Mau Membesarkan Bisnismu Secara Online? Strategi Digital Marketing Solusinya!

Mau Membesarkan Bisnismu Secara Online? Strategi Digital Marketing Solusinya!

Strategi Digital Marketing – Semua pebisnis pasti ingin melakukan scaling business atau membesarkan bisnis secara online. Hanya saja, migrasi dari toko konvensional offline menuju online tidak semudah itu, karena cara pemasaran online jauh berbeda dengan offline. Goals-nya adalah bagaimana cara membuat framework campaign yang berhasil dengan platform yang tepat. Kalau ini yang kamu cari, artikel ini bisa membantu kamu menemukan jawabannya. Yuk kita pelajari Bersama.

Apa Itu Digital Marketing?

Mudahnya, digital marketing bisa diartikan sebagai memasarkan bisnis kamu secara online. Sudah paham ya pengertian digital marketing. Sekarang, kamu punya pilihan apakah mau belajar dan mempraktekkan digital marketing sendiri. Atau mau pilih menyewa agency pemasaran digital yang menawarkan layanan digital marketing. Seperti SEO, pemasaran media sosial, dan metode pemasaran digital lainnya.

Silahkan buat keputusannya setelah kamu membaca keseluruhan konten ini ya. Di pembahasan selanjutnya, kami akan memaparkan beberapa jenis pemasaran digital sehingga kamu bisa memilih strategi digital marketing mana yang paling menguntungkan, mudah dipraktekkan, dan bujetnya terjangkau. Berikut ulasannya;

5 Strategi Digital Marketing untuk Membesarkan Bisnismu Secara Online

Berikut telah kami sediakan lima list strategi digital marketing yang sering dipakai para pebisnis yang siapa tahu cocok dengan kapasitas bisnismu saat ini:

1. Blog Marketing

Teknik strategi digital marketing pertama yang bisa kamu terapkan adalah bekerjasama dengan blogger baik itu berbasis komunitas maupun individu. Pemasaran digital melalui blog bisa membantu bisnis kamu menghasilkan lebih banyak prospek potensial.

Bagaimana goals mendapatkan prospek terjadi? Mari kami jelaskan, sebelum seseorang membeli produk atau layanan jasa milikmu, ada yang Namanya; customer journey

Pertama, calon pelanggan mendapatkan exposure tentang nama brand bisnis kamu lewat pencarian google, misalnya intensi calon prospek adalah menemukan jasa digital marketing terbaik 2021. Kebetulan, blog yang bekerjasama denganmu berhasil tembus ke halaman teratas no 1 di google. 

Kedua, menyoal poin pertama diatas, begitu calon prospek mendapatkan eksposur ulasan tentang bisnis kamu melalui halaman pencarian, besar kemungkinan dia akan mengklik halaman tersebut dan mencari informasi mendalam terkait produk atau jasa yang kamu jual. Pada tahap ini, mereka masih masuk kategori cold market. Ketika muncul ketertarikan setelah membaca ulasan bisnis kamu, dia akan mengunjungi web utama yang menjual produk atau jasa yang ia mau beli.

Last but not least, kita masuk pada fase customer journey terakhir. Kalau calon prospek sampai rela mengunjungi website bisnis kamu dari hasil blog marketing yang kamu jalankan, dia sudah ada pada fase warm market. Biasanya dia akan mencari produk yang dicari, membandingkan benefit yang didapatkan dari list produk, kalau terjadi pembelian, well, we have to say to you; congrats! Prospek tersebut sudah jadi hot market yang bisa kamu prospek terus untuk melakukan repeat order. Dare to try blogging marketing? Yuk kerjasama dengan blogger untuk membesarkan bisnismu secara online.

2. Sosial Media Marketing

Pilih sosial media yang ramai penggunanya seperti viral campaign melalui hastag twitter dengan puluhan ribu retweet, di-endorse selebgram agar followernya mau membeli jasa atau produk yang kamu jual. Atau bisa juga mengedukasi market terlebih dahulu dengan konten microblogging di lintas platform mulai dari Instagram, linkedin, twitter, telegram, bahkan whatsapp.

Jenis digital marketing kedua ini harus selalu up-to-date dengan tren terkini dan algoritma sosial media yang kamu gunakan. Punya divisi atau tim manajemen sosial media yang baik sehingga bisa memproduksi banyak konten yang bisa menggaet engagement tinggi dan konversi penjualan. Bingung karena belum punya tim kompeten di bidang ini, kamu bisa sewa jasa agency digital marketing, Marketz.id misalnya.

3. Email marketing

Bisa dibilang Email marketing adalah strategi digital marketing tertua yang pernah ada dan terus relevan sampai saat ini. Nyatanya dari jaman pertama kali internet ditemukan dan fitur surat menyurat elektronik, email selalu digunakan sebagai prasyarat membuat akun sosial media, website, dan akun platform lainnya.

Metode campaign-nya juga cukup mudah, kombinasikan dengan list building atau database email pelanggan, lakukan blast marketing tertarget pada pelanggan yang sudah kenal, tahu, dan membeli produkmu. Dengan begitu, conversion rate dari campaign email marketing bisa lebih berpeluang untuk mendapatkan repeat order dari pelanggan setiamu.

4. Pakai Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Iklan meski bagi sebagian orang menjengkelkan, tapi bila dikemas dengan copy dengan hook yang bisa menarik atensi calon prospek malah bisa memberikan peningkatan penjualan lho. Kamu bisa menggunakan google ads supaya iklan milikmu tampil di jaringan publisher google yang tersebar luas di seluruh dunia, termasuk Indonesia melalui platform website, blog, dan youtube. Bisa juga gunakan facebook ads dan layanan periklanan lainnya, pilih yang memberikan hasil maksimal dalam aspek penjualan dan fokuslah disitu.

5. Jadi No 1 di Halaman Pencarian Google dengan Trik Search Engine Optimization (SEO)

Anak kecil, remaja, orang dewasa, hingga orang tua kamu tahu google dan menggunakannya setiap hari untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Bisa saja ayahmu butuh jasa digital marketing maka dia mengetikkan kata kunci; “jasa digital marketing terbaik 2021” di bar pencarian google dan muncul website agency Marketz.id misalnya, maka ayahmu akan mengujungi web tersebut.

Begitulah kiranya gambaran seperti apa cara kerja SEO. Kalau kamu menggunakan Teknik SEO, goals yang harus kamu capai adalah mengoptimasi website milikmu supaya bisa muncul di halaman 1 google, kalau indikator pencapaian ini bisa kamu raih, well, that’s mean your SEO marketing is work.

Untuk bisa jadi no 1 di google, kamu perlu mengoptimasi website milikmu dengan seo on page. Simpelnya, kamu mengoptimasi isi di dalam website yang kamu kelola, mulai dari membuat konten SEO friendly yang sudah dioptimasi SEO, meningkatkan kecepatan website, membuat navigasi yang mudah agar pengguna bisa mengakses keseluruhan konten di web, menghancurkan semua broken link agar Kesehatan web tetap terjaga, dan optimasi internal lainnya.

Optimasi selanjutnya, kamu bisa perkuat seo on page dengan kombinasi seo off page. Mudahnya, seo off page adalah teknik seo yang dilakukan diluar website, mencari backlink dari situs kredibel dengan DA, PA, dan DR tinggi misalnya. Namun, perlu diingat bahwa kamu jangan melakukan spam dengan menginjeksi link pada web orang lain melalui kolom komentar soalnya trik ini sudah basi, nggak berpengaruh apa-apa, dan bisa merusak reputasi website kamu.

 

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada teman-teman pembaca yang sudah membaca artikel ini hingga tuntas. Setelah membaca tulisan ini, kami berharap kamu bisa menentukan platform yang tepat untuk eksekusi strategi digital marketing yang kamu banget. Supaya kamu bisa membesarkan bisnismu secara online. Kalau ada kendala saat melakukan digital marketing, nggak usah sungkan-sungkan minta bantuan kami ya. Marketz.id, akan selalu siap dan bersedia membantu digital marketing kamu sampai berhasil.

Leave a Reply