You are currently viewing Tips Sukses Bekerja dengan Algoritma Instagram dan Cara Kerjanya

Tips Sukses Bekerja dengan Algoritma Instagram dan Cara Kerjanya

Marketz.id – Algoritma ialah sebuah langkah tersusun yang secara tertulis dan berurutan. Digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Sedangkan Instagram adalah aplikasi jejaring sosial untuk berbagi postingan seperti photo maupun video kepada follower atau viewer dengan berbagai filter. Jadi yang dimaksud dengan algoritma Instagram adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk menentukan konten terbaik yang sering dilihat penggunanya.

Saat membuka feednya, para pengguna Instagram yang melihat konten Anda akan otomatis terlihat dan terhitung oleh algoritma tersebut. Sehingga di sini algoritma sangat memiliki peran penting untuk membuat para pengguna melihat konten Ands. Algoritma sebuah Instagram dibuat dengan kecerdasan buatan, hal itu akan mempengaruhi perkembangan cara menampilkan konten .

Mengetahui Cara Kerja Algoritma Instagram

Saat sedang melakukan pemasaran digital (digital marketing) algoritma mempunyai peran penting dalam Instagram. Bahkan Feed setiap pengguna juga diatur sesuai dengan algoritma yang telah dibuat oleh Instagram. Ada tiga hal yang dapat mempengaruhi cara kerja algoritma pada Instagram, antara lain adalah:

Relationship Atau Hubungan

Saat membuka Instagram, Feed yang akan muncul pertama kali adalah postingan dari akun yang paling akhir berinteraksi dengan anda. Disinilah algoritma bekerja, dengan menonjolkan postingan yang sebelumnya sudah saling terhubung dan berinteraksi seperti like, DM, tag, komentar, dan sebagainya. Misi algoritma Instagram adalah bagaimana membuat orang menghabiskan waktunya di aplikasi mereka.

Interest Atau Ketertarikan

Untuk membuat pengguna semakin tertarik setelah menikmati postingan sebelumnya, maka pada sesi selanjutnya, algoritma akan menunjukkan jenis postingan yang sama. Misalnya, pengguna Instagram sering komentar, likes, atau melakukan pencarian pada gambar maupun video tentang tentang suatu produk yang Anda tawarkan. Maka saat pengguna membuka feed, postingan dengan tema produk tersebut akan kembali muncul di beranda mereka.

Timeliness

Ketepatan waktu saat memposting memiliki peranan penting termasuk mengunggah konten yang relevan dengan minat followers agar bisa bertahan lama. Saat ini algoritma Instagram masih menerapkan aturan tentang kecenderungan yang sering muncul di feed pengguna Instagram adalah postingan terbaru. Selain ketiga kriteria di atas, Anda juga harus memperhatikan frekuensi penggunaan dan akun-akun yang Anda ikuti.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Tips Sukses Bekerja dengan Algoritma Instagram

Jika Anda ingin sukses dan bekerja lebih maksimal dengan algoritma di Instagram, beberapa tips berikut ini mungkin bisa Anda coba

Konsisten Melakukan Posting

Jika Anda konsisten dalam memposting sesuatu di Instagram, maka akan memancing interaksi pengguna lain terhadap unggahan Anda. Selain itu, Anda akan lebih terjangkau oleh pengguna dan Anda akan dengan mudah beradaptasi dengan algoritma Instagram mereka.

Dengan menyesuaikan data insight, Anda dapat membuat kalender konten yang baik. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten di Instagram. Namun perlu mengingat bahwa performa masing-masing akun berbeda.

Analisis Akun Anda

Menganalisis akun data juga akan mempermudah Anda dalam mengetahui tentang audiens yang Anda miliki secara lebih dalam. Termasuk tentang aktivitas audiens dan data diri mereka, misalnya tentang kapan mereka online, berapa usia mereka, bahkan jenis kelamin mereka. Semuanya akan terbaca dengan mudah pada data yang ada dalam insight.

Anda akan mendapatkan fitur insight sesuai dengan akun yang Anda ikuti di Instagram. Misalnya Anda mengalihkan akun Instagram Anda ke akun bisnis atau kreator, maka Anda akan mendapatkan dapatkan fitur insight dari akun tersebut. Fitur insight berfungsi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten Anda terhadap audiens, baik video maupun kunjungan yang datang dari hashtag.

Memposting Ulang Konten yang Menarik

Jika Anda sudah memiliki kalender konten yang baik, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memposting ulang konten yang menarik bagi followers. Dengan Anda memposting ulang konten-konten yang menarik, maka Anda memiliki peluang besar untuk berinteraksi. Hal itu akan sangat membantu Anda mendapatkan lebih banyak kunjungan baru di akun Anda.

Berikan Reward pada Audiens

Dalam penerapan strategi digital marketing di Instagram, kita bisa melakukan banyak cara untuk memperoleh lebih banyak traffic dan interaksi. Sebagai contoh adalah dengan cara memberikan hadiah atau reward, baik berupa uang maupun dalam bentuk UGC kepada audiens.

Dengan merepost atau memposting ulang dari kontens audiens, algoritma Instagram pun bekerja dan Anda akan mempercepat Anda dalam menghasilkan konten baru. Hal itu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi audiens, sehingga hubungan Anda dengan mereka akan lebih kuat.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Berkolaborasi

Cara bekerja dengan algoritma Instagram berikutnya adalah berkolaborasi dengan influencer di Instagram, akan memperluas jangkauan akun digital business yang Anda miliki. Agar kolaborasi yang lakukan bisa saling melengkapi dan memberikan keuntungan, maka sebaiknya Anda mencari dan menemukan orang yang sesuai dengan audiens Anda.

Membangun Hubungan yang Berkualitas

Membangun hubungan yang berkualitas dengan follower Anda di Instagram, akan mempercepat perkembangan akun Anda. Beberapa hal yang harus Anda lakukan antara lain dengan cara memberikan atau mengajukan pertanyaan kepada mereka. Melalui caption maupun story di Instagram, memungkinkan Anda untuk terhubung langsung dengan audiens.

Cara berikutnya adalah dengan merespon balik pesan dari pelanggan, baik melalui DM maupun kolom komentar. Lakukan sesegera mungkin dengan menggunakan bahasa yang baik. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan akun lain, dengan memberi like atau komentar pada akun lain yang sesuai dengan tema Anda.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Untuk mengelompokkan jenis konten pada platform, pengguna Instagram menyematkan hashtag. Dalam akun Instagram, semakin populer sebuah hastag, maka akan mendapat peluang besar orang mencari menggunakan tagar tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu menyematkan hashtag yang tepat pada setiap postingan Anda.

Pada saat Anda melakukan hashtag, Anda juga harus sering-sering melakukan riset, hal ini untuk menanggulangi akun Anda agar tidak terkena banned. Sebab ada beberapa hastag yang bisa memberi pengaruh negatif terhadap akun Anda.

Lakukan Postingan pada Waktu yang Tepat

Penting sekali melakukan postingan pada waktu yang tepat dan terbaik untuk memposting konten baru. Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui kebiasaan dari audiens, kapan mereka online. Saat itulah sebaiknya Anda memposting akun Anda, atau sesuaikan dengan kalender data yang ada pada akun Anda.

Beberapa tips di atas merupakan sedikit gambaran bagi Anda tentang algoritma Instagram untuk memaksimalkan kinerja Anda di Instagram. Dengan mengoptimalkan penggunaan Instagram secara tepat sesuai algoritma, akan sangat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang pesat di kalangan generasi milenial pada era digital ini. 

Tips Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Gunakan konten yang berkualitas untuk menembus algoritma Instagram, agar banyak peminat saat kontenmu muncul di beranda.

Lakukan konsistensi postingan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk mempromosikan produk Anda, baik di Instastory.

Evaluasi performa Instagram menggunakan Instagram Analytic tentang postingan yang paling banyak pengunjungnya dan pembaruan pengaturan algoritma. Kunjungi web https://marketz.id/ untuk mendapatkan informasi tentang jasa konten instagram dan jasa optimasi instagram lebih lengkap seputar algoritma Instagram.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Riandra Alkautsar

Digital Marketing Expert at Marketz Digital Agency, Specially in SEO (Search Engine Optimization)