Sales Funnel, Strategi Jitu Meningkatkan Omset untuk Pemilik Bisnis Digital 

Sales Funnel, Strategi Jitu Meningkatkan Omset untuk Pemilik Bisnis Digital 

Apabila Anda memiliki bisnis yang mengandalkan platform digital sebagai sarana pemasarannya maka Anda wajib memahami apa itu sales funnel. Dalam digital marketing sendiri, sales funnel memiliki peranan yang cukup penting untuk dapat mendongkrak pendapatan bisnis Anda dari customer yang tepat melalui platform digital.

Sebelum melakukan pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya apabila kita mengetahui apa itu sales funnel secara mendasar.

Apa itu sales funnel?

Secara mendasar, sales funnel merupakan sebuah strategi dalam digital marketing yang mengandalkan proses. Proses yang dimaksud disini adalah proses perjalanan customer (customer journey) dalam setiap penjualan, yang dimulai dari banyaknya calon customer yang kemudian berakhir dengan customer yang lebih sedikit.

Jangan dulu pesimis dengan jumlah customer yang lebih sedikit ini karena dalam prosesnya, customer yang lebih sedikit ini justru memiliki kualitas yang baik. Yang dimaksud dengan kualitas baik disini adalah para customer yang bisa dikatakan sudah pasti melakukan transaksi pembelian produk jasa/barang yang Anda tawarkan.

Cara mendapatkan customer yang berkualitas inilah yang disebut dengan sales funneling. Dengan melakukan metode ini, Anda seolah seperti melakukan proses seleksi terhadap calon customer Anda. Dimulai dari bagaimana Anda mendapatkan traffic pada platform digital Anda, dilanjutkan dengan proses interaksi untuk meyakinkan customer hingga akhirnya terjadilah transaksi. 

Bahkan bukan tidak mungkin apabila merasa puas dengan barang/jasa yang Anda tawarkan, para customer tersebut dapat menjadi customer setia Anda yang akan kembali  melakukan transaksi dengan Anda (repeat order) dimasa yang akan datang.

Tahapan dalam sales funnel

Dalam sales funneling terdapat beberapa tahapan yang akan dilalui oleh customer Anda sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Beberapa tahapan ini biasa disebut dengan customer journey. Jumlah tahapan yang dilalui bisa berbeda-beda tergantung dari bisnis yang Anda jalankan. Namun secara garis besar tahapan-tahapan yang dilalui hampir sama, berikut adalah beberapa tahapannya:

Awareness / Kesadaran

Pada tahap awal ini, Anda akan berusaha memikat calon customer Anda untuk pertama kalinya dengan membuat mereka menyadari akan keberadaan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Interest / Ketertarikan

Setelah mereka sadar akan keberadaan Anda, pada tahap kedua ini adalah bagaimana Anda membuat mereka tertarik dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Pada tahap ini Anda harus melakukan approaching atau pendekatan yang tepat.

Decision / Keputusan

Setelah melalui proses approaching atau pendekatan yang tepat Anda dapat mengetahui sejauh mana ketertarikan customer terhadap produk/jasa yang Anda tawarkan. Disinilah saatnya Anda memberikan penawaran terbaik yang dapat mempengaruhi customer Anda dalam mengambil keputusan. 

Action / Aksi

Setelah melalui beberapa tahapan di atas, tujuan akhir dari proses sales funneling ini adalah membuat customer melakukan transaksi. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa tujuan dari sales funneling ini adalah seperti melakukan proses seleksi. Seleksi di sini dapat diartikan sebagai proses untuk mendapatkan customer yang berkualitas sehingga proses sales funneling ini lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas.

Apabila digambarkan dalam suatu bentuk bagan, maka proses sales funneling ini kurang lebih akan terlihat seperti ini: 

Mengapa sales funnel dibutuhkan?

Dalam digital marketing, sales funnel memegang peranan penting dan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Mengapa? Karena dalam digital marketing antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, sehingga proses interaksi mutlak dilakukan dengan bantuan media digital seperti website, media sosial, marketplace, dan berbagai platform digital lainnya.

Pada umumnya, orang yang baru saja menemukan produk/jasa Anda untuk pertama kalinya tidak akan langsung tertarik dan melakukan pembelian. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor namun biasanya karena mereka lebih kepada belum siap untuk membeli.

Untuk menghadapi situasi seperti ini, hal paling tepat yang dapat Anda lakukan sebagai penjual adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan calon customer tersebut sehingga mereka lebih mengenal tentang produk/jasa yang Anda tawarkan. Disinilah proses sales funnel memainkan perannya. 

Walaupun bisa dikatakan memakan cukup banyak waktu untuk menjalankannya, melalui proses sales funneling ini Anda dapat mengidentifikasi kendala-kendala apa saja yang dialami oleh calon customer Anda dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi. Sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk mereka sekaligus menjadi problem solver atas masalah yang mereka alami.   

Dengan menjalankan konsep sales funneling ini, Anda telah menerapkan metode yang tepat dalam menjalankan bisnis Anda di dunia digital. Karena dalam digital marketing, selain untuk mendapatkan customer yang berkualitas, sales funnel juga dapat membantu untuk meningkatkan omset penjualan usaha Anda sehingga meraih profit yang berlipat. 

Marketz.id, partner digital marketing yang tepat dalam menjalankan sales funnel

Dalam digital marketing, dibutuhkan penerapan konsep pemasaran yang tepat dan efektif untuk dapat meraup profit sebanyak-banyaknya, tak terkecuali dalam menjalankan strategi sales funnel. Apabila Anda adalah pelaku bisnis di dunia digital dan belum sempat menerapkan strategi sales funnel untuk bisnis Anda, maka segera lakukanlah konsultasi dengan pakar digital marketing untuk menjalankannya.

Dan apabila Anda masih bingung atau ragu untuk menghubungi pakar digital marketing mana yang terpercaya, maka ada baiknya Anda menghubungi Marketz.id. Marketz.id merupakan digital agency terpercaya yang telah berpengalaman membantu berbagai klien dalam melakukan pemasaran digital secara tepat dan efisien.

Marketz.id memiliki tim yang telah berpengalaman di dunia digital dengan berbagai klien besar seperti Panasonic, Grahafoods, Drakuli Games Store, dll. 

Presiden Joko Widodo pernah mengungkapkan bahwa sekarang, data lebih berharga daripada minyak. Data is the new currency” ungkap beliau. Oleh karena itu Dalam usahanya membantu para klien di dunia digital, Marketz.id lebih berfokus pada data. Hal ini mengingat pada era yang serba digital seperti sekarang ini, data merupakan aspek yang sangat vital yang menjadi fondasi bagi kelangsungan bisnis Anda di dunia digital. 

Dengan pengolahan data yang tepat, Marketz.id berfokus pada 3 hal utama untuk mencapai 3 tujuan utama yang diinginkan: 

Segera hubungi Marketz.id dan dapatkan DAPATKAN 30 MENIT PHONE CALL + FREE DIGITAL RESEARCH eksklusif dari tim Marketz.id!  

Leave a Reply