You are currently viewing Apa Itu Digital Advertising Agency Serta Macam Jenisnya

Apa Itu Digital Advertising Agency Serta Macam Jenisnya

Marketz.id – Kegiatan pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tujuannya sama yaitu untuk branding dan juga meningkatkan penjualan. Namun belakangan ini jika dilihat memang pemasaran berbasis digital jauh lebih diminati dibandingkan dengan marketing konvensional atau biasa. Karena memang dapat menjangkau segmen secara lebih luas, sehingga potensi penjualan semakin tinggi juga makin besar. Umumnya salah satu teknik yang biasa digunakan disini adalah advertising atau yang dikenal juga sebagai iklan.

Ada juga digital advertising atau yang dikenal sebagai iklan online. Beberapa perusahaan juga banyak yang membuka layanan semacam ini, menangani klient untuk mencapai tujuan mereka. Apa itu digital advertising agency ini? secara garis besar ia adalah perusahaan yang bergerak di bidang menawarkan layanan untuk iklan online.

Apa Itu Digital Advertising Agency di Indonesia?

Jika Anda masih belum terlalu kenal tentang apa itu digital advertising agency, sebelumnya wajib tahu bahwa pada dasarnya digital advertising agency merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa untuk melakukan beberapa fungsi bagi klient sebagai pengiklan. Layanan yang ditawarkan fokusnya memang untuk iklan, namun bukan iklan lewat media konvensional seperti media cetak maupun televisi, melainkan lebih kepada iklan yang bersifat digital atau iklan online.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Apa Itu Digital Advertising Agency SEM?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa memang pada dasarnya teknik digital advertising ada banyak sekali jenis, termasuk diantaranya adalah yang berfokus pada SEM saja. Lalu sebenarnyaapa itu digital advertising agency SEM ini? SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yaitu merupakan jenis pemasaran yang menggunakan mesin pencari sebagai sarananya. Dalam periklanan dengan SEM ini sendiri maka cara yang digunakan umumnya dengan PPC atau yang dikenal juga sebagai Pay Per Click.

Iklan dengan PPC ini sendiri juga dibagi lagi atas 2 jenis, yaitu iklan pencarian yang akan muncul ketika pengguna tersebut mengetikkan kata kunci. Sedangkan satu lagi yang lainnya adalah iklan bergambar. Nantinya pengguna internet yang menemukan iklan tersebut ada kemungkinan untuk mengeklik atau membukanya, juga ada kemungkinan mengabaikannya. Biayanya lebih efisien serta tepat sasaran, karena Anda hanya perlu membayar dari jumlah orang yang mengeklik iklan tersebut saja. Sedangkan untuk iklan bergambar bentuknya adalah dalam bentuk gambar dan jika diklik secara langsung akan membawa kepada laman website lain.

Apa Itu Digital Advertising Agency Dengan Social Media?

Ada juga jenis lainnya iklan digital, yaitu lewat social media yang dikenal juga dengan social media advertising. Apa itu digital advertising agency dengan memakai social media? Yaitu merupakan iklan yang dipasang lewat media social. Seperti yang diketahui bahwa belakangan ini media social tidak sekedar dimanfaatkan untuk tujuan menambah pertemanan saja, melainkan banyak dimanfaatkan untuk tujuan bisnis, termasuk juga menjual produk.

Banyak diantara perusahaan yang memilih beriklan lewat social media karena memang sebagian besar orang menghabiskan waktunya menjelajah sosmed, misalnya adalah dengan scrolling update terbaru maupun juga dengan melihat video hiburan sebagainya. Terpaan iklan secara terus-menerus pastinya akan memberikan dampak dan mempengaruhi keinginan mereka untuk membeli bukan. Iklan paling sering dipasang lewat social media Instagram maupun Facebook yang memang jumlah penggunanya banyak, ditambah fitur-fitur yang disediakan untuk pengusaha yang ingin pasang iklan juga lengkap.

Jasa Digital Marketing Marketz.id

Ragam Jenis Digital Advertising

Setelah mengenal apa itu digital advertising agency maka selanjutnya Anda juga harus tahu bahwa ragam atau jenis dari digital advertising ini juga tergolong cukup banyak, berikut ini yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Display ads, digital advertising agency pada dasarnya aka menawarkan beberapa jenis pilihan iklan untuk klien mereka, tentunya dengan pertimbangan efektivitas serta budget yang dimiliki oleh klien. Ini adalah jenis iklan yang gambar atau bentuknya paling besar dibandingkan dengan iklan online yang lainnya, biasanya akan muncul di blog, situs web tertentu dan sejenisnya.
  2. Native ads, iklan yang satu ini mirip seperti display ads, namun pada dasarnya mereka lebih strategis di dalam penempatannya, sehingga dapat menjangkau segmen atau target market yang sudah ditentukan.
  3. Social media ads, ada juga iklan yang pemasangannya lewat social media, belakangan jenis yang satu ini memang lebih diminati, apalagi melihat jumlah pengguna media social juga begitu banyak, paid ads di dalam media social sendiri pada dasarnya sama dengan native ads, karena ditujukan untuk segmen tertentu.
  4. SEM, search engine marketing seperti yang dijelaskan di atas pada dasarnya merupakan iklan yang dilakukan pada mesin pencarian, mereka akan mengandalkan PPC atau bayar perklik dan juga ada yang berbasis SEO agar nantinya sebuah website bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari.
  5. Video ads, selain iklan dalam bentuk gambar atau tulisan, maka juga ada iklan yang bentuknya adalah video. Biasanya ia akan muncul pada platform yang bentuknya adalah streaming seperti Youtube atau berita video dalam sebuah website.
  6. Email marketing, jangan salah karena pada dasarnya email marketing juga ada yang bentuknya iklan. Biasanya pesan yang dikirimkan akan masuk pada menu promosi.

Memilih Digital Advertising untuk Bisnis

Pengertian atau apa itu digital advertising agency sudah tahu, begitu juga jenis-jenisnya, sekarang Anda juga harus tahu bagaimana tips dalam memilih digital marketing yang tepat untuk bisnis, berikut ini langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Pertimbangan budget, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung-hitung budget yang Anda siapkan untuk kebutuhan beriklan ini. Mengingat pada dasarnya setiap jenis iklan punya tawaran harga yang berbeda-beda, ada yang murah dan ada juga yang mahal.
  2. Harus melakukan segmentasi target secara jelas, iklan online ini berbasis database sehingga tanpa memperhatikan segmentasi target secara jelas, ditakutkan nantinya iklan yang Anda sampaikan tidak bisa tepat sasaran. Hal ini juga turut mempengaruhi desain iklan seperti apa yang harus dibuat, apakah sekedar tulisan, gambar atau mungkin video.
  3. Pertimbangkan efektifitasnya, setiap iklan punya tingkat efektivitas yang berbeda-beda diantara satu dengan yang lain. Hal ini agaknya juga harus Anda perhitungkan. Percuma bayar mahal namun jika seandainya hasil yang diterima kurang efektif.
  4. Konsultasikan, lebih baik juga melakukan konsultasi pada ahlinya, yaitu perusahaan digital advertising, karena mereka yang sudah lebih berpengalaman di bidang tersebut, sehingga akan memberikan masukan terbaik.

Itulah beberapa informasi mulai dari apa itu digital advertising agency, jenis-jenisnya sampai dengan tips memilihnya yang terbaik. Percayakan penanganan iklan online Anda ke tempat yang tepat yaitu Marketz, apalagi jika berbicara mengenai pengalaman mereka juga sudah banyak. Mulai dari social media marketing, advertising online, SEM, SEO semuanya ada disini. Karena Marketz merupakan spesialis di bidang digital marketing yang memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Jasa Digital Marketing Marketz.id