword, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan pembuatan keyword yang relevan, sesuai dengan konten yang dibuat, Anda bisa mengandalkan tools untuk melihat keyword apa yang paling banyak dicari saat ini oleh pengguna internet, pastinya yang relevan.
  • Mengoptimasi konten yang berkualitas, selanjutnya pastikan bahwa konten yang dibuat juga berkualitas, bukan asal-asalan, karena hal tersebut akan membuat pengguna internet enggan untuk membuka kembali website Anda, pastinya konten yang dibuat harus informatif dan objektif sesuai data, bukan subjektifitas penulis.
  • Membangun backlink, tahapan selanjutnya dalam cara membangun brand awareness lewat SEO ini adalah harus mau membangun backlink berkualitas, lewat beberapa platform besar yang sudah terkenal misalnya, sehingga Anda dapat membangun kredibilitas lewat tautan web yang terpercaya.

Pentingnya Mengoptimalkan On Page dan Off Page SEO

Setelah langkah-langkah dalam penerapan SEO, maka Anda dapat melanjutkan dengan optimasinya, yaitu dengan memakai dua cara, yaitu on page SEO dan off page SEO. Bagi yang belum tahu sebenarnya on page SEO ini adalah sebuah praktis yang digunakan dalam mengoptimalkan halaman website sehingga bisa mendapatkan peringkat tinggi, caranya yaitu:

  • Membuat konten yang relevan dan berkualitas.
  • Menerapkan judul dengan kata kunci relevan.
  • Menggunakan tag HTML.
  • Pemakaian gambar.
  • Internal link.
  • Memakai URL.

Sedangkan off page SEO adalah cara optimasi mesin pencari yang dilakukan di luar situs guna bisa meningkatkan peringkat situs atau website tersebut, dalam hal ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Membangun backlink yang berkualitas.
  • Mendorong pencarian yang relevan.
  • Meningkatkan keterlibatan dalam jumlah share platform social media yang lain.
  • Mengajak Kerjasama dengan influencer.

Kedua langkah tersebut baik itu on page maupun off page SEO akan membantu dalam meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Namun penting juga dilakukan pengukuran untuk brand awareness tersebut, diantaranya adalah melalui impresi atau brand mention.

Pengalaman Pengguna dan SEO untuk Brand Awareness

Cara membangun brand awareness selanjutnya adalah dengan meningkatkan pengalaman pengguna untuk lebih baik di dalam mengakses website tersebut, sehingga nantinya tidak akan ragu lagi kembali ke website Anda untuk mencari informasi. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  • Meningkatkan UX yang ada di dalam situs Anda, cara yang satu ini nantinya akan membantu dalam memberikan pengalaman positif serta membuat pengguna jadi lebih loyal dengan brand Anda. Sudah ada beberapa brand Indonesia terkenal yang berhasil meningkatkan awareness dengan menggunakan UX ini, salah satunya yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda adalah ERIGO. Brand ini terkenal karena menggunakan strategi UX dan membuat banyak pelaku usaha tertarik untuk mencobanya.
  • Situs harus optimal, baik itu dari segi kecepatannya yang tinggi, tidak membuat pengguna menunggu lama untuk membuka website tersebut, kemudian secara navigasi juga harus mendukung, serta tidak hanya pas dibuka lewat PC, melainkan juga bisa mobile friendly, karena rata-rata masyarakat saat ini mengakses lewat perangkat smartphone. Jika hanya friendly digunakan untuk perangkat PC, pengguna internet tidak akan datang lagi untuk mengakses website Anda.

Mengukur Brand Awareness Dari Upaya SEO

Tidak sekedar cara membangun brand awareness saja, melainkan sampai tahapan akhir juga harus diukur bagaimana hasilnya, apakah efektif untuk diterapkan dalam bisnis Anda ataukah tidak, diantaranya adalah dengan mengikuti langkah pengukuran berikut ini, yaitu:

  • Menggunakan Google Analytic, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu, kemudian tambahan kode pengukuran JavaScript pada setiap halaman dan tambahkan kode pelacakan ID. Ada banyak jenis data yang bisa Anda dapatkan dari Google Analytic ini diantaranya adalah traffic website, jumlah pengguna, jumlah tampilan halaman hingga channel.
  • Gunakan Google Search Console. Langkah lain yang banyak diterapkan oleh para praktisi SEO adalah dengan memakai Google search Console yang dapat digunakan untuk memantau visibilitas organic. Jangan khawatir karena tools yang satu ini gratis alias tidak berbayar dari Google yang bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Nantinya Google akan membantu dalam memantau, mengelola hingga memecahkan masalah yang ada dalam situs website Anda.
  • Pengukuran lewat impresi, selain dengan menggunakan kedua tools di atas, maka Anda juga dapat melakukan pengukuran tersebut dengan mengandalkan impresi, caranya adalah dengan melihat waktu rata-rata kunjungan pengguna internet di halaman website Anda maupun juga melalui bounce rate, apakah tinggi atau tidak, jika konten tidak relevan biasanya bounce rate akan tinggi.

Itulah diantaranya beberapa cara membangun brand awareness yang dapat diterapkan dalam bisnis, agar semakin dikenal banyak orang, khususnya lewat pemasaran digital. Anda cukup percayakan kegiatan membangun brand awareness ini hanya kepada Marketz, panjang ceritanya dan butuh waktu lama jika ingin melakukan pemasaran sendiri, jadi lebih praktis menggunakan jasa yang sudah terpercaya.

Marketz adalah perusahaan digital marketing terkenal di Indonesia yang sudah melayani lebih dari 100 klien dari berbagai skala bisnis, mulai dari yang kecil sampai besar berskala internasional, lewat berbagai produk yang kami tawarkan. Informasi lebih lengkapnya bisa langsung cek melalui website kami atau hubungi customer service. Temukan panduan untuk menentukan target / goal SEO yang sejalan dengan pertumbuhan bisnis Anda.