You are currently viewing Marketing Funnel dalam Pengembangan Digital Marketing

Marketing Funnel dalam Pengembangan Digital Marketing

Marketz.id – Marketing funnel bisa memberikan kemudahan untuk Anda dalam mengetahui bagaimana pelanggan memutuskan untuk menggunakan produk. Anda bisa merancang strategi sesuai dengan keinginan, dengan menggunakan sistem ini dengan lebih mudah.

Sistem ini, cukup penting dalam dunia digital marketing, karena bertujuan untuk menangani tahapan pelanggan. Sehingga tidak jarang banyak wirausaha yang menggunakannya untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Agar Anda bisa memahami sistem marketing ini dengan baik, kami akan memberikan pembahasanya untuk Anda. Sehingga Anda bisa mengembangkan usaha, dan bisa menjadi wirausaha maju dengan usaha yang terus berkembang.

Mengenal Marketing Funnel dalam Digital Marketing

Ingin mendapatkan penghasilan banyak, namun tidak ingin membuang-buang banyak uang, maka Anda bisa mendirikan sebuah usaha mandiri seperti online shop. Usaha seperti ini, sangat banyak peminatnya, karena praktis dan mudah untuk dilakukan.

Meski begitu, Anda juga harus tahu bagaimana untuk cara untuk mengembangkan usaha tersebut. Dalam proses pengembanganya, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Mengetahui minat dan tahapan pemesanan, perlu Anda ketahui.

Penyusunan strategi yang baik, dengan mengedepankan berbagai keinginan pelanggan bisa memudahkan dalam mengembangkan perusahan. Ada juga berbagai sistem yang bisa Anda gunakan, seperti sistem marketing funnel.

Funnel adalah sistem yang membantu dalam memahami sebuah proses pembelian seorang pelanggan, dari awal hingga akhir pembayaran. Sistem ini, perlu dipahami agar Anda bisa membuat mekanisme konversi yang diinginkan.

Kali ini, kami juga akan memberikan berbagai pemahaman mengenai sistem marketing ini untuk Anda. Agar Anda bisa membuat strategi yang sesuai dengan konsumen, sehingga bisa membuat usaha semakin berkembang.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Apa yang Dimaksud dengan Funnel dalam Bisnis?

Marketing funnel merupakan sebuah sistem yang berfungsi, menjelaskan tahapan yang dilalui oleh pelanggan. Hal ini akan menjangkau banyak tahap mulai dari awareness hingga pembelian produk.

Seperti, ketika Anda mendirikan sebuah usaha dan menjelaskan mengenai tahap dari pertama kali konsumen mendengar melakukan block atau media sosial. Hingga, berhasil menarik perhatian konsumen, sehingga melakukan pembelian produk Anda dan akhirnya menjadi pelanggan.

Sistem marketing funnel, bisa menghasilkan visibilitas dalam berbagai tahap yang memiliki hubungan dengan pelanggan. Hal tersebut akan terjadi ketika Anda melakukan penjualan online, menghalikasi traffic ke situs dan sebagainya.

Sistem ini dianggap cukup penting karena bisa membantu Anda mengetahui, sejauh mana prospek dalam customer journey. Selain itu, juga bisa membantu dalam melakukan jenis konten terbaik yang bisa menghasilkan banyak konversi.

Manfaat Marketing Funnel

Sistem marketing ini, memiliki banyak manfaat untuk perkembangan usaha Anda. Karena itu, tidak jarang wirausaha menggunakanya untuk melakukan pengembangan. Berikut ini, kami siapkan berbagai manfaat dari sistem marketing ini.

  • Meningkatkan penjualan, Anda bisa menyusun berbagai konten dan strategi yang tentunya relevan dengan kebutuhan pelanggan.
  • Mendapatkan insight
  • Bisa membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut bila menggunakan sistem marketing ini, dan dapat menyesuaikan dengan baik. Semua informasi yang berhubungan dengan proses pembelian pelanggan bisa diketahui dengan mudah, sehingga pengembangan bisa terus berjalan.

Strategi Pemasaran

Untuk mencapai tujuan dalam customer journey ada beberapa strategi yang perlu Anda coba. Strategi dalam sistem marketing yang perlu Anda terapkan seperti.

Interest dan Desire

Tahap ini sering terjadi bersamaan, dan dalam waktu dekat. Anda bisa menerapkan berapa tahap strategi dengan langsung dan berfokus dalam dua tahap tersebut. Tahap yang bisa digunakan berupa content marketing atau product review.

Awareness

Kegiatan pemasaran memang bertujuan untuk membangun sebuah brand awareness. Meningkatnya jumlah orang yang mengetahui, dan mengarahkan pada tahap funnel maka, akan semakin baik bagi bisnis Anda. Dalam tahap ini ada beberapa tahapan yang bisa Anda gunakan seperti influencer marketing, dan advertising.

Action

Tahap ini, merupakan waktu ketika Anda harus menyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian. Karena itu, tahap ini perlu berfokus dalam menciptakan urgensi dan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan pembelian.

Dalam tahap ini Anda bisa menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan konversi. Anda bisa menambahkan chat pada situs dengan memberikan trial dan memberikan trial, demo dan diskon.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Tahap yang Diperlukan

Dalam menjalankan sistem ini, Anda juga perlu melalui beberapa tahapan. Setidaknya ada 4 tahap dalam sistem customer journey dari awal hingga tahap inversi, berikut diantaranya.

  1. Awareness

Tahap ini merupakan tahap awal, dimana para konsumen mulai mengetahui produk Anda. Biasanya hal ini terjadi ketika orang tersebut membaca salah satu artikel blog Anda, yang menyebutkan brand Anda. Anda bisa menggunakan media Facebook, maupun media sosial lain untuk menyebarkan produk.

Sedangkan dalam perspektif marketing tahap ini bertujuan untuk, memperkenalkan brand dan produk kepada target. Sehingga, Anda harus lebih berusaha untuk menarik perhatian agar calon konsumen tertarik dengan produk Anda.

  1. Interest

Untuk tahap ini, calon konsumen Anda akan mulai tertarik, lalu menginginkan produk lebih lanjut. Calon konsumen, juga sudah mulai mempertimbangkan dan membandingkan produk Anda dengan merk lain.

Dalam tahap ini, Anda perlu berfokus untuk menggunakan strategi yang bisa memberitahu calon konsumen mengenai manfaat, keuntungan dan keunggulan dari produk Anda.

  1. Desire

Hal ini  merupakan tahapan dimana calon customer, mulai menginginkan produk Anda sehingga ingin melakukan pembelian. Dalam perspektif marketing, tahap ini merupakan peranan Anda dimana memberikan dorongan. Untuk mengubah prospek calon pembeli menjadi konsumen.

Sasaran utama dari tahap ini adalah para calon konsumen untuk melihat lalu membeli produk Anda. Dalam tahap ini, sebenarnya interest dan desire kadang terjadi bersamaan. Sehingga, dapat digabungkan menjadi satu funnel.

  1. Action

Ini merupakan tahap terakhir dari marketing funnel. Dimana konsumen akan mengambil tindakan pembelian sehingga berubah menjadi pelanggan. Dalam tindakan ini, materi yang digunakan harus sesuai sehingga bisa dipahami oleh konsumen.

Meski begitu, sistem marketing ini harus bisa Anda sesuaikan dengan baik, dengan setiap kegiatan pengelolaan masing-masing bisnis. Sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan dari sistem ini.

Kesimpulan

Menjalankan sebuah bisnis maupun usaha perlu dilakukan dengan tekun dan ikhlas. Melalui satu-persatu tahapan penting dalam menuju kesuksesan usaha Anda. Meski susah, jika Anda menekuninya maka usaha tersebut, akan berjalan dengan baik.

Selain tekad yang kuat, Anda juga perlu menjalankan berbagai sistem yang bisa membuat strategi bisnis Anda berjalan dengan lancar. Digital marketing sebenarnya sama dengan kegiatan industri lainya, Anda juga perlu menggunakan berbagai sistem dalam menjalankannya.

Selain menggunakan berbagai sistem, Anda bisa menggunakan banyak cara seperti menggunakan jasa creative digital agency jakarta, Marketz. Jasa profesional ini akan bertugas dalam melakukan pengembangan bisnis dengan cepat dan mudah.

Salah satu sistem yang harus dijalankan dalam mengembangkan usaha adalah marketing funnel. Sistem ini sangat kompeten dan bisa memberikan berbagai informasi mengenai tahap pembelian pelanggan. Sehingga, Anda juga bisa lebih mudah dalam menjalankan customer journey.

Jasa Digital Marketing Marketz.id