Agar website Anda lebih mudah ditemukan, maka penting menggunakan keyword yang tepat dan juga relevan di website tersebut. Untuk memilih keyword yang tepat perlu melakukan riset terlebih dahulu dan juga meletakkannya di posisi yang tepat. Jangan sampai memberikan keyword yang berlebihan di tulisan Anda yang bisa untuk menimbulkan spam yang mengganggu pembaca. Untuk bisa menempatkan keyword tersebut, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai keyword istilah keyword density pada SEO.
Keyword density adalah jumlah kata kunci yang digunakan di artikel atau konten di website. Sebutan lainnya adalah keyword frequency yang dapat untuk mengatur mengenai frekuensi kata kunci yang akan dimasukkan ke dalam artikel. Keyword density sendiri dapat digunakan untuk mengatur berapa banyak kata kunci yang dimasukkan, sehingga membuat penggunaannya akan lebih optimal. Pentingnya keyword density dalam SEO sendiri bisa berdampak untuk mencegah terjadinya keyword stuffing, menghindari penalti, bisa mengurangi bounce rate, dan juga dapat meningkatkan traffic website secara alami.
Sejarah Penggunaan Keyword Density dalam SEO
Fungsi yang dipunyai keyword density adalah bisa memberikan informasi akan kata yang disebutkan dalam artikel. Di mana untuk keyword density tersebut akan memberikan nilai tinggi dengan keyword yang paling sering digunakan. Anda bisa untuk mendapatkan hasil keyword density SEO yang ideal apabila nilainya adalah 1,0-2,0% dari artikel yang dipunyai. Mesin pencari akan dapat untuk membuat keyword yang berlebihan digunakan sebagai spam di halaman yang membuatnya akan sulit menjadikan website berada di halaman pertama mesin pencarian.
Fungsi dari keyword density adalah dapat untuk membuat mesin pencari untuk bisa mengerti konten yang dibuat dengan tidak adanya kata kunci atau keyword yang digunakan secara berlebihan. Apabila mempunyai keyword density yang ideal, maka juga bisa meningkatkan peluang untuk menjadi peringkat teratas di mesin pencarian. Akan tetapi hal yang juga perlu diketahui di masa modern ini adalah Google atau mesin pencari yang banyak digunakan oleh orang-orang akan lebih fokus pada kualitas dan juga relevansi konten yang dipunyai oleh website.
Mengatur berapa banyak keyword yang diletakkan pada konten justru akan membuat keyword stuffing atau terlalu banyak keyword yang digunakan. Dengan konten yang mempunyai keyword stuffing tersebut akan bisa membuat konten yang terkesan tidak natural untuk dibaca, sehingga juga mengurangi minat pengunjung hingga akan bisa membuat traffic kunjungan di website juga menurun.
Mitos: Apakah Keyword Density Masih Penting untuk SEO?
Fungsi dari keyword density mempunyai intensi atau manfaat yang baik untuk bisa membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian Google. Keyword density juga dahulu digunakan di dalam SEO yang bisa membantu untuk membuat konten yang berkualitas karena bisa menentukan jumlah kata kunci yang tepat untuk dimasukkan dalam artikel yang dibuat. Akan tetapi teknologi terus berkembang, termasuk juga algoritma di mesin pencari Google yang juga berevolusi.
Mesin pencarian sekarang ini mempunyai banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa membuat posisi website berada di ranking atas atau berada di halaman pertama, yaitu dengan menggunakan langkah berikut ini:
- Pertama adalah dengan menekankan untuk bisa membuat isian konten yang sesuai dengan tujuan yang dipunyai. Untuk bisa meningkatkan peringkat website di mesin pencari penting untuk membuat konten yang berkualitas yang dapat meningkatkan pengunjung dan traffic yang didapatkan.
- Membuat konten yang relevan dan menarik juga merupakan hal yang dapat dilakukan, sehingga membuat pengunjung yang bisa menemukan apa yang dicarinya dengan mudah dan bukan mendapatkan kekecewaan karena konten yang diberikan tidak relevan dengan pencarian.
- Bisa fokus untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang bisa dilakukan dengan memperhatikan off page SEO seperti meningkatkan kecepatan website.
Dampak dari Over Optimization Keyword
Dampak dari optimasi keyword yang dilakukan dengan berlebihan menggunakan keyword density adalah dapat untuk menciptakan keyword stuffing. Kata kunci yang dibuat berlebihan tersebut sekarang ini tidak sesuai dengan teknik SEO karena dapat untuk membuat konten yang tidak terkesan natural.
Sebelumnya biasanya kata kunci merupakan hal yang penting sekali untuk diperhatikan, sehingga bisa untuk membuat kata kunci yang relevan sesuai dengan target pasar. Akan tetapi keyword stuffing tersebut bisa membuat keyword yang ditempatkan secara berulang, sehingga membuat konten yang sulit dipahami oleh pembaca. Hal tersebut akan membuat website bisa mendapatkan penalti dari mesin pencari.
Presentase kata kunci yang terlalu tinggi di dalam artikel atau konten yang dibuat akan bisa untuk membuat masalah ketika hanya fokus saja pada keyword density. Di mana untuk bisa membuat konten yang natural dan kata kunci tidak spam merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Oleh karena itulah jangan terlalu fokus dengan menggunakan keyword density, akan tetapi bisa untuk membuat kata alternatif yang relevan.
Praktik SEO yang Lebih Baik Daripada Fokus Pada Keyword Density
SEO yang dapat dilakukan selain dengan memperhatikan berapa banyak kata kunci yang dimasukkan juga bisa fokus untuk berbagai hal lainnya. Di mana yang paling penting dari SEO agar membuat website bisa berada di ranking pertama adalah dengan memperhatikan kualitas konten yang diberikan sehingga bisa membantu pengunjung untuk mendapatkan solusi akan kebutuhannya.
Selain banyaknya jumlah keyword yang dimasukkan, konten juga akan bisa terkesan natural ketika menggunakan kata yang lebih natural, bisa menggunakan sinonim, dan juga keyword yang relevan dengan konten. Oleh karena itulah SEO yang Anda gunakan tidak hanya perlu fokus pada keyword density saja untuk mendapatkan hasil konten yang lebih berkualitas.
Tools yang Dapat Digunakan untuk Memantau Keyword Placement
Untuk bisa memperhatikan kata kunci relevan dan ideal yang bisa didapatkan, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengukur keyword density adalah sebagai berikut ini:
- SEO Review Tools merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk bisa menunjukan kata kunci dan juga tingkat dari kemunculannya.
- Copywritely merupakan pilihan tools selanjutnya yang bisa membantu untuk mengukur kata kunci agar bisa membantu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.
- SEObook juga bisa menjadi alat untuk mengukur kata kunci yang digunakan untuk bisa mengambil data kunci dan juga melakukan analisa pada konten yang dipunyai sehingga bisa mendapatkan konten yang lebih baik.
Fokus Pada Kualitas, Bukan Kepadatan Kata Kunci
Kesimpulan yang bisa diambil keyword density adalah bukan lagi indikator kesuksesan SEO yang membantu untuk meningkatkan peringkat website bisnis Anda. Akan tetapi konten yang berkualitas merupakan faktor utama untuk membuat website berada di halaman pertama mesin pencarian. Marketz bisa membantu untuk mencapai tujuan berada di halaman pertama mesin pencarian dengan teknik yang aman digunakan.
Marketz mempunyai tim yang profesional dan kreatif agar membuat kunjungan yang meningkat di website Anda dan memberikan konversi yang lebih menguntungkan. Hubungi Kami sekarang juga dan konsultasi segera secara gratis cukup di website Marketz. Baca tips SEO lainnya untuk memastikan strategi Anda relevan dengan algoritma Google terbaru.