Marketz.id – Cara kerja search engine atau mesin pencari sangat memudahkan para penggunanya. Mendapatkan berbagai informasi menjadi lebih mudah dengan kehadiran mesin pencari tersebut.
Kepraktisan dalam memperoleh informasi tersebut tentu sangat membantu dalam setiap aktivitas sehari-hari. Sehingga tanpa disadari, hampir semua pengguna menjadi tergantung terhadap mesin pencari tersebut.
Pengertian Hingga Cara Kerja Search Engine yang Perlu Diketahui
Pengertian search engine atau mesin pencari merupakan sistem perangkat lunak yang memang dirancang untuk pencarian internet secara sistematis dalam mencari informasi dengan keyword lebih spesifik.
Berbagai berkas dapat ditemukan setelah memasukkan target pencapaian mulai dari situs web, buku, berita, gambar dan masih banyak lagi.
Segala informasi telah tersimpan dalam direktori website maupun basis data. Hal ini memungkinkan siapa saja dapat mengaksesnya secara langsung.
Namun hal ini tidaklah sama dengan konsep website. Cara kerja search engine lebih fokus terhadap pengumpulan informasi dan mengorganisirnya.
Maka tampilannya akan sesuai dengan keyword yang dimasukkan. Sedangkan hasil dari pencarian bernama search engine result page.
Dengan memasukkan kata maupun kalimat permintaan pencarian maka mesin pencari menampilkan secara lengkap daftar hasil pencarian tersebut yang paling relevan.
Sehingga mereka menemukan apa yang mereka cari. Namun baik teknis mesin pencari tersebut memilah informasi dan menentukan halaman yang tepat tentu perlu Anda ketahui. Berikut cara kerja mesin pencarian yang dapat dipelajari :
Penelusuran (Crawling)
Cara kerja search engine yang pertama yaitu crawling, merupakan tahap awal dari sebuah alur kerja mesin pencari. Tahap tersebut dimana pengumpulan secara detail informasi berasal dari berbagai halaman website.
Proses tersebut dilakukan oleh bot Google. Google bekerja seperti robot yang dalam waktu cepat mengumpulkan informasi.
Bot Google mendeteksi konten-konten yang masuk dalam kategori duplikasi. Mendeteksi apabila ada satu atau lebih informasi yang sama persis dan termuat pada beberapa website yang berbeda. Crawling mendeteksi judul, gambar, kata kunci, isi konten, hingga internal link dan backlink.
Google menemukan link-link ke website lainnya sehingga bentuknya seperti jaring yang bercabang pada world wide web.
Cara kerja search engine pada tahap Crawler tersebut menjelajahi world wide web dengan menelusuri semua link di website ke page lainnya. Selanjutnya dimasukkan ke dalam index.
Pengindeksan (Indexing)
Selanjutnya masuk dalam pengindexan yakni daftar raksasa pada semua halaman situs website maupun konten yang telah ditemukan bot google. Semua halaman yang masuk proses crawling masuk list database.
Kemudian, mesin pencari pun memakai indeks ini sebagai sumber informasi untuk nantinya akan dimunculkan dalam halaman penelusuran. Namun tidak semua bot dapat menemukan dalam indeks ini. Karena hanya dokumen yang relevan saja yang dipilih.
Jadi hanya data dari website di index tersebutlah yang nantinya tampil di search result. Hingga jutaan dokumen maupun data relevan yang berada dalam index tersebut.
Pemrosesan (Processing)
Cara kerja Search Engine selanjutnya ketika pengguna mencari informasi maka mesin pencari tersebut mencocokkan kata kunci dengan halaman website yang sudah masuk dalam index. Biasanya proses ini begitu cepat. Pengguna mendapatkan apa yang dicari hanya dalam beberapa detik saja.
Sehingga sangat perlu jika Anda membuat konten di website dengan menggunakan keyword yang tepat dan relevan. Sehingga search engine mudah menemukan konten milik Anda.
Menghitung Relevansi (Calculating Relevance)
Nah, menghitung relevansi merupakan proses mengakomodir setiap halaman mana yang lebih relevan yang sudah terindex sesuai dengan kata yang digunakan pengguna.
Search engine tidak akan melakukan kesalahan sekecil apapun karena sangat canggih. Semua sudah sesuai query yang diketikkan para pengguna. Semakin relevan maka akan semakin besar kemungkinan terpilih oleh search engine.
Pengambilan
Pada cara kerja search engine ini sering disebut juga Retrieval. Proses menemukan halaman website relevan namun masih mempertimbangkan algoritma.
Karena setiap mesin pencari akan memiliki algoritma yang berbeda. Search engine tersebut seperti Bing, Google, Yahoo, Yandex, Naver, CC Search, Gibiru dan masih banyak lagi.
Hal ini yang membuat hasil pencarian berbeda meskipun kata kunci pencariannya sama. Algoritma biasanya mengalami perubahan sehingga pengguna harus melakukan pembaharuan website.
Peringkat (Ranking)
Biasanya search engine melakukan peringkat secara rahasia. Selain itu juga dengan cara tersendiri yang tidak diketahui. Penentuan peringkat tersebut baik kata-kata, jumlah situs, hingga konten baru.
Hal ini dengan maksud menghubungkan pencari dengan apa yang dicari. Google memberikan nilai pada setiap data untuk menentukan cara kerja search engine mana yang relevan.
Penyebutan algoritma biasanya menggunakan nama khusus seperti Panda atau yang berkaitan dengan penyaringan, pemberian penalti, penghargaan terhadap konten.
Pada nama Penguin memiliki fungsi mencegah spamdexing dan Hummingbird adalah untuk meningkatkan kualitas algoritma tersebut.
Meningkatkan Strategi SEO Bisnis
Sebenarnya cara kerja mesin pencari adalah membaca website Anda. Menelusuri data-data internet dan memahami konten dalam halaman website tersebut melalui kode HTML.
Hal yang sering dilupakan para pemilik website adalah penggunaan kode HTML yang tepat. Hal ini juga membuat cara kerja search engine tidak optimal. Padahal penggunaan tersebut dapat meningkatkan performa konten.
Langkah pertama adalah dengan memastikan judul halaman memiliki kata kunci yang lebih relevan. Selain itu juga menggunakan url halaman dengan kata kunci deskriptif.
Selanjutnya adalah menggunakan kata kunci relevan yakni pada teks halaman bisnis Anda. Dengan mengganti alt text dan nama file gambar dengan kata kunci sehingga pengunjung mudah menemukan Anda.
Untuk membantu mengelola website bisnis Anda maka Anda bisa mempercayakan kepada jasa digital agency Marketz. Karena penyedia jasa tersebut memiliki berbagai kelebihan.
Marketz membantu Anda eksekusi strategi dan cara kerja Search Engine Optimization (SEO) yang tepat pada bisnis Anda. Tim ini telah ahli dan profesional dalam bidangnya.
Hal yang dilakukan Marketz tersebut adalah melakukan analisa terhadap website Anda. Hal ini untuk menentukan strategi yang lebih tepat dan cocok dengan website bisnis tersebut.
Tak sampai disitu saja, Marketz juga menganalisa keyword yang cocok untuk menjalankan strategi dan melakukan optimasi setiap kata pencarian dan terus mengimplementasikan SEO dengan tepat.
Anda bisa mendapatkan waktu konsultasi mengenai jasa SEO tersebut maka tim akan melakukan audit untuk website Anda dan memberikan semua data dari website.
Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Terbaik
Manfaat yang Anda peroleh dengan menggunakan Jasa Digital Marketing Jakarta by Marketz adalah meningkatnya trafik pengunjung. Hal ini efek dari cara kerja search engine yang maksimal sehingga mengundang pengunjung website secara organik. Sehingga Anda tak perlu promosi iklan dan lebih menghemat biaya.
Selain itu adalah nilai konversi terus meningkat. Dengan menargetkan keyword untuk memperoleh calon pengunjung baru yang ingin membeli produk milik Anda.
Dengan jasa tersebut maka Anda dapat menjangkau user lebih luas lagi. Hal ini cukup dengan membuat artikel blog, melakukan optimasi baik dengan off atau on page. Bahkan Anda akan mendapatkan keuntungan bisnis jangka panjang.
Tunggu apalagi, Anda dapat meningkatkan cara kerja search engine untuk bisnis Anda dengan Marketz. Anda dapat mengunjungi website tersebut yang terpercaya dan berpengalaman.